Contoh Soal

Expressing time – Bahasa Inggris SMP

Sampel materi untuk guru yang ingin cari soal latihan. Temukan bank soal lengkap dan update dengan cara mendaftar gratis. Kirim soal-soal ini ke murid di kelas Bapak/Ibu Guru lewat Google Classroom, dalam bentuk kuis online, tautan kuis, file kuis, atau cetak langsung!

    1.

    Read the following text and answer the question.

    Lala:	What time is it, Dedi?
    Dedi:	It is 4.15 p.m.
    Lala:	Sorry, I have to leave now. My mother asks me to buy a cake.
    Dedi:	Is there any special occasion?
    Lala:	Yes, today is my father's birthday and we are going to prepare a small party to celebrate  it at home.
    


    Lala asks, "What time is it, Dedi?"

    What does she express?

    A

    She tells Dedi about time.

    B

    She tells Dedi about date.

    C

    She asks Dedi about time.

    D

    She asks Dedi about date.

    Pembahasan:

    Terjemahan dari dialog dan pertanyaan di atas adalah sebagai berikut.

    Lala: Dedi, pukul berapa sekarang?

    Dedi: Sekarang, pukul 4.15 sore.

    Lala: Maaf, saya harus pergi sekarang. Ibuku memintaku untuk membeli sebuah kue.

    Dedi: Apakah ada urusan yang spesial?

    Lala: Ya, hari ini ayahku berulang tahun dan kita akan menyiapkan sebuah pesta kecil untuk merayakannya di rumah.

    Lala bertanya kepada Dedi, "Dedi, pukul berapa sekarang?"

    Apa yang Lala ungkapkan?

    Berikut ini adalah terjemahan dari setiap pilihan jawaban.

    • She tells Dedi about time. - Dia (Lala) memberitahu waktu kepada Dedi.
    • She tells Dedi about date. - Dia (Lala) memberitahu tanggal kepada Dedi.
    • She asks Dedi about time. - Dia (Lala) menanyakan waktu kepada Dedi.
    • She asks Dedi about date. - Dia (Lala) menanyakan tanggal kepada Dedi.

    Pada dialog tersebut, terdapat ungkapan, "What time is it, Dedi?" yang disampaikan oleh Lala. Ungkapan tersebut bermakna, "Dedi, pukul berapa sekarang?" yang menunjukkan bahwa Lala menanyakan waktu kepada Dedi berdasarkan ungkapan tersebut.

    Maka, pilihan jawaban yang tepat adalah "She asks Dedi about time."

    2.

    Choose the correct answer.

    Mr. Anis:  What year did you quit your job as a loan officer?
    Mr. Faris: ...
    

    The correct answer to complete the dialog is ....

    A

    nineteen seventy-eight

    B

    nineteen eighty-nine

    C

    seventeen seventy-eight

    D

    seventeen eighty-nine

    Pembahasan:

    Terjemahan dari dialog dan pertanyaan di atas adalah sebagai berikut.

    Pilihlah jawaban yang benar!

    Pak Anis:  Pada tahun berapa Anda berhenti bekerja sebagai seorang petugas pinjaman?
    Pak Faris: ...
    

    Jawaban yang tepat untuk melengkapi dialog di atas adalah ....

    Berikut ini adalah terjemahan dari setiap pilihan jawaban di atas.

    • nineteen seventy-eight - 1978
    • nineteen eighty-nine - 1989
    • seventeen seventy-eight - 1778
    • seventeen eighty-nine - 1789

    Soal di atas menanyakan pada tahun berapa Pak Faris berhenti bekerja sebagai seorang petugas pinjaman. Untuk dapat menjawabnya, maka kita dapat melihat pada gambar yang berada di atasnya yang menunjukkan tahun 1789. Maka, dapat disimpulkan Pak Faris berhenti bekerja sebagai seorang petugas pinjaman bahwa pada tahun 1789 (seventeen eighty-nine).

    Jadi, jawaban tepat adalah, "seventeen eighty-nine".

    *Catatan:

    Tahun 1998 di atas dibaca dengan menyebutkan dua angka pertama kemudian diikuti dua angka terakhir maka menjadi "nineteen ninety-nine". Selain itu terdapat beberapa cara umum yang dapat digunakan saat kita membaca tahun.

    *Umumnya pembacaan tahun dibaca dua angka dua angka yaitu dengan menyebutkan dua angka pertama kemudian dilanjutkan dengan dua angka terakhir. Kita dapat melihatnya pada contoh berikut ini.


    Source: woodwardenglish.com

    *Sedangkan untuk tahun 2000 - 2010, umumnya dibaca seperti bilangan biasa. Misalnya seperti 2010 maka kita membacanya seperti bilangan biasa yaitu "dua ribu sepuluh" atau "two thousand and ten". Selain itu, kita dapat juga melihatnya pada gambar di bawah ini.

    Source: woodwardenglish.com

    *Terakhir, untuk tahun setelah 2010, terdapat dua versi dalam membaca tahunnya. Misalnya tahun 2014. Tahun 2014 merupakan tahun setelah 2010 dapat kita baca seperti bilangan biasa yaitu "dua ribu empat belas" yaitu "two thousand and fourteen". Atau kita dapat juga membaca dua angka dua angka pada tahun tersebut menjadi "twenty fourteen". Contoh lainnya dapat kita lihat pada gambar di bawah ini.

    Source: woodwardenglish.com

    Ingin coba latihan soal dengan kuis online?

    Kejar Kuis
    3.

    Read the following text and answer the question.

    Today is Sunday, tomorrow will be ....

    A

    Thursday

    B

    Tuesday

    C

    Monday

    D

    Friday

    Pembahasan:

    Terjemahan teks dan pertanyaaan sebagai berikut.

    Hari ini adalah hari Minggu, besok berarti hari ....

    Sedangkan berikut ini adalah terjemahan dari setiap pilihan jawaban.

    • Thursday - Kamis
    • Tuesday - Selasa
    • Monday - Senin
    • Friday - Jum'at

    Pembahasan

    Soal di atas menanyakan urutan hari. Berikut ini adalah urutan hari dalam satu minggu "Sunday, Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, Friday, Saturday" "Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at, Sabtu". Maka, hari ini adalah hari Minggu, besok berarti hari Senin (Monday).

    Jawaban yang tepat adalah, "Monday".



    4.

    Choose the correct answer.

    Mrs.Nugraha: What year did you build your house?
    Mrs. Woko  : ....
    

    The correct answer to complete the dialog is ....

    A

    nineteen ninety-nine

    B

    nineteen ninety-eight

    C

    eighteen ninety-eight

    D

    eighteen ninety-nine

    Pembahasan:

    Terjemahan dari dialog dan pertanyaan di atas adalah sebagai berikut.

    Mrs.Nugraha: Tahun berapa kamu membangun rumahmu?
    Mrs.Woko:    _______
    

    Jawaban yang tepat untuk melengkapi dialog di atas adalah ....

    Berikut ini adalah terjemahan dari setiap pilihan jawaban di atas.

    • nineteen ninety-nine - 1999
    • nineteen ninety-eight - 1998
    • eighteen ninety-eight - 1898
    • eighteen ninety-nine- 1899

    Pembahasan

    Soal di atas menanyakan pada tahun berapa Ibu Woko membangun rumah. Untuk dapat menjawabnya, maka kita dapat melihat pada gambar yang berada pada sebelah kanan yang menunjukkan tahun 1998. Maka, dapat disimpulkan bahwa pada tahun 1998 (nineteen ninety-eight).

    Jawaban tepat adalah, "nineteen ninety-eight".

    *Catatan:

    Tahun 1998 di atas dibaca dengan menyebutkan dua angka pertama kemudian diikuti dua angka terakhir maka menjadi "nineteen ninety-nine". Selain itu terdapat beberapa cara umum yang dapat digunakan saat kita membaca tahun.

    *Umumnya pembacaan tahun dibaca dua angka dua angka yaitu dengan menyebutkan dua angka pertama kemudian dilanjutkan dengan dua angka terakhir. Kita dapat melihatnya pada contoh berikut ini.


    Source: https://www.woodwardenglish.com/

    *Sedangkan untuk tahun 2000 - 2010, umumnya dibaca seperti bilangan biasa. Misalnya seperti 2010 maka kita membacanya seperti bilangan biasa yaitu "dua ribu sepuluh" atau "two thousand and ten". Selain itu, kita dapat juga melihatnya pada gambar di bawah ini.

    Source: https://www.woodwardenglish.com/

    *Terakhir, untuk tahun setelah 2010, terdapat dua versi dalam membaca tahunnya. Misalnya tahun 2014. Tahun 2014 merupakan tahun setelah 2010 dapat kita baca seperti bilangan biasa yaitu "dua ribu empat belas" yaitu "two thousand and fourteen". Atau kita dapat juga membaca dua angka dua angka pada tahun tersebut menjadi "twenty fourteen". Contoh lainnya dapat kita lihat pada gambar di bawah ini.

    Source: https://www.woodwardenglish.com/

    Ingin cari soal-soal HOTS?

    Soal HOTS
    5.

    Look at the following picture and answer the question.

    Source: canva.com

    Based on the picture above, when do some people have brunch?

    A

    In the early evening.

    B

    In the early morning.

    C

    In the late morning.

    D

    In the late evening.

    Pembahasan:

    Berikut ini terjemahan dari soal di atas.

    Lihatlah gambar berikut ini dan jawablah pertanyaannya!

    Soft Opening Bidjou Café dan Resto

    Brunch Khusus Weekend

    Mei 2 – 3, 2020

    9:30 – 11:00 AM

    2507 Jalan Snowbird

    Bellevue, NE, 68005

    Berdasarkan gambar di atas, kapan beberapa orang mengadakan brunch?

    Terjemahan dari setiap pilihan jawaban.

    • In the early evening. - Pada awal malam.
    • In the early morning. - Pada awal pagi
    • In the late morning. - Pada larut pagi
    • In the late evening. - Pada larut malam.

    Soal di atas menanyakan kapan orang-orang mengadakan brunch. Istilah brunch merupakan singkatan dari breakfast (makan pagi/sarapan) dan lunch (makan siang). Brunch juga dapat diartikan sebagai makanan yang dimakan antara sarapan dan makan siang. Istilah tersebut biasanya merujuk pada terlalu terlambat untuk disebut sarapan namun terlalu cepat untuk disebut makan siang. Berdasarkan istilah tersebut, maka brunch terjadi pada larut pagi (antara sarapan dan makan siang). Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah "In the late morning".

    6.

    Read the following dialog and answer the question.

    Mrs. Tia:  What time is it, Mr. Huda?
    Mr. Huda:  It is twenty past twelve. Do you have classes to teach?
    Mrs. Tia:  No. I’m waiting for Reni. She wants to borrow my mathematics book.
    Mr. Huda:  What a good student!
    Mrs. Tia:  Yes. She is very diligent.
    Mr. Huda:  The class is not over yet. She is probably going here right after the bell rings.
    

    Mrs. Tia and Mr. Huda are ….

    A

    students

    B

    teachers

    C

    principals

    D

    janitors

    Pembahasan:

    Berikut ini terjemahan dari dialog dan soal di atas.

    Bacalah dialog berikut ini dan jawablah pertanyaannya!

    Ibu Tia:    Pak Huda, pukul berapa sekarang?
    Bapak Huda: Sekarang pukul dua belas lewat dua puluh. Apakah Anda memiliki kelas untuk mengajar?
    Ibu Tia:    Tidak. Saya sedang menunggu Reni. Dia ingin meminjam buku matematika saya.
    Bapak Huda: Sungguh murid yang baik!
    Ibu Tia:    Ya. Dia sangat rajin.
    Bapak Huda: Kelas belum berakhir. Dia mungkin akan langsung ke sini setelah bel berbunyi.
    

    Ibu Tia dan Bapak Huda adalah seorang ....

    Di bawah ini adalah terjemahan dari setiap pilihan jawaban di atas.

    • students - murid
    • teachers - guru
    • principals - kepala sekolah
    • janitors - petugas kebersihan

    Soal di atas menanyakan pekerjaan/profesi dari Ibu Tia dan Bapak Huda. Untuk mengetahui profesi mereka, kita dapat menemukannya pada dua kalimat yang disampaikan oleh Pak Huda berikut ini. Kalimat pertama adalah "It is twenty past twelve. Do you have classes to teach?" yang bermakna "Sekarang pukul dua belas lewat dua puluh" sedangkan kalimat kedua adalah " What a good student!". Kalimat kedua mengandung arti "Sungguh murid yang baik!". Berdasarkan pada dua kalimat Pak Huda tersebut, dapat disimpulkan bahwa profesi dari Ibu Tiara dan Bapak Huda adalah seorang guru.

    Jadi, jawaban yang tepat adalah "teachers".

    Ingin cari soal-soal AKM?

    Hubungi Kami
    7.

    Eun-hye has started a neighborhood babysitting club. To split her earnings, she decided to base it according to how much time she has worked. Help her out by writing down what time she started, what time she finished, and how much time she worked based on the following picture.

    The correct answer to complete point (II) is ....

    A

    five past four 

    B

    twenty-five past two 

    C

    five to four 

    D

    twenty-five to two 

    Pembahasan:

    Berikut ini terjemahan dari soal di atas.

    Eun-hye telah memulai mengikuti kelompok pengasuhan/penjagaan bayi di lingkungannya. Untuk membagi penghasilannya, dia memutuskan untuk mendasarkannya sesuai dengan berapa banyak waktu dia telah bekerja. Bantu dia dengan menuliskan jam berapa dia mulai, jam berapa dia selesai, dan berapa lama dia bekerja berdasarkan gambar berikut ini.

    Jawaban yang paling tepat untuk melengkapi poin (II) adalah ....

    Berikut ini adalah terjemahan setiap pilihan jawaban.

    • five past four - 4:05
    • twenty-five past two - 2:25
    • five to four - 3:55
    • twenty-five to two - 1:35

    Sebelum menjawab pertanyaan, mohon perhatikan gambar berikut ini.

    Source: ego4u.com

    Pada gambar di atas dapat dilihat bahwa:

    • untuk menit 01-30 maka menggunakan “past” yang bermakna "lewat" Misalnya 9.12 (Twelve minutes past nine/Twelve past nine)
    • untuk menit 31-59 maka menggunakan “to“ yang bermakna "kurang" Misalnya: 7.50 (Ten minutes to eight/ Ten to eight)
    • jika lebih 15 menit/ ketika jarum jam panjang berada di angka 3 berarti, "a quarter past ..." Misalnya: 2.15 (A quarter past two)
    • jika kurang 15 menit/ketika jarum jam panjang berada di angka 9 berartia quarter to ...”. Misalnya: 9.45 (A quarter to ten)
    • jika 30 menit/ketika jarum panjang berada pada angka 6 berarti “A half/half past ...” Misalnya: 6.30 (A half past six)
    • jika jarum panjang berada pada angka 12, kita bisa menggunakan kata "o’clock". Misalnya 5.00 (five o’clock), 7.00 (seven o’clock).

    Untuk dapat menemukan jawaban pada poin (II), kita harus menentukan waktu Eun-hye selesai mengasuh bayi di lingkungannya. Pada gambar jam di atas, jarum pendek mengarah pada angka 4 sedangkan jarum panjang menunjuk ke angka 1. Jarum panjang di angka 1 menunjukkan lebih 5 menit. Oleh karena itu, jam tersebut menunjukkan pukul 4 lebih 5 menit atau 4:05. Merujuk pada aturan penamaan waktu di atas, untuk menit 01-30 maka menggunakan “past” yang bermakna "lewat". Maka , pukul 4 lebih 5 menit atau 4:05, kita menyebutnya “Five past four”.

    8.

    Look at the following picture and answer the question.

    Source: canva.com

    What will you find if you arrive at Marina City Public Information office at half past nine?

    A

    Some people provide health services to the visitors.

    B

    Some people sell their items to the visitors.

    C

    Some people have window-shopping around the office.

    D

    Some people release warning messages, public information, and safety.

    Pembahasan:

    Berikut ini terjemahan dari soal di atas.

    Lihatlah gambar berikut ini dan jawablah pertanyaannya!

    Apa yang akan kamu temukan jika kamu tiba di kantor informasi publik kota Marina pukul setengah sepuluh?

    Di bawah ini adalah terjemahan dari soal di atas.

    • Some people provide health services to the visitors. - Beberapa orang menyediakan layanan kesehatan kepada para pengunjung.
    • Some people sell their items to the visitors. - Beberapa orang menjual barang mereka kepada pengunjung.
    • Some people have window-shopping around the office. - Beberapa orang berjalan-jalan di sekitar kantor.
    • Some people release warning messages, public information, and safety. - Beberapa orang mengeluarkan pesan peringatan, informasi publik, dan keamanan.

    Soal di atas menanyakan apa yang akan kita temukan saat kita tiba di kantor informasi publik kota Marina pukul setengah sepuluh/ 9:30. Pada pukul 9:30 kantor informasi publik telah membuka layanan operasinya karena kantor tersebut buka pada pukul 9:00. Layanan operasi yang biasanya dikerjakan berkaitan dengan penyampaian informasi kepada masyarakat umum sesuai dengan nama kantor tersebut. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa saat kita sampai pada pukul 9:30, para pekerja atau orang-orang yang berada di sana sedang bekerja menyampaikan informasi agar diketahui oleh publik.

    Maka, dari keempat pilihan jawaban yang ada, jawaban yang tepat adalah "Some people release warning messages, public information, and safety".

    Ingin tanya tutor?

    Tanya Tutor
    9.

    Eun-hye has started a neighborhood babysitting club. To split her earnings, she decided to base it according to how much time she has worked. Help her out by writing down what time she started, what time she finished, and how much time she worked based on the following picture.

    If she is paid for this work 1.000 per minute, the correct answer for point (IV) will be ....

    A

    60.000

    B

    160.000

    C

    100.000

    D

    61.000

    Pembahasan:

    Berikut ini terjemahan dari soal di atas.

    Eun-hye telah memulai mengikuti kelompok pengasuhan/penjagaan bayi di lingkungannya. Untuk membagi penghasilannya, dia memutuskan untuk mendasarkannya sesuai dengan berapa banyak waktu dia telah bekerja. Bantu dia dengan menuliskan jam berapa dia mulai, jam berapa dia selesai, dan berapa lama dia bekerja berdasarkan gambar berikut ini.

    Jika dia dibayar atas pekerjaannya 1.000 selama satu menit, jawaban yang paling tepat untuk melengkapi poin (IV) adalah ....

    Sebelum menjawab pertanyaan, mohon perhatikan gambar berikut ini.

    Source: ego4u.com

    Pada gambar di atas dapat dilihat bahwa:

    • untuk menit 01-30 maka menggunakan “past” yang bermakna "lewat" Misalnya 9.12 (Twelve minutes past nine/Twelve past nine)
    • untuk menit 31-59 maka menggunakan “to“ yang bermakna "kurang" Misalnya: 7.50 (Ten minutes to eight/ Ten to eight)
    • jika lebih 15 menit/ ketika jarum jam panjang berada di angka 3 berarti, "a quarter past ..." Misalnya: 2.15 (A quarter past two)
    • jika kurang 15 menit/ketika jarum jam panjang berada di angka 9 berartia quarter to ...”. Misalnya: 9.45 (A quarter to ten)
    • jika 30 menit/ketika jarum panjang berada pada angka 6 berarti “A half/half past ...” Misalnya: 6.30 (A half past six)
    • jika jarum panjang berada pada angka 12, kita bisa menggunakan kata "o’clock". Misalnya 5.00 (five o’clock), 7.00 (seven o’clock).

    Untuk dapat menemukan jawaban pada poin (IV) mengenai berapa upah yang didapatkan Eun-hye bekerja, kita harus mengetahui lamanya waktu Eun-hye bekerja. Durasi Eun-hye bekerja dapat ditentukan dengan mengitung selisih waktu antara waktu Eun selesai mengerjakan tugasnya yaitu 4:05 dengan waktu memulai mengasuh bayi yaitu pukul 2:25. Oleh karena itu, selisih waktunya adalah 1 jam 40 menit. Jika pada soal di atas diketahui setiap satu menit Eun-hye dibayar 1.000, maka kita harus mengubah selisih waktu dalam bentuk menit. 1 jam 40 menit setara dengan 60 menit + 40 menit = 100 menit.

    Total upah yang didapatkan Eun-hye adalah 100 x 1.000 = 100.000

    Jadi, jawaban yang tepat adalah “100.000".

    10.

    Read the following text and answer the question.

    The pictures of time below show some daily activities done by Surya. Based on the text above, choose the correct picture which shows time Surya arrives at school.

    A

    Source: https://www.k5learning.com/

    B

    Source: https://www.math-salamanders.com/

    C

    Source: https://www.k5learning.com/

    D

    Source: https://www.math-salamanders.com/

    Pembahasan:

    Berikut ini adalah terjemahan dari teks dan pertanyaan di atas.

    Bacalah teks berikut ini dan jawablah pertanyaan.

    Aktivitas Harian Surya

    Hai, semuanya. Aku Surya, seorang siswa yang berasal dari Surabaya. Aku sangat sibuk karena aku mempunyai banyak aktivitas dalam satu hari.

    Setiap Senin, aku bangun tidur pada pukul 7 pagi. Kemudian, aku pergi ke kamar mandi dan mandi. Setelah itu, aku turun ke bawah ke ruang makan dan makan pagi bersama keluargaku. Aku meninggalkan rumah pada pukul 8.15 pagi dan berangkat ke sekolah menggunakan sepeda. Perjalanan menuju ke sekolah menempuh waktu 30 menit dari rumahku. Aku belajar di sekolah mulai pukul 9.00 pagi sampai 3.30 sore hari. Saat jam makan siang, aku makan ikan goreng tepung. Setelah pulang sekolah, aku pergi ke taman dan bermain bola basket bersama teman-temanku selama satu jam. Kemudian, aku pulang ke rumah dan mengerjakan tugas sekolahku. Aku makan malam pada pukul 7.20 malam hari. Setelah makan malam, aku biasanya belajar, sedangkan ayahku membaca majalah dan ibuku merajut sebuah sweater. Pada akhirnya, saya pergi tidur kira-kira pada pukul 10 kurang 15 menit atau 9.45.

    Gambar waktu berikut ini menunjukkan beberapa aktivitas harian yang dilakukan oleh Surya. Berdasarkan teks di atas, pilihlah gambar yang benar yang menunjukkan waktu Surya sampai/tiba di sekolah.

    Sedangkan, terjemahan pilihan jawaban dari soal di atas adalah sebagai berikut.

    • Jarum jam pendek mengarah pada angka di antara 4 dan 5 sedangkan jarum jam panjang mengarah pada angka 6, maka, gambar di atas menunjukkan pukul 4.30.
    • Jarum jam pendek mengarah pada angka di antara 8 sedangkan jarum jam panjang mengarah pada angka 9, maka, gambar di atas menunjukkan pukul 8.45.
    • Jarum jam pendek mengarah pada angka di antara 3 dan 4 sedangkan jarum jam panjang mengarah pada angka 6, maka, gambar di atas menunjukkan pukul 3.30.
    • Jarum jam pendek mengarah pada angka di antara 10 sedangkan jarum jam panjang mengarah pada angka 9, maka, gambar di atas menunjukkan pukul 10.45.

    Pembahasan

    Soal di atas menanyakan gambar yang tepat atau waktu yang benar yang menunjukkan Surya sampai/tiba di sekolah. Untuk dapat menjawab pertanyaan di atas maka kita dapat menemukannya pada paragraf kedua pada kalimat berikut ini, "I leave home at a quarter past eight and I go to school by bicycle. It takes me about 30 minutes from my house to my school." yang bermakna "Aku meninggalkan rumah pada pukul 8.15 pagi dan berangkat ke sekolah menggunakan sepeda. Perjalanan menuju ke sekolah menempuh waktu 30 menit dari rumahku." Berdasarkan kalimat tersebut, maka waktu yang ditempuh Surya adalah 8.15 + 30 menit = 8.45.

    Merujuk pada gambar yang berada di pilihan jawaban, maka gambar yang tepat adalah ketika jarum jam pendek mengarah ke angka 8 dan jarum jam panjang mengarah ke angka 9.

    Berikut ini adalah gambar dari jawaban yang tepat.

    Source: https://www.math-salamanders.com/

    Daftar dan dapatkan akses ke puluhan ribu soal lainnya!

    Buat Akun Gratis