Contoh Soal

Pecahan – Matematika SD

Sampel materi untuk guru yang ingin cari soal latihan. Temukan bank soal lengkap dan update dengan cara mendaftar gratis. Kirim soal-soal ini ke murid di kelas Bapak/Ibu Guru lewat Google Classroom, dalam bentuk kuis online, tautan kuis, file kuis, atau cetak langsung!

    1.

    Berapakah pecahan yang digambarkan dalam diagram ini?

    A

    B

    C

    D

    Pembahasan:

    Hitung berapa bagian yang diberi warna dan berapa bagian yang tidak diberi warna, lalu jumlahkan semua bagian. Pecahan yang digambarkan adalah bagian yang berwarna per total bagian.

    2.

    Berapakah pecahan yang digambarkan dalam diagram ini?

    A

    B

    C

    D

    Pembahasan:

    Hitung berapa bagian yang diberi warna dan berapa bagian yang tidak diberi warna, lalu jumlahkan semua bagian. Pecahan yang digambarkan adalah bagian yang berwarna per total bagian.

    Ingin coba latihan soal dengan kuis online?

    Kejar Kuis
    3.

    Pembilang dari adalah ...

    A

    5

    B

    8

    C

    3

    D

    lima per delapan

    Pembahasan:

    Pembilang adalah bilangan yang berada di posisi atas pecahan, dan penyebut adalah bilangan yang berada di posisi bawahnya.

    pembilangpenyebut\frac{pembilang}{penyebut}

    4.

    sama dengan ...

    Pilih semua jawaban yang benar.

    A

    0,01

    B

    0,1

    C

    10%

    D

    1%

    Pembahasan:

    Dalam bentuk desimal, ada 1 angka di belakang koma (cara mengingatnya yaitu ada 1 angka 0 di 10). Jadi 110\frac{1}{10} = 0,1.

    Persen artinya per 100, jadi penyebutnya harus diubah menjadi per 1oo. 110=1×1010×10=10100\frac{1}{10}=\frac{1\times10}{10\times10}=\frac{10}{100} = 10%.

    Ingin cari soal-soal HOTS?

    Soal HOTS
    5.

    Bentuk pecahan biasa yang paling sederhana dari 50% adalah …

    A

    B

    C

    D

    Pembahasan:

    Ubah persen ke bentuk pecahan biasa dengan penyebut 100 terlebih dahulu. Kemudian sederhanakan dengan membagi pembilang dan penyebut dengan angka yang sama, sehingga menjadi bentuk yang paling sederhana.

    50% = 50100\frac{50}{100} = 50:50100:50\frac{50:50}{100:50} = 12\frac{1}{2}

    6.

    Pecahan yang senilai dengan pecahan di atas adalah ...

    A

    B

    C

    D

    Pembahasan:

    Karena penyebut di pilihan jawaban berbeda dengan yang di soal, harus dicek satu per satu. Cara paling cepat yaitu dengan membandingkan penyebut masing-masing pecahan.

    313=3×413×4=1252\frac{3}{13}=\frac{3\times4}{13\times4}=\frac{12}{52} bukan 1052\frac{10}{52}, jadi bukan ini jawabannya

    526=5×226×2=1052\frac{5}{26}=\frac{5\times2}{26\times2}=\frac{10}{52}, ini jawabannya

    1052=10×252×2=20104\frac{10}{52}=\frac{10\times2}{52\times2}=\frac{20}{104} bukan 15104\frac{15}{104}, jadi bukan ini jawabannya

    1052=10×1052×10=100520\frac{10}{52}=\frac{10\times10}{52\times10}=\frac{100}{520} bukan 50520\frac{50}{520}, jadi bukan ini jawabannya


    Cara lainnya yaitu dengan mengubah semua pecahan di soal dan jawaban sehingga penyebutnya sama. Disini kita perlu menghitung KPK dari 13, 26, 52, 104 dan 520, yaitu 520.

    1052=10×1052×10=100520\frac{10}{52}=\frac{10\times10}{52\times10}=\frac{100}{520} - ini yang kita mau


    313=3×4013×40=120520\frac{3}{13}=\frac{3\times40}{13\times40}=\frac{120}{520} - bukan ini jawabannya

    526=5×2026×20=100520\frac{5}{26}=\frac{5\times20}{26\times20}=\frac{100}{520} - ini jawabannya

    15104=15×5104×5=75520\frac{15}{104}=\frac{15\times5}{104\times5}=\frac{75}{520} - bukan ini jawabannya

    50520\frac{50}{520} - bukan ini jawabannya

    Ingin cari soal-soal AKM?

    Hubungi Kami
    7.

     ; nilai  adalah …

    A

    10

    B

    8

    C

    4

    D

    2

    Pembahasan:

    Pertama-tama cari faktor pengali dari pembilang 9 ke 72, yaitu 8 (atau 9 ×\times 8 = 72). Apabila pembilang dikalikan 8, maka penyebut juga dikalikan 8.

    Maka nn = 16 / 8 = 2. Cek: 9×82×8=7216\frac{9\times8}{2\times8}=\frac{72}{16} (terbukti).


    Teknik lainnya yaitu perkalian silang, atau penyebut kiri dikali pembilang kanan = penyebut kanan dikali pembilang kiri.

    9n7216n×72\frac{9}{n}\nearrow\frac{72}{16}\Rightarrow n\times72

    9n721616×9=144\frac{9}{n}\nwarrow\frac{72}{16}\Rightarrow16\times9=144

    Samakan kedua ruas dan dapatkan nn ×\times 72 = 144. Jadi nn = 14472\frac{144}{72} = 2 (sama jawabannya).


    8.

    Berapakah pecahan yang digambarkan dalam diagram ini?

    A

    30

    B

    42,5

    C

    37,5

    D

    32,5

    Pembahasan:

    Hitung berapa bagian yang diberi warna (3) dan berapa bagian yang tidak diberi warna (5), lalu jumlahkan semua bagian (3 + 5 = 8). Pecahan yang digambarkan adalah bagian yang berwarna per total bagian: 38\frac{3}{8}.


    Ubah menjadi persen atau per 100.

    38=?100\frac{3}{8}=\frac{?}{100}


    Perhatikan kalau penyebutnya berubah dari 8 ke 100 dari kiri ke kanan, jadi pengalinya adalah 12,5. Atau 8 ×\times 12,5 = 100. Karena penyebutnya dikali 12,5, maka pembilangnya juga dikali 12,5. Atau 3 ×\times 12,5 = 37,5.


    Dapat juga ditulis seperti berikut ini.

    3×12,58×12,5=37,5100\frac{3\times12,5}{8\times12,5}=\frac{37,5}{100} = 37,5%

    Ingin tanya tutor?

    Tanya Tutor
    9.

    Angka kecukupan gizi adalah pedoman kecukupan rata-rata zat gizi dalam sehari bagi seseorang.

    Kandungan zat kalsium dalam segelas susu adalah 275 mg. Angka kecukupan gizi kalsium adalah 1.000 mg per harinya. Berarti segelas susu sudah mencukupi ... bagian dari angka kecukupan gizi kalsium.

    A

    B

    C

    D

    Pembahasan:

    Soal ini dapat diubah menjadi pecahan senilai seperti berikut ini.

    275 mg1.000 mg\frac{275\ \text{mg}}{1.000\ \text{mg}} = ? bagian

    Karena penyebut di pilihan jawaban berbeda dengan yang di soal, harus dicek satu per satu. Salah satu cara yaitu dengan mengubah semua pecahan di soal dan jawaban sehingga penyebutnya sama. Disini kita perlu menghitung KPK dari 10, 25, 40, 50 dan 1.000, yaitu 1.000.

    2751000\frac{275}{1000} , ini yang kita mau


    310=3×10010×100=3001000\frac{3}{10}=\frac{3\times100}{10\times100}=\frac{300}{1000} , bukan ini jawabannya

    725=7×4025×40=2801000\frac{7}{25}=\frac{7\times40}{25\times40}=\frac{280}{1000} , bukan ini jawabannya

    1140=11×2540×25=2751000\frac{11}{40}=\frac{11\times25}{40\times25}=\frac{275}{1000} , ini jawabannya

    1150=11×2050×20=2201000\frac{11}{50}=\frac{11\times20}{50\times20}=\frac{220}{1000} , bukan ini jawabannya

    10.

    Dari 10 pekarangan rumah yang ada di RT 01, ada 5 yang tertanam pohon cabai. Berapa % pekarangan di RT 01 yang ada pohon cabainya?

    A

    20

    B

    50

    C

    10

    D

    75

    Pembahasan:

    Soal ini dapat ditulis ulang seperti berikut:

    pekarangan yang ada cabaitotal pekarangan\frac{pekarangan\ yang\ ada\ cabai}{total\ pekarangan} = 510\frac{5}{10}


    Persen artinya per 100, maka ubah pecahan di atas menjadi per 100.

    510=?100\frac{5}{10}=\frac{?}{100}

    Perhatikanlah kalau penyebut berubah dari 10 menjadi 100 dari kiri ke kanan, berarti pengalinya 10. Atau 10 ×\times 10 = 100. Karena penyebut dikali 10, maka pembilang juga harus dikali 10. Atau pembagi berubah menjadi 5 ×\times 10 = 50.


    Dapat juga ditulis ulang seperti berikut.

    5×1010×10=50100\frac{5\times10}{10\times10}=\frac{50}{100} = 50%

    Daftar dan dapatkan akses ke puluhan ribu soal lainnya!

    Buat Akun Gratis