Ribuan materi gratis

Target kami adalah memberikan 80% dari materi kami secara gratis untuk siswa dan guru manapun, sebagai bagian komitmen terhadap misi kami.

Tim profesional

Tim kami mempunyai background profesional di bidang pendidikan, mulai dari guru sekolah, manajemen sekolah, tutor bimbel, penerbit buku panduan.

Desain tepat guna

Fitur dan materi kami didesain dan terus dikembangkan berdasarkan masukan pengguna, dengan tujuan pemanfaatan optimal bagi penggunanya.

Mengenal Kami Lebih Jauh

Sebagai sebuah perusahaan rintisan yang berusia muda, kegiatan kami banyak diarahkan oleh apa yang ingin kami capai di masa depan. Media, konten, dan desain adalah hal-hal yang membedakan kami dengan perusahaan rintisan di bidang edukasi lainnya.

Mengapa Memilih Media Bank Soal Online?

“Misi kami adalah memberikan akses materi belajar sekolah yang berkualitas secara merata”

Untuk melaksanakan misi tersebut, kami membuat kreasi konten digital yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Agar penyampaian efektif, format penyajian konten tersebut disesuaikan dengan berbagai cara anak berinteraksi dengan sebuah konsep hingga dapat menguasai dan menggunakan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Format ini termasuk bank soal latihan, video pembahasan, rangkuman materi, dan lembar kerja (worksheet). Masing- masing format sesuai untuk tujuan dan situasi yang berbeda dalam aktivitas belajar siswa.

  • Bank soal dan lembar kerja mengundang siswa untuk aktif berlatih, mengukur, dan mendalami pemahaman suatu konsep.
  • Video pembahasan dan rangkuman materi termasuk format yang lebih bersifat pasif, di mana siswa relatif menyerap materi secara searah dan tidak banyak berinteraksi dengan materi ajar.

Karena proses belajar setiap anak berbeda, kombinasi dari beberapa format ini mungkin dapat bekerja lebih efektif dalam penyerapan suatu materi.

Format Penyajian Konten

  Aktif / Berlatih Pasif / Menyerap
Online Bank Soal Video Pembahasan
Offline Lembar Kerja Rangkuman Materi

Kami percaya di masa depan, format online akan menjadi lebih umum diterima dalam kegiatan belajar mengajar di dalam maupun luar kelas. Ini karena teknologi internet memang merupakan tren berskala besar yang sudah dan masih terus mengubah cara manusia beraktivitas di banyak bidang, termasuk edukasi, transportasi, dan perbelanjaan. Alasan lainnya adalah teknologi internet dan media menawarkan beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh media buku berbahan kertas.

Kelebihan Media Belajar Online

Paperless Stimulatif Adaptif
Tidak ada bentuk fisik sehingga tidak boros tempat dan biaya cetak, serta lebih ramah lingkungan. Format multimedia lebih kaya stimulasi auditori dan visual, sesuai dengan beragam cara belajar anak. Penyajian materi dapat disesuaikan dengan tingkat pemahaman anak secara objektif, lewat uji performanya.

Media online menawarkan cara belajar baru yang lebih menarik dan menyenangkan untuk siswa. Dengan desain yang tepat, ia dapat mengubah siswa yang tadinya enggan belajar topik 'sulit' menjadi gemar mempelajarinya. Tingkat penguasaan materinya pun dapat menjadi lebih tinggi karena siswa menghabiskan lebih banyak waktu berinteraksi yang berkualitas dengan materinya. Tujuan penyampaian materi dinilai efektif jika siswa mencapai tingkatan pemahaman kognitif yang tinggi atas konsep yang disampaikan. Jika hal ini dapat tercapai, maka media belajar online pasti akan menjadi masa depan yang menggeser buku kertas dalam penyampaian materi. Tepatnya, media online yang kaya dengan berbagai stimulasi audio visual yang dapat menggugah minat anak serta mempunyai format yang dinamis, dapat menyesuaikan diri dengan gaya belajar dan kemajuan anak.

Dengan wacana inilah kami mulai membangun sistem belajar online dari bank soal online.

Mendukung Bukan Menggantikan

Namun tentu saja bank soal atau media belajar online lainnya tidak menggantikan peran seorang guru, orangtua, atau fasilitator dalam mendidik anak. Ada aspek-aspek sosial di dunia nyata yang dapat tersampaikan dengan baik lewat interaksi tatap muka antara pendidik dan anak didiknya. Jadi pada dasarnya, apa yang kami kembangkan berfungsi sebagai alat bantu seorang pendidik dalam melaksanakan peran yang diembannya. Oleh karena itu, kami berharap agar hasil karya kami bermanfaat bagi siswa maupun para pendidiknya.

Apa Saja Fokus Pengembangan Materi?

“Pendidikan adalah apa yang tersisa setelah seseorang melupakan apa yang sudah dipelajarinya di sekolah” – Albert Einstein

Kami percaya bahwa tujuan materi belajar tidak hanya untuk memperkenalkan suatu konsep dasar, tetapi juga membentuk cara berpikir siswa yang kritis dan kreatif. Materi belajar, dan proses pengajaran yang terjadi, haruslah mendorong terbentuknya skill yang akan dibutuhkan untuk bertahan hidup pasca sekolah. Di zaman teknologi internet ini, kemampuan menghafal sudah tidak penting lagi karena informasi sudah tersedia lengkap dengan satu sentuhan jari. Alih-alih menghafal fakta, kemampuan yang lebih penting di zaman teknologi seperti ini adalah mengetahui di mana dan bagaimana cara mendapatkan informasi yang relevan di antara segunung informasi lainnya.

Kemampuan yang penting untuk dibentuk

Berpikir Kritis
Berpikir Kreatif
Menganalisis fakta untuk menarik kesimpulan dan membuat keputusan.

Contoh latihan dalam literasi: Siswa diberi bacaan yang mendukung dan menentang suatu konsep. Siswa diminta untuk menganalisis isi bacaan dan tujuan penulis, serta mengemukakan pendapat tentang kedua bacaan tersebut.
Menyelesaikan suatu masalah dengan sudut pandang baru dan solusi unik.

Contoh latihan dalam numerasi: Siswa diminta untuk membuat desain akuarium jika hanya volumenya yang diketahui. Desain harus disertai alasan memilihnya.
Berpikir Analitik
Banyak Akal (Resourceful)
Menyelesaikan problem kompleks dengan langkah-langkah yang logis.

Contoh latihan dalam numerasi: Siswa diminta untuk memperkirakan skenario kasus penyebaran pandemi tinggi dan rendah berdasarkan data yang ada.
Menyelesaikan suatu tantangan dengan cara yang cepat dan cerdik.

Contoh latihan dalam literasi: Siswa diminta untuk mencari informasi spesifik di antara teks dalam suatu website yang disusun dengan mengikuti struktur tertentu.

Dengan dasar pemikiran inilah kami membangun materi HOTS (Higher Order Thinking Skills) sebagai bagian penting dari bank soal. Ini sejalan dengan tren nasional, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum pada program Merdeka Belajar, dan internasional, seperti dalam materi PISA dan TIMSS.

Aspek mendasar yang menjadi fokus pengembangan materi

Literasi Kemampuan yang dibutuhkan untuk membaca dan menulis
Numerasi Kemampuan menggunakan angka untuk menyelesaikan suatu masalah
Pendidikan Karakter Proses pembelajaran nilai dan perilaku yang penting untuk hidup dengan bertanggung jawab dalam masyarakat

Apa Saja Tujuan Desain Sistem?

“Sistem klasifikasi tagar pada setiap materi belajar, baik soal latihan, video, rangkuman, maupun lembar kerja”

Fleksibel Sistem tagar untuk identifikasi materi, sehingga dapat digunakan untuk analisis performa dan klasifikasi ulang dengan mudah
Berstandar tinggi Prosedur quality control dalam validasi materi demi meningkatkan akurasi materi dan penggunaan bahasa yang benar
Mudah dipakai Pengembangan interface secara terus menerus agar dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna manapun

Desain Kami

Fleksibel — Berstandar tinggi — Mudah dipakai

Tagar per materi

Setiap materi belajar kami, baik soal latihan, video maupun bacaan, diberi tagar identifikasi yang detil seperti kelas, topik, subtopik, subsubtopik, jenis materi, tingkat kesulitan, LOTS/HOTS, Kompetensi Dasar.


Skoring dan taksonomi bloom

Sistem skoring kami mencerminkan tingkat kesulitan dari materi belajar.

* Pembagian berdasarkan Taksonomi Bloom hinggal level 5
Skor Materi teknikal
(contoh matematika)
Materi non teknikal*
(contoh bahasa Indonesia, biologi)
1 Pengertian konsep Mengetahui
2 Teknik Hitung Memahami
3 Soal Cerita Mengaplikasikan
4 HOTS - tingkat rendah Menganalisis
5 HOTS - tingkat tinggi Mengevaluasi

Variasi desain soal

Tujuan desain tagar dan skoring adalah untuk menciptakan variasi desain soal yang fleksibel berdasarkan kriteria yang diinginkan.

Tipe Pengguna Variasi Tujuan
Siswa Komposisi soal selalu berubah setiap mengerjakan Pengerjaan selalu fresh dan tidak monoton
Pengajar Komposisi soal dapat dipilih sendiri sesuai identifikasi tagar, atau dipilih oleh sistem. Set latihan soal dan ujian sesuai materi dan tingkat kesulitan dapat ditentukan sesuai kebutuhan
Urutan muncul dan pilihan jawaban (jika pilihan ganda) berbeda untuk tiap anak. Mengurangi kemungkinan siswa meniru jawaban teman kelasnya

Data dan analisis

Tujuan lain dari desain ini adalah memungkinkan pengumpulan data yang mendetil dan analisis yang mendalam mengenai area kekuatan dan kelemahan siswa secara individu maupun grup, misalnya per kelas ataupun level.

Tipe Pengguna Tujuan Cara
Siswa Membantu membuat rencana belajar lebih efektif Lebih banyak latihan dan pendalaman pada topik yang lebih lemah
Membantu perencanaan jurusan studi lebih lanjut Memahami area minat dan bakat siswa untuk pengarahan lebih lanjut
Pengajar Membantu membuat rencana pengajaran yang lebih efektif Menentukan fokus ajar untuk kelas remedial berdasarkan area kelemahan pada level kelas
Membantu perencanaan jurusan studi lebih lanjut Memahami area minat dan bakat siswa untuk pengarahan lebih lanjut

Quality control

Semua materi yang kami sediakan sudah melalui proses due dilligence sebagai bagian dari Standard Operation Procedure (SOP) untuk quality control. Berikut penjelasan singkat mengenai peran staf kami dalam menjalankan SOP.

Dalam sebuah proses due dilligence, harus ada minimum dua orang yang terlibat. Tujuannya adalah supaya proses validasi terjadi secara independen.
Status Pengguna Peran Hal yang Diperhatikan
Kreator Menciptakan materi Pemetaan materi berdasarkan kompetensi dasar dengan referensi berbagai sumber materi panduan
Validator Validasi materi Kebenaran jawaban dan penjelasan, tagar, ejaan, formatting, konsistensi antar soal di topik yang sama
Publisher Rilis materi Kecocokan materi terhadap topik dan kompetensi dasar, mencocokkan soal dan jawaban secara prinsip

Selain due dilligence internal, kami juga mengundang pengguna manapun untuk ikut meningkatkan kualitas materi kami. Untuk hal ini, kami sediakan fitur suka (like), laporkan, dan komentar (perlu masuk/login terlebih dahulu). Dengan fitur ini, pengguna dapat memberi tahu kami jika ada masalah dengan materi yang diberikan atau jika ada materi tertentu yang menarik atau penting bagi pengguna kami. Kami berkomitmen untuk selalui memperbaiki kualitas materi kami dengan standar tertinggi.