Contoh Soal

Operasi Hitung Bilangan Cacah – Matematika SD

Sampel materi untuk guru yang ingin cari soal latihan. Temukan bank soal lengkap dan update dengan cara mendaftar gratis. Kirim soal-soal ini ke murid di kelas Bapak/Ibu Guru lewat Google Classroom, dalam bentuk kuis online, tautan kuis, file kuis, atau cetak langsung!

    1.

    Sifat distributif yang benar berada pada kolom ….

    A

    C

    B

    B

    C

    A

    Pembahasan:

    Sifat distributif pada operasi hitung bilangan cacah adalah operasi hitung penyebaran dan pengelompokkan yang mengkombinasikan dua operasi hitung (misal: pertambahan dan perkalian atau pengurangan dan perkalian)


    (6.400 + 2.200) x 4 = (6.400 x 4) + (2.200 x 4)

    Dari operasi hitung di atas, terlihat adanya 2 operasi hitung yaitu pertambahan dan perkalian.

    Di bagian sebelah kiri, dikelompokkan dengan mengerjakan pertambahan terlebih dahulu karena berada di dalam tanda kurung

    Di bagian sebelah kanan, bilangan ribuan disebar lalu dikelompokan untuk mengerjakan operasi hitung perkalian terlebih dahulu


    Jadi, sifat operasi hitung distributif yang benar adalah (6.400 + 2.200) x 4 = (6.400 x 4) + (2.200 x 4) atau kolom A.

    2.

    Sumber: clipart.email

    Luas rumah A: 1.350 m2

    Luas rumah B: 2.500 m2

    Luas rumah C: 1.921 m2.

    Jumlah luas ketiga rumah adalah …. m2

    A

    5.771

    B

    5.700

    C

    5.000

    Pembahasan:

    Diketahui:

    Luas rumah A = 1.350 m2

    Luas rumah B = 2.500 m2

    Luas rumah C = 1.921 m2

    Ditanyakan:

    Total luas ketiga rumah?

    Jawab:

    Gunakan cara bersusun ke bawah.

    1    <- simpanan
    1.350
    2.500
    1.921
    ______+
    5.771
    

    Satuannya 0 + 0 + 1= 1 

    Puluhannya 5 + 0 + 2 = 7

    Ratusannya 3 + 5 + 9 = 17 → Tulis 7. Simpan 1 untuk ribuan

    Ribuannya 1 + 2 + 1 + 1 (simpanan) = 5

    Jadi, total luas ketiga rumah 5.771 m2

    Ingin coba latihan soal dengan kuis online?

    Kejar Kuis
    3.

    14 ×\times 16 = ....

    Bilangan yang tepat untuk mengisi titik - titik di atas adalah ....

    A

    254

    B

    224

    C

    274

    Pembahasan:
     14
     16
    ____x
     84
    14
    ____+
    224
    

    Langkah 1: satuan ×\times satuan = 4 ×\times 6 = 24 <- tulis 4 simpan 2.

    Langkah 2: puluhan ×\times satuan = 1 ×\times 6 = 6 + 2 (simpanan) = 8

    *setelah selesai mengalikan dengan satuan, perkalian dengan puluhan dituliskan di bawah puluhan.

    Langkah 3: satuan ×\times puluhan = 4 ×\times 1 = 4

    Langkah 4: puluhan ×\times puluhan = 1 x 1 = 1

    Langkah 5: 84 + 14 (angka 4 dari 14 sejajar dengan angka 8) = 224

    4.

    144 ÷\div 12 = ….

    A

    12

    B

    13

    C

    14

    Pembahasan:

    Cara pengurangan berulang

    144 -12 = 132 - 12 = 120 - 12 = 108 - 12 = 96 - 12 = 84 - 12 = 72 - 12 = 60 - 12 = 48 - 12 = 36 - 12 = 24 - 12 = 12 - 12 = 0

    Terdapat 12 kali pengurangan angka 12 hingga habis.

    Maka dapat ditulis 144 ÷\div 12 = 12


    Cara susun ke bawah

    *Pembagian susun ke bawah di mulai dari bagian yang paling kiri

    Langkah 1: 1 tidak bisa dibagi dengan 12, sehingga diambil 2 angka dari depan yaitu 14

    Langkah 2: 14 ÷\div 12 = 1 -> karena 1 x 12 adalah 12, angka yang paling mendekati dengan 14. Tulis angka 1 di atas dan 12 di bawah 14

    Langkah 3: 14 - 12 = 2 -> lalu turunkan angka 4, sehingga menjadi 24

    Langkah 4: 24 ÷\div 12 = 2 -> tulis angka 2 di atas dan 24 di bawah 24.

    Langkah 5: 24 - 24 = 0


    Jadi, jawaban yang benar untuk mengisi titik - titik adalah 12

    Ingin cari soal-soal HOTS?

    Soal HOTS
    5.

    Garis yang menunjukan operasi hitung dan hasilnya yang benar adalah ….

    A

    B

    C

    Pembahasan:

    1.500 + 1.450 =

    1.500
    1.450
    _____+
    2.950
    

    2.415 + 115 =

       1 <- simpanan
    2.415
      115
    ______+
    2.530
    

    Satuannya 5 + 5 = 10 → Tulis 0, simpan 1

    Puluhannya 1 + 1 + 1 (simpanan) = 3

    Ratusannya 4 + 1 = 5

    Ribuannya 2

    1.750 + 1.000

    1.750
    1.000
    ______+
    2.750
    


    Berdasarkan hasil penjumlahan di atas jika ditarik garis akan menjadi

    6.

    Sumber: freepik.com

    SD Matahari akan mengadakan piknik ke Candi Borobudur dengan 9 bus.

    Setiap bus berisi 24 siswa.

    Banyak siswa yang mengikuti kegiatan piknik ke Candi Borobudur adalah ....

    A

    216

    B

    261

    C

    186

    Pembahasan:

    Diketahui:

    Dalam setiap bus ada 24 siswa

    Ada 9 bus

    Ditanya:

    Banyak siswa yang ikut

    Jawab:

    Untuk mengetahui banyaknya siswa yang ikut kita perlu mengalikan 24 siswa dengan 9 bus.

    Banyak siswa yang ikut adalah 24×924\times9

    Langkah 1: satuan ×\times satuan =4×9=36=4\times9=36 <- tulis 6 simpan 3 tulis di atas angka 2.

    Langkah 2: puluhan ×\times satuan =2×9=18 +3=2\times9=18\ +3 (simpanan) =21=21


    Jadi banyak siswa yang ikut seluruhnya adalah 216.

    Ingin cari soal-soal AKM?

    Hubungi Kami
    7.

    6×9=...+9+96\times9=...+9+9

    Angka yang hilang adalah ….

    A

    54

    B

    45

    C

    36

    Pembahasan:

    6×9=...+9+96\times9=...+9+9 → hitung terlebih dahulu 6×96\times9

    54=...+(9+9)54=...+\left(9+9\right) → hitung (9+9)\left(9+9\right)

    54=...+1854=...+18 → untuk mencari angka yang hilang kita perlu mengurangkan 54 dengan 18

    5418=...54-18=... → hitung 541854-18

    Langkah 1 → Pinjam 1 sehingga digit depan menjadi 4 dan belakang menjadi 14.

    Langkah 2 → kurangkan 14 dengan 8 sehingga 148=614-8=6

    Langkah 3 → hitung 41=34-1=3

    Jadi, angka yang hilang adalah 36.

    8.

    2.300 + 1.100 = ....

    A

    4.400

    B

    3.400

    C

    3.300

    Pembahasan:

    Cara panjang

    2.300 = 2.000 + 300
    1.100 = 1.000 + 100
            ----------- +
          = 3.000 + 400
          = 3.400
    

    2.300 + 1.100 = 3.400

    Cara pendek

    2.300
    1.100
    ----- +
    3.400
    

    Satuan → 0 + 0 = 0

    Puluhan → 0 + 0 = 0

    Ratusan → 3 + 1 = 4

    Ribuan → 2 + 1 = 3

    2.300 + 1.100 = 3.400

    Ingin tanya tutor?

    Tanya Tutor
    9.

    30

    Merupakan hasil kali dari bilangan ….

    A

    4 ×\times 5

    B

    6 ×\times 5

    C

    4 ×\times 7

    Pembahasan:

    Perkalian adalah penjumlahan berulang.

    * 4 x 5 = 5 + 5 + 5 + 5 = 20

    * 6 x 5 = 5 + 5 + 5 + 5 + 5 + 5 = 30

    * 4 x 7 = 7 + 7 + 7 + 7 = 28


    Jadi, 30 merupakan hasil kali dari bilangan 6 x 5

    10.

    (4.000 + 3. 000) + 2.000 = ….

    Kalimat matematika yang tepat untuk menyelesaikan operasi hitung bilangan asosiatif di atas adalah ….

    A

    (4.000 x 3.000) + 2.000

    B

     (4.000 - 3.000) - 2.000

    C

    4.000 + (3.000 + 2.000)

    Pembahasan:

    Sifat asosiatif pada operasi hitung bilangan cacah adalah hasil penjumlahan tiga buah bilangan cacah yang tidak berubah, meskipun pengelompokannya berbeda.

    (4.000 + 3.000) + 2.000 = (7.000) + 2.000 = 9.000

    Hasil yang sama didapatkan dari operasi hitung;

    4.000 + (3.000 + 2.000) = 4.000 + (5.000) = 9.000

    Jadi, (4.000 + 3. 000) + 2.000 = 4.000 + (3.000 + 2.000)

    Daftar dan dapatkan akses ke puluhan ribu soal lainnya!

    Buat Akun Gratis