Contoh Soal

Pecahan – Matematika SD

Sampel materi untuk guru yang ingin cari soal latihan. Temukan bank soal lengkap dan update dengan cara mendaftar gratis. Kirim soal-soal ini ke murid di kelas Bapak/Ibu Guru lewat Google Classroom, dalam bentuk kuis online, tautan kuis, file kuis, atau cetak langsung!

Daftar
Daftar untuk membagikan
    1.

    11000\frac{1}{1000} sama dengan ...

    Pilih semua jawaban yang benar.

    A

    0,0001

    B

    0,001

    C

    0,01%

    D

    110\frac{1}{10}%

    Pembahasan:

    Dalam bentuk desimal, ada 3 angka di belakang koma (cara mengingatnya yaitu ada 3 angka 0 di 1000). Jadi 11000\frac{1}{1000} = 0,001.

    Persen artinya per 100, jadi penyebutnya harus diganti menjadi per 100. 11000=1:101000:10=1/10100\frac{1}{1000}=\frac{1:10}{1000:10}=\frac{1/10}{100} = 110\frac{1}{10}% = 0,1%

    2.

    Bagaimanakah cara mengetahui kalau dua pecahan adalah senilai? Pilih semua jawaban yang mungkin.

    Katakanlah Pecahan 1 = Pembilang 1Penyebut 1\frac{\text{Pembilang 1}}{\text{Penyebut 1}} dan Pecahan 2 = Pembilang 2Penyebut2\frac{\text{Pembilang 2}}{\text{Penyebut2}}.

    A

    Kalau ada bilangan bulat b yang dapat memenuhi Pembilang 1 ×\times b = Pembilang 2

    B

    Kalau ada bilangan bulat b yang dapat memenuhi Penyebut 1 ÷\div b = Penyebut 2

    C

    Kalau ada bilangan bulat b yang dapat memenuhi Pembilang 1 ×\times b = Pembilang 2 dan Penyebut 1 ×\times b = Penyebut 2

    D

    Kalau ada bilangan bulat b yang dapat memenuhi Pembilang 1 ÷\div b = Pembilang 2 dan Penyebut 1 ÷\div b = Penyebut 2

    Pembahasan:

    Pecahan senilai dapat diperoleh dengan mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama. Dengan kata lain:

    • Kalau ada bilangan bulat b yang dapat memenuhi Pembilang 1 ×\times b = Pembilang 2 dan Penyebut 1 ×\times b = Penyebut 2
    • Kalau ada bilangan bulat b yang dapat memenuhi Pembilang 1 ÷\div b = Pembilang 2 dan Penyebut 1 ÷\div b = Penyebut 2

    Ingin coba latihan soal dengan kuis online?

    Kejar Kuis
    3.

    Berapakah pecahan yang digambarkan dalam diagram ini?

    A

    1224\frac{12}{24}

    B

    1222\frac{12}{22}

    C

    1124\frac{11}{24}

    D

    1225\frac{12}{25}

    Pembahasan:

    Hitung berapa bagian yang diberi warna dan berapa bagian yang tidak diberi warna, lalu jumlahkan semua bagian. Pecahan yang digambarkan adalah bagian yang berwarna per total bagian.

    4.

    1100\frac{1}{100} sama dengan ...

    Pilih semua jawaban yang benar.

    A

    0,01

    B

    0,1

    C

    10%

    D

    1%

    Pembahasan:

    Dalam bentuk desimal, ada 2 angka di belakang koma (cara mengingatnya yaitu ada 2 angka 0 di 100). Jadi 1100\frac{1}{100} = 0,01.

    Persen artinya per 100, jadi 1100\frac{1}{100} = 1%.

    Ingin cari soal-soal HOTS?

    Soal HOTS
    5.

    1052=...\frac{10}{52}=...

    Pecahan yang senilai dengan pecahan di atas adalah ...

    A

    313\frac{3}{13}

    B

    526\frac{5}{26}

    C

    15104\frac{15}{104}

    D

    50520\frac{50}{520}

    Pembahasan:

    Karena penyebut di pilihan jawaban berbeda dengan yang di soal, harus dicek satu per satu. Cara paling cepat yaitu dengan membandingkan penyebut masing-masing pecahan.

    313=3×413×4=1252\frac{3}{13}=\frac{3\times4}{13\times4}=\frac{12}{52} bukan 1052\frac{10}{52}, jadi bukan ini jawabannya

    526=5×226×2=1052\frac{5}{26}=\frac{5\times2}{26\times2}=\frac{10}{52}, ini jawabannya

    1052=10×252×2=20104\frac{10}{52}=\frac{10\times2}{52\times2}=\frac{20}{104} bukan 15104\frac{15}{104}, jadi bukan ini jawabannya

    1052=10×1052×10=100520\frac{10}{52}=\frac{10\times10}{52\times10}=\frac{100}{520} bukan 50520\frac{50}{520}, jadi bukan ini jawabannya


    Cara lainnya yaitu dengan mengubah semua pecahan di soal dan jawaban sehingga penyebutnya sama. Disini kita perlu menghitung KPK dari 13, 26, 52, 104 dan 520, yaitu 520.

    1052=10×1052×10=100520\frac{10}{52}=\frac{10\times10}{52\times10}=\frac{100}{520} - ini yang kita mau


    313=3×4013×40=120520\frac{3}{13}=\frac{3\times40}{13\times40}=\frac{120}{520} - bukan ini jawabannya

    526=5×2026×20=100520\frac{5}{26}=\frac{5\times20}{26\times20}=\frac{100}{520} - ini jawabannya

    15104=15×5104×5=75520\frac{15}{104}=\frac{15\times5}{104\times5}=\frac{75}{520} - bukan ini jawabannya

    50520\frac{50}{520} - bukan ini jawabannya

    6.

    355145=...\frac{35}{5}-\frac{14}{5}=...

    A

    205\frac{20}{5}

    B

    21

    C

    4

    D

    4 154\ \frac{1}{5}

    Pembahasan:

    Karena penyebut sudah sama, lakukan operasi pengurangan lalu sederhanakan.

    355145=215=4 15\frac{35}{5}-\frac{14}{5}=\frac{21}{5}=4\ \frac{1}{5}

    Ingin cari soal-soal AKM?

    Hubungi Kami
    7.

    1232=...\frac{12}{32}=...

    Pecahan tersebut senilai dengan pecahan ...

    A

    38\frac{3}{8}

    B

    48\frac{4}{8}

    C

    58\frac{5}{8}

    D

    68\frac{6}{8}

    Pembahasan:

    Karena penyebut di semua pilihan jawaban sama, maka ubah pecahan di soal sehingga penyebutnya sama, yaitu ubah penyebut 32 ke 8 dengan membaginya dengan 4. Karena penyebut dibagi 4, pembilang pun harus dibagi 4:

    1232=12:432:4=38\frac{12}{32}=\frac{12:4}{32:4}=\frac{3}{8}

    8.

    59\frac{5}{9} = ...

    Pecahan tersebut senilai dengan ...

    A

    3081\frac{30}{81}

    B

    4081\frac{40}{81}

    C

    4581\frac{45}{81}

    D

    5081\frac{50}{81}

    Pembahasan:

    Karena penyebut di semua pilihan jawaban sama, maka ubah pecahan di soal sehingga penyebutnya juga sama. Yaitu ubah penyebut 9 ke 81 dengan mengalikannya dengan 9. Karena penyebut dikali 9, pembilang pun harus dikali 9:

    59\frac{5}{9} = 5×99×9\frac{5\times9}{9\times9} = 4581\frac{45}{81}

    Ingin tanya tutor?

    Tanya Tutor
    9.

    Dari 10 pekarangan rumah yang ada di RT 01, ada 5 yang ditanami pohon cabai. Berapa bagiankah pekarangan di RT 01 yang terdapat pohon cabainya?

    A

    105=2\frac{10}{5}=2

    B

    12\frac{1}{2}

    C

    5

    D

    15\frac{1}{5}

    Pembahasan:

    Bagian yang terdapat pohon cabai :

    = Pekarangan yang ditanami cabai / Jumlah pekarangan seluruhnya


    Atau dapat ditulis ulang sebagai pecahan senilai seperti berikut:

    5 pekarangan10 pekarangan=5:510:5=12\frac{5\ \text{pekarangan}}{10\ \text{pekarangan}}=\frac{5:5}{10:5}=\frac{1}{2}


    Jadi bagian pekarangan yang terdapat pohon cabai ada 12\frac{1}{2} bagian

    10.

    Pecahan 12... 34\frac{1}{2}...\ \frac{3}{4} . Tanda yang tepat untuk mengisi titik-titik tersebut adalah …

    A

    <

    B

    >

    C

    =

    D

    \ge

    Pembahasan:

    Untuk membandingkan, samakan penyebut kedua pecahan dengan menggantinya dengan KPK dari 2 dan 4, yaitu 4.

    12... 34 =1×22×2... 34 = 24... 34\frac{1}{2}...\ \frac{3}{4}\ =\frac{1\times2}{2\times2}...\ \frac{3}{4}\ =\ \frac{2}{4}...\ \frac{3}{4}

    Jadi, 12\frac{1}{2} lebih kecil dari 34\frac{3}{4} karena 24\frac{2}{4} lebih kecil dari 34\frac{3}{4} .


    Cara paling cepat yaitu strategi silang:

    412344\Leftarrow\frac{1}{2}\nwarrow\frac{3}{4}

    Kalikan penyebut di kanan dengan pembilang di kiri untuk nilai di kiri: 4 ×\times 1 = 4


    12346\frac{1}{2}\nearrow\frac{3}{4}\Rightarrow6

    Kalikan penyebut di kiri dengan pembilang di kanan untuk nilai di kanan: 2 ×\times 3 = 6


    Berarti pecahan di kiri lebih kecil karena nilai di kiri = 4 < nilai di kanan = 6

    Daftar dan dapatkan akses ke puluhan ribu soal lainnya!

    Buat Akun Gratis