Contoh Soal

Aturan Pencacahan – Matematika SMA

Sampel materi untuk guru yang ingin cari soal latihan. Temukan bank soal lengkap dan update dengan cara mendaftar gratis. Kirim soal-soal ini ke murid di kelas Bapak/Ibu Guru lewat Google Classroom, dalam bentuk kuis online, tautan kuis, file kuis, atau cetak langsung!

    1.

    Banyaknya susunan yang dapat dibentuk dari huruf-huruf C, I, T, A adalah ....

    A

    24

    B

    256

    C

    12

    D

    0

    E

    1

    Pembahasan:

    Soal ini dapat diselesaikan menggunakan permutasi semua unsur berbeda.

    Jika terdapat n unsur berbeda yang akan disusun, maka banyaknya cara menyusun n unsur tersebut adalah

    P = n!P\ =\ n!

    Karena semua unsur C, I, T, A berbeda, maka banyaknya susunan dari huruf-huruf C, I, T, A adalah

    P = 4! = 24P\ =\ 4!\ =\ 24

    2.

    Nilai dari P35P_3^5 adalah ....

    A

    60

    B

    15

    C

    10

    D

    2

    E

    1

    Pembahasan:

    Permutasi rr unsur yang diambil dari nn unsur yang berbeda, dengan r nr\ \le n adalah PrnP_r^n yang didefinisikan sebagai:

    Prn=n!(nr)!P_r^n=\frac{n!}{\left(n-r\right)!}

    Notasi n!n! dibaca nn faktorial. Untuk setiap bilangan asli nn , didefinisikan:

    n!=(n)×(n1)×(n2)× ×3×2 ×1n!=\left(n\right)\times\left(n-1\right)\times\left(n-2\right)\times\ldots\ \times3\times2\ \times1

    dengan 1!=11!=1 dan 0! = 10!\ =\ 1.


    P35=5!(53)!P_3^5=\frac{5!}{\left(5-3\right)!}

    =5!2!=\frac{5!}{2!}

    =5×4×3×2×12×1=\frac{5\times4\times3\times2\times1}{2\times1}

    =5×4×3=5\times4\times3

    =60=60

    Jadi, nilai dari P35P_3^5 adalah 60.

    Ingin coba latihan soal dengan kuis online?

    Kejar Kuis
    3.

    Banyaknya cara menyusun huruf-huruf K, E, J, A, R dengan huruf pertamanya dimulai dari huruf konsonan adalah ... cara.

    A

    3.125

    B

    48

    C

    120

    D

    240

    E

    72

    Pembahasan:

    Untuk menyelesaikan soal ini, dapat digunakan aturan perkalian. Aturan perkalian disebut juga aturan pengisian tempat (filling slot). Misalkan terdapat r tempat tersedia dengan ketentuan:

    a. Terdapat n1n_1 cara mengisi tempat pertama,

    b. Terdapat n2n_2 cara untuk mengisi tempat kedua setelah tempat pertama terisi,

    c. Terdapat n3n_3 cara untuk mengisi tempat ketiga setelah tempat kedua terisi,

    begitu seterusnya hingga terdapat nrn_r cara untuk mengisi tempat ke-r setelah tempat pertama, kedua, ..., ke-(r-1) terisi. Banyaknya cara mengisi r tempat tersebut adalah

    n1×n2×nr1×nrn_1\times n_2\times\ldots n_{r-1}\times n_r


    Banyaknya huruf K, E, J, A, R adalah 5.

    Perhatikan bahwa banyaknya cara memilih huruf pertama ada 3 yaitu K, J, atau R (konsonan).

    Selanjutnya karena K, J atau R sudah dipakai sebagai huruf pertama, maka banyaknya cara memilih huruf kedua ada 4 cara.

    Banyaknya cara memilih huruf ketiga ada 3 cara, sebab 2 huruf sudah terpakai untuk huruf pertama dan huruf kedua.

    Selanjutnya banyaknya cara memilih huruf keempat ada 2 cara, sebab 3 huruf telah dipakai untuk menempati tempat pertama, kedua, dan ketiga.

    Dan yang terakhir, banyaknya cara untuk memilih huruf kelima ada 1 cara sebab 4 huruf telah dipakai untuk menempati huruf pertama, kedua, ketiga, dan keempat.

    Jadi banyaknya cara menyusun huruf tersebut ada

    3 ×4 ×3 ×2 ×1 = 723\ \times4\ \times3\ \times2\ \times1\ =\ 72 cara

    4.

    Nilai nn pada persamaan kombinasi 14 C2n=n1\frac{1}{4}\cdot\ C_2^n=n-1 adalah ....

    A

    12

    B

    10

    C

    8

    D

    6

    E

    4

    Pembahasan:

    Kombinasi rr unsur yang diambil dari n n\ unsur berbeda yang tersedia adalah suatu pilihan dari rr unsur tanpa memperhatikan urutannya (rn)\left(r\le n\right), dan dilambangkan CrnC_r^n.

    Banyaknya kombinasi rr unsur yang diambil dari nn unsur yang tersedia ditentukan dengan aturan

    Crn=n!(nr)!  r!C_r^n=\frac{n!}{\left(n-r\right)!\ \cdot\ r!}


    Sehingga didapatkan:

    14 C2n=n1\frac{1}{4}\cdot\ C_2^n=n-1

     14n!(n2)!  2!=n1\Leftrightarrow\ \frac{1}{4}\cdot\frac{n!}{\left(n-2\right)!\ \cdot\ 2!}=n-1

     14n×(n1)×(n2)!(n2)!  2×1=n1\Leftrightarrow\ \frac{1}{4}\cdot\frac{n\times\left(n-1\right)\times\left(n-2\right)!}{\left(n-2\right)!\ \cdot\ 2\times1}=n-1

     14n×(n1)2=n1\Leftrightarrow\ \frac{1}{4}\cdot\frac{n\times\left(n-1\right)}{2}=n-1

     n×(n1)8=n1\Leftrightarrow\ \frac{n\times\left(n-1\right)}{8}=n-1, kalikan kedua ruas dengan 88 didapatkan:

     n×(n1)=8(n1)\Leftrightarrow\ n\times\left(n-1\right)=8\left(n-1\right)

    n2n=8n8\Leftrightarrow n^2-n=8n-8

    n2n8n+8=0\Leftrightarrow n^2-n-8n+8=0

    n29n+8=0\Leftrightarrow n^2-9n+8=0

    (n1)(n8)=0\Leftrightarrow\left(n-1\right)\left(n-8\right)=0

    n=1\Leftrightarrow n=1 atau n=8n=8

    Karena rnr\le n maka diambil nilai n=8n=8.

    Jadi, nilai nn pada persamaan kombinasi 14 C2n=n1\frac{1}{4}\cdot\ C_2^n=n-1 adalah 8.

    Ingin cari soal-soal HOTS?

    Soal HOTS
    5.

    Al akan bepergian dari kota Yogyakarta ke kota Semarang melalui kota Magelang. Dari kota Yogyakarta ke kota Magelang terdapat lima jalur dan dari kota Magelang ke kota Semarang terdapat enam jalur. Banyak cara yang dapat ditempuh untuk bepergian dari kota Yogyakarta ke kota Semarang adalah ....

    A

    5 cara

    B

    6 cara

    C

    11 cara

    D

    21 cara

    E

    30 cara

    Pembahasan:

    Diketahui:

    Al akan bepergian dari kota Yogyakarta ke kota Semarang melalui kota Magelang

    Kota Yogyakarta ke kota Magelang terdapat lima jalur

    Kota Magelang ke kota Semarang terdapat enam jalur

    Ditanya:

    Banyak cara yang dapat ditempuh untuk bepergian dari kota Yogyakarta ke kota Semarang=?=?

    Jawab:

    Untuk menyelesaikan soal ini, dapat digunakan aturan perkalian. Jika terdapat nn buah tempat tersedia dengan ketentuan:

    a. k1k_1 adalah banyak cara berbeda untuk mengisi tempat pertama,

    b. k2k_2 adalah banyak cara berbeda untuk mengisi tempat kedua setelah tempat pertama terisi,

    c. k2k_2 adalah banyak cara berbeda untuk mengisi tempat ketiga setelah tempat kedua terisi,

    dan seterusnya hingga terdapat knk_n adalah banyak cara berbeda untuk mengisi tempat ke-nn setelah tempat ke-(n1)\left(n-1\right) terisi.

    Sehingga banyaknya cara untuk mengisi nn tempat yang tersedia adalah:

    k1×k2××knk_1\times k_2\times\cdots\times k_n


    Untuk kasus soal di atas didapatkan:

    Banyak cara bepergian dari kota Yogyakarta ke kota Magelang ada 55 cara

    Banyak cara bepergian dari kota Magelang ke kota Semarang ada 66 cara

    Maka banyak cara bepergian dari kota Yogyakarta ke kota Semarang ada

    5×6=305\times6=30 cara.

    Jadi, banyak cara yang dapat ditempuh untuk bepergian dari kota Yogyakarta ke kota Semarang adalah 30 cara.

    6.

    Kelas bunga matahari terdiri dari 8 siswa dan 7 siswi. Dari kelas tersebut akan dibentuk panitia beranggotakan 5 orang dengan syarat sedikitnya 3 siswa harus masuk dalam panitia tersebut. Banyaknya cara membentuk panitia adalah ....

    A

    1.722

    B

    1.176

    C

    490

    D

    56

    E

    1.666

    Pembahasan:

    Soal ini dapat diselesaikan menggunakan kombinasi.

    Suatu kombinasi rr unsur yang diambil dari n n\ unsur berbeda adalah suatu pilihan dari rr unsur tanpa memperhatikan urutannya.

    Kata kunci untuk membedakan antara kombinasi dengan permutasi adalah memperhatikan atau tidak memperhatikan urutannya.

    Banyaknya kombinasi rr unsur yang diambil dari nn unsur berbeda dengan r nr\ \le n adalah

    C(n,r)=n!(nr)!r!C\left(n,r\right)=\frac{n!}{\left(n-r\right)!r!}


    Karena dalam membentuk panitia ini urutan tidak diperhatikan, maka kita selesaikan soal ini menggunakan kombinasi.

    Karena sedikitnya 5 orang panitia tersebut terdiri dari 3 siswa, maka ada tiga kasus dalam soal ini yaitu,


    Pertama, panitia terdiri dari 3 siswa dan 2 siswi.

    Banyaknya cara memilih 3 siswa dari 8 siswa adalah C(8,3)=8!5!3!=8×7×63!=56C\left(8,3\right)=\frac{8!}{5!3!}=\frac{8\times7\times6}{3!}=56.

    Banyaknya cara memilih 2 siswi dari 7 siswi adalah C(7,2)=7!5!2!=7×62=21C\left(7,2\right)=\frac{7!}{5!2!}=\frac{7\times6}{2}=21.

    Menurut aturan perkalian, banyaknya cara membentuk panitia pada kasus pertama adalah

    56 ×21 =1.17656\ \times21\ =1.176


    Kedua, panitia terdiri dari 4 siswa dan 1 siswi.

    Banyaknya cara memilih 4 siswa dari 8 siswa adalah C(8,4)=8!4!4!=70C\left(8,4\right)=\frac{8!}{4!4!}=70

    Banyaknya cara memilih 1 siswi dari 7 siswi adalah C(7,1)=7!6!1!=7C\left(7,1\right)=\frac{7!}{6!1!}=7

    Menurut aturan perkalian, banyaknya cara membentuk panitia pada kasus kedua adalah

    70 ×7 = 49070\ \times7\ =\ 490


    Ketiga, panitia terditi dari 5 siswa.

    Banyaknya cara memilih 5 siswa dari 8 siswa adalah C(8,5)=8!3!5!=8×7×63!=56C\left(8,5\right)=\frac{8!}{3!5!}=\frac{8\times7\times6}{3!}=56

    Banyaknya cara membentuk panitia pada kasus ketiga adalah 56.


    Karena ketiga kasus tersebut saling lepas, maka menurut aturan penjumlahan diperoleh banyaknya cara membentuk panitia adalah 1.176+490+56=1.7221.176+490+56=1.722

    Ingin cari soal-soal AKM?

    Hubungi Kami
    7.

    Banyaknya bilangan 7 angka berbeda yang dapat dibentuk dengan cara mengubah susunan angka dari 4784487 adalah ....

    A

    420

    B

    210

    C

    350

    D

    630

    E

    490

    Pembahasan:

    Soal ini dapat diselesaikan menggunakan permutasi yang memuat unsur yang sama sebab terdapat 3 unsur 4 yang sama, 2 unsur 7 yang sama, dan 2 unsur 8 yang sama.

    Banyaknya permutasi nn unsur yang memuat r1r_1 unsur sama, r2r_2 unsur sama, ... , rk1r_{k-1} unsur sama, dan rkr_k unsur sama dengan r1+r2++rknr_1+r_2+\ldots+r_k\le n ditentukan dengan rumus

    P = n!r1!r2!rk1!rk!P\ =\ \frac{n!}{r_1!\cdot r_2!\cdot\ldots\cdot r_{k-1}!\cdot r_k!}

    Notasi n!n! dibaca nn faktorial. Untuk setiap nn bilangan asli, didefinisikan

    n! = n ×n1 × ×2 ×1n!\ =\ n\ \times n-1\ \times\ldots\ \times2\ \times1

    dan didefinisikan 0! = 10!\ =\ 1.


    Pada soal di atas, terdapat 7 unsur yaitu 4, 7, 8, 4, 4, 8, 7 dengan terdapat 3 unsur 4 yang sama, 2 unsur 7 yang sama, dan 2 unsur 8 yang sama, maka banyaknya susunan yang dapat dibentuk adalah

    P = 7!3!2!2!=210P\ =\ \frac{7!}{3!2!2!}=210

    8.

    Nilai dari C(8,5)C\left(8,5\right) adalah ....

    A

    56

    B

    28

    C

    112

    D

    200

    E

    275

    Pembahasan:

    Soal ini dapat diselesaikan menggunakan kombinasi. Suatu kombinasi rr unsur yang diambil dari n n\ unsur berbeda adalah suatu pilihan dari rr unsur tanpa memperhatikan urutannya.

    Kata kunci untuk membedakan antara kombinasi dengan permutasi adalah memperhatikan atau tidak memperhatikan urutannya.

    Banyaknya kombinasi rr unsur yang diambil dari nn unsur berbeda dengan r nr\ \le n adalah

    C(n,r)=n!(nr)!r!C\left(n,r\right)=\frac{n!}{\left(n-r\right)!r!}


    Perhatikan bahwa

    C(8,5)=8!(85)!5!=8!3!5!=8×7×6 ×5!3!5!=8 ×7×63×2×1=56C\left(8,5\right)=\frac{8!}{\left(8-5\right)!5!}=\frac{8!}{3!5!}=\frac{8\times7\times6\ \times5!}{3!5!}=\frac{8\ \times7\times6}{3\times2\times1}=56

    Ingin tanya tutor?

    Tanya Tutor
    9.

    Banyaknya cara memilih 3 orang siswa dari 5 orang siswa untuk ditunjuk sebagai Ketua, Sekretaris, dan Bendahara adalah ....

    A

    24

    B

    256

    C

    12

    D

    60

    E

    1

    Pembahasan:

    Soal ini dapat diselesaikan menggunakan permutasi sebagian unsur yang berbeda. Permutasi rr objek yang diambil dari nn objek berbeda, dengan r nr\ \le n adalah P(n,r)P(n,r) yang didefinisikan sebagai

    P(n,r)=n!(nr)!P(n,r)=\frac{n!}{\left(n-r\right)!}

    Perhatikan bahwa dalam permutasi urutan sangat diperhatikan.

    Notasi n!n! dibaca nn faktorial. Untuk setiap nn bilangan asli, didefinisikan

    n! = n ×n1 × ×2 ×1n!\ =\ n\ \times n-1\ \times\ldots\ \times2\ \times1

    dan didefinisikan 0! = 10!\ =\ 1.


    Perhatikan bahwa dalam menyusun Ketua, Sekretaris, dan Bendahara tersebut, urutan sangat diperhatikan. Misalkan A, B, C, D, E adalah kelima anak tersebut. Sebagai contoh,

    Ketua: A,

    Sekretaris: B,

    Bendahara: C

    berbeda dengan

    Ketua: A,

    Sekretaris: C,

    Bendahara: B.

    Kedua susunan tersebut dianggap berbeda karena urutannya diperhatikan. Oleh karena itu untuk menyelesaikan soal ini dapat digunakan permutasi 5 unsur yang diambil 3 unsur.

    Banyaknya bilangan yang dapat dibentuk adalah

    P(5,3)= 5!(53)!=5!2!=5×4×3 ×2!2!=5×4×3 = 60P\left(5,3\right)=\ \frac{5!}{\left(5-3\right)!}=\frac{5!}{2!}=\frac{5\times4\times3\ \times2!}{2!}=5\times4\times3\ =\ 60

    10.

    Nilai nn pada persamaan kombinasi C2n=3nC_2^n=3n adalah ....

    A

    10

    B

    9

    C

    8

    D

    7

    E

    6

    Pembahasan:

    Kombinasi rr unsur yang diambil dari n n\ unsur berbeda yang tersedia adalah suatu pilihan dari rr unsur tanpa memperhatikan urutannya (rn)\left(r\le n\right), dan dilambangkan CrnC_r^n.

    Banyaknya kombinasi rr unsur yang diambil dari nn unsur yang tersedia ditentukan dengan aturan

    Crn=n!(nr)!  r!C_r^n=\frac{n!}{\left(n-r\right)!\ \cdot\ r!}


    Sehingga didapatkan:

    C2n=3nC_2^n=3n

    n!(n2)!  2!=3n\Leftrightarrow\frac{n!}{\left(n-2\right)!\ \cdot\ 2!}=3n

    n×(n1)×(n2)!(n2)!  2×1=3n\Leftrightarrow\frac{n\times\left(n-1\right)\times\left(n-2\right)!}{\left(n-2\right)!\ \cdot\ 2\times1}=3n

    n×(n1)2=3n\Leftrightarrow\frac{n\times\left(n-1\right)}{2}=3n, kalikan kedua ruas dengan 22 didapatkan:

    n2n=6n\Leftrightarrow n^2-n=6n

    n2n6n=0\Leftrightarrow n^2-n-6n=0

    n27n=0\Leftrightarrow n^2-7n=0

    n(n7)=0\Leftrightarrow n\left(n-7\right)=0

    n=0\Leftrightarrow n=0 atau n=7n=7

    Karena rnr\le n maka diambil nilai n=7n=7.

    Jadi, nilai nn pada persamaan kombinasi C2n=3nC_2^n=3n adalah 7.

    Daftar dan dapatkan akses ke puluhan ribu soal lainnya!

    Buat Akun Gratis