Contoh Soal

Relasi dan Fungsi – Matematika SMP

Sampel materi untuk guru yang ingin cari soal latihan. Temukan bank soal lengkap dan update dengan cara mendaftar gratis. Kirim soal-soal ini ke murid di kelas Bapak/Ibu Guru lewat Google Classroom, dalam bentuk kuis online, tautan kuis, file kuis, atau cetak langsung!

    1.

    Diketahui himpunan A = {1, 2, 3} dan B = {a, b, c}. Di antara keempat himpunan pasangan berurutan berikut, yang merupakan korespondensi satu-satu dari A ke B adalah ....

    A

    {(1, b), (2, a), (3, b)}

    B

    {(1, c), (2, b), (3, a)}

    C

    {(1, b), (2, b), (3, c)}

    D

    {(1, b), (2, a), (2, c)}

    Pembahasan:

    Korespondensi satu-satu adalah pemetaan atau fungsi yang setiap anggota daerah asal memiliki tepat satu kawan di daerah hasil dan begitu pula sebaliknya.

    Diperhatikan kembali himpunan pasangan berurutan {(1, c), (2, b), (3, a)}. Terlihat bahwa setiap anggota A memiliki kawan tepat satu di B, yaitu

    1 dengan c,

    2 dengan b, dan

    3 dengan a.

    Begitu juga sebaliknya, yaitu

    a dengan 3,

    b dengan 2, dan

    c dengan 1.

    Artinya himpunan pasangan berurutan {(1, c), (2, b), (3, a)} merupakan korespondensi satu-satu.

    *Perhatikan himpunan pasangan berurutan {(1, b), (2, a), (3, b)}

    \rightarrow Himpunan pasangan berurutan tersebut bukan merupakan korespondensi satu-satu karena b memiliki dua kawan di A, yaitu 1 dan 3, serta c tidak memiliki kawan di A.

    *Perhatikan himpunan pasangan berurutan {(1, b), (2, b), (3, c)}

    \rightarrow Himpunan pasangan berurutan tersebut bukan merupakan korespondensi satu-satu karena b memiliki dua kawan di A, yaitu 1 dan 2, serta a tidak memiliki kawan di A.

    *Perhatikan himpunan pasangan berurutan {(1, b), (2, a), (2, c)}

    \rightarrow Himpunan pasangan berurutan tersebut bukan merupakan korespondensi satu-satu karena 2 memiliki dua kawan di B, yaitu a dan c, serta 3 tidak memiliki kawan di B.

    2.

    Pada sebuah perumahan terdapat 4 anak SMP. Keempat anak tersebut bernama Ali, Budi, Citra, dan Dedi. Masing- masing anak mempunyai kegemaran buah yang berbeda-beda. Ali gemar makan sawo, Budi gemar makan rambutan, Citra gemar makan apel, dan Dedi gemar makan anggur. Apakah relasi yang mungkin untuk mengilustrasikan hubungan antara himpunan anak dan himpunan buah tersebut? 

    A

    Gemar makan buah.

    B

    Gemar minum.

    C

    Mempunyai pohon.

    D

    Menjual buah.

    Pembahasan:

    Berdasarkan ilustrasi di atas, relasi yang paling mungkin untuk hubungan antara himpunan anak dan himpunan buah adalah "gemar makan buah".

    Ingin coba latihan soal dengan kuis online?

    Kejar Kuis
    3.

    Perhatikan beberapa diagram panah berikut!

    1. 

    Diagram panah yang merupakan korespondensi satu-satu adalah ....

    A

    2, 4, dan 5

    B

    1, 2, dan 3

    C

    1, 3, dan 5

    D

    3, 4, dan 5

    Pembahasan:

    Korespondensi satu-satu adalah pemetaan atau fungsi yang setiap anggota daerah asal memiliki tepat satu kawan di daerah hasil dan begitu pula sebaliknya.

    1. Diagram panah pada nomor 1 menunjukkan untuk setiap anggota A mempunyai tepat satu kawan di B, begitu pula untuk setiap anggota B. Artinya diagram panah pada nomor 1 merupakan korespondensi satu-satu.
    2. Diagram panah pada nomor 2 bukan korespondensi satu-satu karena 1 mempunyai dua kawan di Q yaitu x dan y.
    3. Diagram panah pada nomor 3 menunjukkan untuk setiap anggota P mempunyai tepat satu kawan di Q, begitu pula untuk setiap anggota Q. Artinya diagram panah pada nomor 3 merupakan korespondensi satu-satu.
    4. Diagram panah pada nomor 4 bukan korespondensi satu-satu karena x mempunyai dua kawan di P yaitu 1 dan 2, serta y tidak memiliki kawan di P.
    5. Diagram panah pada nomor 5 menunjukkan untuk setiap anggota A mempunyai tepat satu kawan di B, begitu pula untuk setiap anggota B. Artinya diagram panah pada nomor 5 merupakan korespondensi satu-satu.

    Jadi diagram panah yang merupakan korespondensi satu satu adalah nomor 1, 3, dan 5.

    4.

    Diketahui himpunan P adalah himpunan nama bapak-bapak dan himpunan Q adalah himpunan nama anak-anak, serta relasi P ke Q adalah "ayah dari".


    P={Gandung, Jumakir, Heru, Puryadi }

    Q ={Linda, Uut, Danis, Tika, Maya}


    Himpunan pasangan berurutannya adalah {(Gandung, Danis), (Jumakir,Linda), (Heru,Tika), (Puryadi,Uut)}. Maka kodomainnya adalah ...

    A

    {Gandung, Jumakir, Heru, Puryadi }

    B

    {Jumakir, Heru, Puryadi }

    C

    {Linda, Uut, Danis, Tika, Maya }

    D

    {Linda, Uut, Danis, Tika}

    Pembahasan:

    Daerah kawan/kodomain merupakan daerah yang menjadi pasangannya atau tempat tujuan. Maka kodomainnya adalah {Linda, Uut, Danis, Tika, Maya}.

    Ingin cari soal-soal HOTS?

    Soal HOTS
    5.

    Fungsi f f\ ditentukan dengan rumus f(x)=2x+442xf\left(x\right)=\frac{2x+4}{4-2x} dengan daerah asal {0,1,3}\left\{0,1,3\right\} memiliki daerah hasil ...

    A

    {1,3,5}\left\{1,3,5\right\}

    B

    {1,3,5}\left\{-1,3,5\right\}

    C

    {5,1,3}\left\{-5,1,3\right\}

    D

    {3,1,5}\left\{-3,1,5\right\}

    Pembahasan:

    Untuk mengetahui daerah hasil suatu fungsi, kita perlu memasukkan daerah asal fungsi tersebut ke dalam rumus fungsi.


    Sehingga,

    x=0  x=0\ \ maka f(0)=2(0)+442(0)=44=1f\left(0\right)=\frac{2\left(0\right)+4}{4-2\left(0\right)}=\frac{4}{4}=1

    x=1x=1 maka f(1)=2(1)+442(1)=62=3f\left(1\right)=\frac{2\left(1\right)+4}{4-2\left(1\right)}=\frac{6}{2}=3

    x=3x=3 maka f(3)=2(3)+442(3)=102=5f\left(3\right)=\frac{2\left(3\right)+4}{4-2\left(3\right)}=\frac{10}{-2}=-5


    Jadi, daerah hasil dari fungsi di atas adalah {5,1,3}\left\{-5,1,3\right\} .

    6.

    Fungsi f f\ ditentukan dengan rumus f(x)=105xf\left(x\right)=10-5x dengan daerah asal {2,0, 2, 5}\left\{-2,0,\ 2,\ 5\right\} memiliki daerah hasil ...

    A

    {15,0,10,20}\left\{-15,0,10,20\right\}

    B

    {15,5,0,10}\left\{-15,5,0,10\right\}

    C

    {0,10,15,20}\left\{0,10,15,20\right\}

    D

    {0,10,15,25}\left\{0,10,15,25\right\}

    Pembahasan:

    Untuk mengetahui daerah hasil suatu fungsi, kita perlu memasukkan daerah asal fungsi tersebut ke dalam rumus fungsi.


    Sehingga,

    x=2  x=-2\ \ maka f(2)=10(5.2)=10+10=20f\left(-2\right)=10-\left(5.-2\right)=10+10=20

    x =0x\ =0 maka f(0)=10(5.0)=100=10f\left(0\right)=10-\left(5.0\right)=10-0=10

    x =2x\ =2 maka f(2)=10(5.2)=1010=0f\left(2\right)=10-\left(5.2\right)=10-10=0

    x =5x\ =5 maka f(5)=10(5.5)=1025=15f\left(5\right)=10-\left(5.5\right)=10-25=-15


    Jadi, daerah hasil dari fungsi di atas adalah {15,0,10,20}\left\{-15,0,10,20\right\} .

    Ingin cari soal-soal AKM?

    Hubungi Kami
    7.

    Suatu fungsi didefinisikan dengan rumus h(x)=20x552xh\left(x\right)=\frac{20x-5}{5-2x} . Nilai h(5)+h(2)h(5) + h(2) adalah.… 

    A

    -16

    B

    -54

    C

    16

    D

    54

    Pembahasan:

    Diketahui h(x)=20x552xh(x)=\frac{20x-5}{5-2x} , maka


    h(5)=20(5)552(5)=1005510=955=19h\left(5\right)=\frac{20\left(5\right)-5}{5-2\left(5\right)}=\frac{100-5}{5-10}=\frac{95}{-5}=-19


    h(2)=20(2)552(2)=40554=351=35h\left(2\right)=\frac{20\left(2\right)-5}{5-2\left(2\right)}=\frac{40-5}{5-4}=\frac{35}{1}=35


    Jadi, nilai h(5)+h(2)=19+35=16.h\left(5\right)+h\left(2\right)=-19+35=16.

    8.

    Suatu fungsi didefinisikan dengan rumus f(x)=305x.f(x)=30-5x. Nilai f(– 5) adalah.… 

    A

    5

    B

    55

    C

    -5

    D

    -55

    Pembahasan:

    Diketahui f(x)=305xf\left(x\right)=30-5x, maka

    f(5)=30(5.5)=30(25)=30+25=55f\left(-5\right)=30-\left(5.-5\right)=30-\left(-25\right)=30+25=55


    Jadi, nilai f(5)=55f\left(-5\right)=55 .

    Ingin tanya tutor?

    Tanya Tutor
    9.

    Pada sebuah perusahan ternama di Semarang, setiap tahunnya seorang karyawan akan mendapatkan THR. Besarnya THR ditentukan dari 22 kali gaji pokok ditambah Rp 800.000,Rp\ 800.000,- . Berdasarkan situasi di atas, model matematika yang menyatakan hubungan antara gaji pokok (x)\left(x\right) dan THR (y)\left(y\right) adalah...

    A

    y(x)=8000002xy\left(x\right)=800000-2x

    B

    y(x)=2x+800000y\left(x\right)=2x+800000

    C

    y(x)=2x800000y\left(x\right)=2x-800000

    D

    y(x)=x800000y(x)=x-800000

    Pembahasan:

    Diketahui :

    x:x: Gaji pokok

    y:y: THR


    Berdasarkan pernyataan di soal,

    THR=( 2.2. gaji pokok) + 800000800000


    Sehingga,

    y(x)=2x+800000y\left(x\right)=2x+800000

    10.

    Dea merupakan salah satu siswi di salah satu SMP swasta di Medan. Biasanya, para siswa mendapatkan uang saku dari orang tua mereka. Dea juga mendapatkan uang saku dari orang tuanya. Selain itu, Dea juga mendapatkan jatah uang transportasi. Maklum, Dea memerlukan transportasi umum untuk mencapai sekolahnya. Besarnya jatah uang transportasi selama 2 bulan ditentukan dari 25\frac{2}{5} total uang saku selama 2 bulan kemudian ditambah Rp 30.000,Rp\ 30.000,- . Bila jatah uang transportasi yang didapat Dea selama 2 bulan sebesar

    Rp 2.400.000,Rp\ 2.400.000,- . Maka total uang saku Dea untuk 1 bulan adalah .............rupiah.

    A

    2.500.0002.500.000

    B

    2.025.0002.025.000

    C

    3.000.0003.000.000

    D

    2.962.5002.962.500

    Pembahasan:

    Diketahui :

    x:x: total uang saku Dea selama 2 bulan

    y:y: jatah uang transportasi selama 2 bulan (Rp 2.400.000,Rp\ 2.400.000,- )


    Berdasarkan pernyataan di soal,

    yy =( 25. \frac{2}{5}.\ xx )+30000 30000\

    Sehingga,

    y(x) =(25x)+30000y\left(x\right)\ =\left(\frac{2}{5}x\right)+30000

     2400000=(25x)+30000\ 2400000=\left(\frac{2}{5}x\right)+30000

    240000030000=2x52400000-30000=\frac{2x}{5}

    2370000=2x52370000=\frac{2x}{5}

    (2370000).5=2x\left(2370000\right).5=2x

    (2370000)52=x\frac{\left(2370000\right)5}{2}=x

    5925000=x5925000=x

    Maka total uang saku Dea selama 2 bulan adalah Rp 5.925.000,Rp\ 5.925.000,-

    uang saku Dea untuk 1 bulan = 59250002=2962500\frac{5925000}{2}=2962500


    Jadi total uang saku untuk 1 bulan Rp 2.962.500,Rp\ 2.962.500,-

    Daftar dan dapatkan akses ke puluhan ribu soal lainnya!

    Buat Akun Gratis