Contoh Soal

Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah – Matematika SD

Sampel materi untuk guru yang ingin cari soal latihan. Temukan bank soal lengkap dan update dengan cara mendaftar gratis. Kirim soal-soal ini ke murid di kelas Bapak/Ibu Guru lewat Google Classroom, dalam bentuk kuis online, tautan kuis, file kuis, atau cetak langsung!

    1.

    Penjumlahan berulang dari operasi perkalian 2 × 6 adalah ....

    A

    2 + 6

    B

    2 + 2 + 2 + 2 + 2 + 2

    C

    6 + 6

    Pembahasan:

    Perkalian dapat diartikan penjumlahan berulang suatu angka sebanyak beberapa kali.

    Jika suatu angka a dijumlahkan berulang sebanyak n kali, maka dapat ditulis n × a.

    Sebaliknya, n × a dapat diartikan penjumlahan berulang a sebanyak n kali.

    2 × 6 berarti bilangan 6 yang dijumlahkan berulang sebanyak 2 kali.

    Maka 2 × 6 = 6 + 6

    2.

    (Sumber Gambar: freepik.com)

    Bentuk perkalian yang sesuai dengan gambar di atas adalah ....

    A

    3 6

    B

    6 3

    C

    6 6

    Pembahasan:

    Perkalian dapat diartikan penjumlahan berulang suatu angka sebanyak beberapa kali.

    Jika suatu angka a dijumlahkan berulang sebanyak n kali, maka dapat ditulis n × a.

    Sebaliknya, n × dapat diartikan penjumlahan berulang a sebanyak n kali.

    Pada gambar terlihat penjumlahan berulang 6 buah apel sebanyak 3 kali.

    Sehingga bentuk perkaliannya adalah 3 ×\times 6.

    Ingin coba latihan soal dengan kuis online?

    Kejar Kuis
    3.

    Pembagian dalam bentuk pengurangan berulang berikut yang benar adalah ....

    A

    15 - 3 - 3 - 3 - 3 = 3

    B

    12 - 4 - 4 - 4 = 0

    C

    16 - 9 - 7 = 0

    Pembahasan:

    Pembagian merupakan pengurangan berulang oleh angka pembagi hingga menghasilkan 0.


    Akan dicari pembagian dalam bentuk pengurangan berulang berikut yang benar.

    Mari amati masing-masing pilihan.

    • 15 - 3 - 3 - 3 - 3 = 3 (bukan merupakan pembagian karena tidak menghasilkan nilai 0) \to salah
    • 12 - 4 - 4 - 4 = 0 (pengurangan berulang angka 4 hingga mendapat nilai 0) \to benar
    • 16 - 9 - 7 = 0 (bukan merupakan pembagian karena pengurangan tidak berulang) \to salah

    Jadi, pembagian dalam bentuk pengurangan berulang berikut yang benar adalah 12 - 4 - 4 - 4 = 0.

    4.

    (Sumber Gambar: freepik.com)

    Bentuk perkalian yang sesuai dengan gambar di atas adalah ....

    A

    7 3

    B

    2 3

    C

    3 7

    Pembahasan:

    Perkalian dapat diartikan penjumlahan berulang suatu angka sebanyak beberapa kali.

    Jika suatu angka a dijumlahkan berulang sebanyak n kali, maka dapat ditulis n × a.

    Sebaliknya, n × dapat diartikan penjumlahan berulang a sebanyak n kali.


    Pada gambar terlihat penjumlahan berulang 7 buah bantal sebanyak 3 kali.

    Sehingga bentuk perkaliannya adalah 3 ×\times 7.

    Ingin cari soal-soal HOTS?

    Soal HOTS
    5.

    Ibu memiliki simpanan gelas di gudang.

    Gelas-gelas disimpan dalam 7 kotak.

    Masing-masing kotak berisi 6 buah gelas.

    Banyak gelas yang disimpan ibu di gudang ada ....

    A

    42

    B

    40

    C

    36

    Pembahasan:

    Gelas-gelas disimpan dalam 7 kotak.

    Masing-masing kotak berisi 6 buah gelas.

    Maka banyak gelas yang disimpan dapat dihitung dengan operasi perkalian.

    Bentuk perkaliannya adalah penjumlahan berulang dari angka 6 sebanyak 7 kali.

    Banyak gelas = 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 = 7 ×\times 6 = 42

    Jadi, banyak gelas yang disimpan ibu di gudang ada 42.

    6.

    Ibu membeli 2 kotak donat seperti gambar berikut.

    (Sumber Gambar: freepik.com)

    Bentuk perkalian dari banyak donat adalah ....

    A

    3 2

    B

    2 9

    C

    9 2

    Pembahasan:

    Pada gambar terlihat dua kotak donat, setiap kotak donat berisi 9 buah donat.

    Maka bentuk perkaliannya adalah 2 ×\times 9.

    Ingin cari soal-soal AKM?

    Hubungi Kami
    7.

    Guru kelas 2A akan membuat kelompok belajar.

    Guru membuat 3 kelompok.

    Setiap kelompok beranggotakan 7 siswa.

    Jumlah siswa dalam kelas adalah ....

    A

    10 anak

    B

    18 anak

    C

    21 anak

    Pembahasan:

    Terdapat 3 kelompok siswa, di mana setiap kelompok beranggotakan 7 siswa.

    Maka bentuk perkaliannya adalah penjumlahan berulang dari angka 7 sebanyak 3 kali.

    Jumlah siswa = 7 + 7 + 7 = 3 ×\times 7 = 21

    Jadi, jumlah siswa dalam kelas adalah 21 anak

    8.

    Edo menyimpan kelerengnya dalam beberapa kantong seperti berikut.

    (Sumber Gambar: freepik.com)

    Bentuk perkalian dari banyak kelereng yang dimiliki Edo adalah ....

    A

    10 3

    B

    3 9

    C

    3 10

    Pembahasan:

    Pada gambar terlihat 3 kantong kelereng.

    Dalam setiap kantong, terdapat 10 buah kelereng.

    Maka banyak kelereng merupakan penjumlahan berulang angka 10 sebanyak 3 kali.

    Banyak kelereng = 10 + 10 + 10 = 3 ×\times 10

    Jadi, bentuk perkalian dari banyak kelereng yang dimiliki Edo adalah 3 ×\times 10.

    Ingin tanya tutor?

    Tanya Tutor
    9.

    Paman membawa oleh-oleh 18 buah mangga dari desa.

    Buah mangga itu akan dibagikan sama banyak untuk Ani, Ika, dan Ira.

    Masing-masing akan mendapatkan buah mangga sebanyak ....

    A

    2 buah

    B

    6 buah

    C

    9 buah

    Pembahasan:

    Paman membawa 18 buah mangga.

    Akan dibagikan kepada Ani, Ika, dan Ira (3 orang).

    Maka banyak buah yang diterima masing-masing dapat diketahui dengan cara membagi bilangan 18 dengan 3.

    18 ÷\div 3 = (18 - 3 - 3 - 3 - 3 - 3 - 3 = 0)

    Untuk mendapat nilai 0 dilakukan pengurangan berulang 3 sebanyak 6 kali.

    Maka 18 ÷\div 3 = 6.

    Jadi, masing-masing akan mendapatkan buah mangga sebanyak 6 buah.

    10.

    Di sebuah lahan parkir terdapat 5 mobil.

    Banyak roda yang ada di lahan parkir tersebut adalah ... buah.

    A

    16

    B

    20

    C

    24

    Pembahasan:

    (Sumber Gambar: freepik.com)

    Setiap mobil memiliki 4 roda. Sehingga jika ada 5 mobil di mana masing-maing mobil memiliki 4 roda, maka bentuk perkalian jumlah rodanya adalah sebagai berikut.

    Jumlah roda = 4 + 4 + 4 + 4 +4

    = 5 ×\times 4 = 20

    Jadi, banyak roda yang ada di lahan parkir tersebut adalah 20 buah.

    Daftar dan dapatkan akses ke puluhan ribu soal lainnya!

    Buat Akun Gratis