Contoh Soal

Keruangan dan Interaksi Antarruang di Indonesia – IPS SMP

Sampel materi untuk guru yang ingin cari soal latihan. Temukan bank soal lengkap dan update dengan cara mendaftar gratis. Kirim soal-soal ini ke murid di kelas Bapak/Ibu Guru lewat Google Classroom, dalam bentuk kuis online, tautan kuis, file kuis, atau cetak langsung!

Daftar
Daftar untuk membagikan
    1.

    Stratifikasi sosial masyarakat kota dilihat berdasarkan ....

    A

    kekayaan

    B

    tempat tinggal

    C

    kepemilikan tanah

    D

    status bangsawan

    Pembahasan:

    Berdasarkan letak geografis, Indonesia terbagi menjadi masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan. Perbedaan masyarakat kota dan desa salah satunya dapat dilihat berdasarkan stratifikasi sosial. Menurut Pitirim Sorokin, seorang sosiolog, stratifikasi sosial merupakan perbedaan penduduk ke dalam lapisan-lapisan kelas secara bertingkat (hierarki).

    Masyarakat di desa memiliki stratifikasi sosial yang dilihat dari banyaknya kepemilikan tanah dan status sosialnya sebagai bangsawan. Sementara masyarakat kota memiliki stratifikasi sosial yang dilihat dari kekayaan, pendidikan tinggi, dan status sosial yang tinggi.

    Berdasarkan penjelasan tersebut, maka stratifikasi sosial masyarakat kota pada soal di atas adalah dilihat dari kekayaan.

    2.

    Salah satu iklim yang ada di Indonesia adalah ....

    A

    iklim musim

    B

    iklim dingin

    C

    iklim sedang

    D

    iklim subtropis

    Pembahasan:

    Letak geografis Indonesia berpengaruh terhadap kondisi alam yaitu iklim, flora dan faunanya. Iklim di Indonesia terdiri dari 3, yaitu iklim musim, iklim tropis (iklim panas) dan iklim laut.

    • Iklim Musim (Monsun) terjadi karena pengaruh angin monsun yang bertiup berganti arah tiap setengah tahun sekali. Angin monsun di Indonesia terbagi menjadi angin monsun barat laut dan tenggara (dikenal sebagai monsun timur). Angin monsun barat laut bertiup antara bulan Oktober sampai April dan bersifat basah, sehingga mengakibatkan musim penghujan. Sedangkan angin monsun tenggara bertiup antara bulan April sampai Oktober dan bersifat kering sehingga mengakibatkan musim kemarau.
    • Iklim Tropis/Tropika (Iklim Panas) terjadi karena Indonesia terletak pada garis Khatulistiwa. Suhu pada iklim tropis tetap, relatif konstan sepanjang tahun dan variasi musiman didominasi oleh turunnya hujan. Wilayah Indonesia yang dilewati garis khatulistiwa adalah Pontianak, Kota Bonjol, Kota Bontang, Lintas Riau, Riau, Kepulauan Batu, Kepulauan Lingga, Sulawesi Tengah, Kepulauan Kayoa, Pulau Gebe dan Pulau Amberi.
    • Iklim Laut terjadi karena sebagian besar daratan di wilayah Indonesia dikelilingi oleh laut/samudra. Sifat iklim laut adalah lembab dan banyak mendatangkan hujan.

    Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang benar mengenai salah satu iklim yang ada di Indonesia pada soal di atas adalah iklim musim (monsun). Sementara iklim dingin, iklim sedang dan iklim subtropis terletak di wilayah negara lain di berbagai benua.

    Ingin coba latihan soal dengan kuis online?

    Kejar Kuis
    3.

    Suku terbesar kedua di Indonesia adalah ....

    A

    suku Jawa

    B

    suku Sunda

    C

    suku Dayak

    D

    suku Batak

    Pembahasan:

    Indonesia adalah negara kepulauan yang tidak hanya memiliki keanekaragaman alam, tetapi juga suku dan budaya. Suku bangsa yang ada di Indonesia, tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Satu pulau terdiri dari beragam suku bangsa. Sensus penduduk pada tahun 2010, menyatakan bahwa Indonesia memiliki 1.128 suku bangsa.

    Dari jumlah suku bangsa tersebut, ada beberapa suku yang jumlahnya cukup besar di Indonesia. Suku terbesar di Indonesia adalah suku Jawa, sedangkan suku kedua terbesar adalah suku Sunda. Mayoritas masyarakat suku Sunda ada di Jawa Barat dan sebagiannya lagi tersebar di beberapa wilayah Indonesia lainnya. Sementara itu, suku-suku selain suku Jawa dan Sunda memiliki perbedaan jumlah suku yang tidak terlalu jauh.

    4.

    Hewan di Indonesia yang termasuk dalam jenis fauna Peralihan adalah ....

    A

    kancil

    B

    biawak

    C

    trenggiling

    D

    burung kasuari

    Pembahasan:

    Indonesia memiliki 300.000 jenis spesies fauna yang tersebar di seluruh wilayah. Jumlah tersebut termasuk dalam 17% total dari jenis fauna di dunia. Fauna di Indonesia dikelompokkan menjadi 3 yaitu fauna Asiatis, fauna Australiatis dan fauna Peralihan.

    Fauna Peralihan adalah hewan yang berada di wilayah peralihan dari fauna Australiatis dan Asiatis. Wilayah ini berada di antara Indonesia Timur dan Barat yaitu Pulau Sulawesi, Kepualuan Maluku, dan Nusa Tenggara. Di pulau Sulawesi terdapat kera (fauna Australiatis) dan kuskus (fauna Asiatis). Hewan-hewan yang termasuk fauna peralihan adalah:

    • Biawak dan komodo, hewan ini dapat ditemui di NTT dan Pulau Komodo
    • Anoa, hewan ini dapat ditemui di Pulau Sulawesi
    • Babi rusa, hewan ini termasuk dalam spesies endemik dan dapat ditemui di Pulau Sulawesi dan Maluku bagian barat. Babi rusa memiliki taring panjang dan melengkung yang sering digunakan untuk pencari makanan.
    • Burung maleo, hewan ini termasuk burung langka karena hanya bisa ditemui di Sulawesi dan Kepulauan Sangihe.

    Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang benar mengenai hewan di Indonesia yang termasuk dalam jenis fauna Peralihan pada soal di atas adalah biawak. Sementara itu, kancil dan trenggiling termasuk jenis fauna Asiatis, sedangkan burung kasuari termasuk jenis fauna Australiatis.

    Ingin cari soal-soal HOTS?

    Soal HOTS
    5.

    Globe bermanfaat dalam memberikan informasi, salah satunya adalah ....

    A

    menjelaskan terjadinya siang dan malam

    B

    menunjukkan lokasi kota, sungai, dan danau

    C

    membandingkan perbedaan relief antarwilayah

    D

    menunjukkan bentuk penampakan gunung, sungai, dan benua

    Pembahasan:

    Globe merupakan tiruan bola bumi dalam bentuk kecil. Globe memiliki bentuk bola dan menggambarkan bumi yang bulat. Permukaan globe menggambarkan penampakan yang terdapat di permukaan bumi, sehingga globe menjadi miniatur yang menggambarkan bentuk bumi yang sebenarnya.

    Secara umum, globe memiliki manfaat dalam memberikan informasi geografis berikut.

    • Menggambarkan gerak rotasi.
    • Menjelaskan terjadinya siang dan malam.
    • Menggambarkan letak garis lintang dan garis bujur, letak ekuator, letak bujur 180⁰ dalam bentuk tiga dimensi, dan letak kutub.
    • Mengetahui perbedaan waktu di bumi.
    • Menggambarkan letak dan luas suatu daerah, negara, laut, dan benua dengan lebih akurat.
    • Menjelaskan proses gerhana matahari dan gerhana bulan.
    • Mengetahui perbedaan iklim melalui garis lintang.

    Berdasarkan penjelasan tersebut, maka yang termasuk manfaat globe dalam memberikan informasi adalah menjelaskan terjadinya siang dan malam.


    *Menunjukkan lokasi kota, sungai, dan danau → merupakan fungsi atlas.

    *Membandingkan perbedaan relief antarwilayah → merupakan fungsi atlas.

    *Menunjukkan bentuk penampakan gunung, sungai, dan benua → merupakan fungsi peta.

    6.

    Bentuk perubahan orientasi mata pencaharian masyarakat yang pindah ke wilayah perkotaan adalah ....

    A

    dari petani beralih menjadi pekerja pabrik

    B

    dari petani beralih jadi penjual hasil pertanian

    C

    dari peternak ikan beralih menjadi peternak ayam

    D

    dari pedagang toko sembako beralih menjadi pedagang alat elektronik

    Pembahasan:

    Pada umumnya, setiap orang memiliki orientasi mata pencaharian masing-masing berdasarkan kepentingan ekonomi. Ada yang tetap bertahan dengan pekerjaan yang sama, ada pula yang mulai meninggalkan dunia pekerjaannya dan beralih ke profesi lain.

    Wilayah tempat tujuan pergerakan penduduk, umumnya memiliki berbagai jenis pekerjaan dan berkaitan dengan kebutuhan akan barang serta jasa. Berdasarkan orientasi pekerjaan di wilayah kota, terjadi perubahan yaitu sebelumnya masyarakat berorientasi pada sumber daya alam seperti petani/peternak, kini beralih profesi menjadi penyedia jasa/pegawai suatu perusahaan yang tidak lagi berorientasi pada sumber daya alam.

    Berdasarkan penjelasan tersebut, maka bentuk perubahan orientasi mata pencaharian masyarakat yang pindah ke wilayah perkotaan pada soal di atas adalah dari petani beralih menjadi pekerja pabrik.


    *Sementara itu, dari petani beralih jadi penjual hasil pertanian, dari peternak ikan beralih menjadi peternak ayam, dan dari pedagang toko sembako beralih menjadi pedagang alat elektronik tidak menunjukkan adanya perubahan orientasi mata pencaharian. Semua masih sama-sama bergerak di bidang pertanian, peternakan, dan perdagangan.

    Ingin cari soal-soal AKM?

    Hubungi Kami
    7.

    Berikut ini yang merupakan konektivitas antarruang dan interaksi sosial adalah .... 

    A

    melakukan kegiatan olahraga di rumah 

    B

    melakukan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah 

    C

    melakukan perbincangan dengan tetangga rumah 

    D

    antardaerah melakukan tukar-menukar barang yang dibutuhkan 

    Pembahasan:

    Ruang dapat menjadi tempat interaksi antarindividu, individu dengan kelompok, dan antarkelompok. Interaksi sosial terjadi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dulu, manusia memenuhi kebutuhan dengan berburu dan mengumpulkan makanan yang dibutuhkan, lalu berkembang menjadi kegiatan bercocok tanam dan memelihara hewan untuk dikonsumsi.

    Setiap daerah memiliki perbedaan sumber daya alam, sehingga tidak semua daerah memiliki sumber daya alam tersebut. Maka, untuk memenuhi kebutuhan, manusia mencari di daerah lain yang memilikinya. Konektivitas antarruang dan interaksi sosial terjadi ketika antardaerah melakukan tukar-menukar barang yang dibutuhkan. Dulu pertukaran barang terjadi secara barter (tukar-menukar barang), sekarang pertukaran barang menggunakan alat pembayaran berupa uang.

    Berdasarkan penjelasan tersebut, maka yang merupakan konektivitas antarruang dan interaksi sosial pada soal di atas adalah antardaerah melakukan tukar-menukar barang yang dibutuhkan. 

    8.

    Sumber: liputan6.com

    Sumber daya alam pada gambar di atas memiliki beberapa manfaat, kecuali ....

    A

    dapat mencegah abrasi pantai

    B

    dapat menjadi objek wisata bahari

    C

    sebagai bahan dasar pembuatan garam

    D

    sumber obat-obatan dan budi daya rumput laut

    Pembahasan:

    Gambar di atas merupakan salah satu sumber daya alam yang ada di perairan laut Indonesia yaitu terumbu karang. Terumbu karang (coral reefs) adalah masyarakat organisme yang hidup di dasar perairan laut.

    Terumbu karang sebagian besar dapat kita temui di perairan laut dangkal terutama daerah tropis. Hal tersebut dikarenakan ada terumbu karang yang hidup karena cahaya matahari dengan kedalaman laut 50 meter. Adapun terumbu karang di bawah laut yang tetap hidup tanpa cahaya matahari, namun tidak bersimbiosis/membentuk karang.

    Terumbu karang terdiri dari jenis karang yang membuat kerangka kapur dari karbonat, kalsium, dan organisme lain yang hidup di karang tersebut.

    Di Indonesia, terumbu karang sebagian besar berada di bagian tengah seperti Bali, Sulawesi, dan Lombok. Selain itu, terumbu karang juga dapat ditemukan di perairan laut Pulau Jawa, Kepulauan Riau, Papua, serta pantai barat dan ujung barat daya Pulau Sumatra.

    Terumbu karang memiliki beberapa manfaat yaitu:

    • Potensi sektor perikanan. Ikan yang hidup di terumbu karang memiliki nilai ekonomis tinggi contohnya ikan kerapu. Selain ikan, terumbu karang juga bermanfaat sebagai rumah bagi berbagai jenis makhluk hidup laut lainnya.
    • Sumber obat-obatan dan budidaya rumput laut. Terumbu karang tumbuh dengan berbagai jenis rumput laut sehingga sering digunakan sebagai bahan makanan ringan dan obat-obatan.
    • Tempat wisata bahari. Keindahan dan keunikan terumbu karang menjadi salah satu daya tarik tersendiri dan menjadi lokasi favorit para pengunjung yang ingin melihat keindahan bawah laut.
    • Penghalang pantai untuk mencegah terjadinya abrasi pantai. Terumbu karang menahan dan memecah gelombang sehingga mencegah abrasi dan kerusakan di sekitarnya. Abrasi adalah pengikisan pantai akibat gelombang laut. Jika abrasi terus dibiarkan, maka pantai akan rusak dan tidak bisa digunakan sebagai tempat wisata. Di sisi lain, abrasi yang terjadi terus menerus, membuat air laut akan mulai membanjiri daerah pantai.

    Berdasarkan penjelasan tersebut, maka yang tidak termasuk dalam manfaat terumbu karang adalah sebagai bahan dasar pembuatan garam. Garam dihasilkan dari penguapan air laut dan diolah oleh manusia di pesisir pantai.

    Ingin tanya tutor?

    Tanya Tutor
    9.

    Berikut contoh perubahan komposisi penduduk yang diakibatkan oleh interaksi antarruang, kecuali ....

    A

    petani pindah ke wilayah lain yang memiliki lahan luas

    B

    pekerja wanita semakin bertambah di suatu wilayah

    C

    pegawai perusahaan diangkat menjadi manajer

    D

    suatu wilayah yang awalnya hanya 1 suku asli menjadi banyak etnik

    Pembahasan:

    Interaksi antarruang dapat disebabkan oleh perpindahan penduduk. Perpindahan penduduk dapat mengubah komposisi penduduk pada suatu wilayah, karena setiap masyarakat memiliki latar belakang yang berbeda dengan masyarakat di wilayah lain.

    Sebelum terjadi perpindahan penduduk, suatu wilayah berisi penduduk yang homogen/seragam, namun sejak perpindahan penduduk terjadi, maka masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut menjadi heterogen/beragam. Perubahan komposisi penduduk dapat dilihat dari segi usia, jenis kelamin, pekerjaan, suku/etnik, agama, dan pendidikan.

    Beberapa contoh yang menggambarkan perubahan komposisi penduduk adalah sebagai berikut.

    • Pekerja wanita semakin bertambah di suatu wilayah
    • Petani pindah ke wilayah lain yang memiliki lahan luas
    • Suatu wilayah yang awalnya hanya 1 suku asli menjadi banyak etnik karena kedatangan penduduk dari daerah lain.
    • Suatu wilayah yang awalnya terdiri dari agama yang sama, mulai memiliki warga yang agamanya beragam.
    • Suatu wilayah lebih banyak dihuni masyarakat usia muda karena menjadi pusat ekonomi dan hiburan.
    • Warga di suatu wilayah memiliki pekerjaan yang berbeda-beda karena adanya perkembangan industri, seperti pedagang, pegawai, atau penyedia jasa.
    • Warga dengan lulusan sarjana di suatu wilayah bertambah karena terbukanya akses pendidikan ke wilayah lainnya.

    Berdasarkan penjelasan tersebut, maka yang tidak termasuk contoh perubahan komposisi penduduk yang diakibatkan oleh interaksi antarruang adalah pegawai perusahaan diangkat menjadi manajer.

    10.

    Contoh konsep saling melengkapi yang menyebabkan terjadinya interaksi antarwilayah adalah .... 

    A

    kota A dan kota B memiliki jarak yang jauh secara transportasi 

    B

    kota A merupakan penghasil buah, sedangkan kota B penghasil sayur 

    C

    kota A merupakan produsen perhiasan dan akan menjualnya ke seluruh dunia 

    D

    kota A dan kota B memiliki lokasi yang lebih dekat dan murah secara transportasi 

    Pembahasan:

    Setiap daerah memiliki sumber daya alam yang berbeda-beda, sehingga dapat memunculkan interaksi antarwilayah dalam memenuhi kebutuhan manusia. Menurut Edward L. Ullman, seorang ahli geografi dari AS, terdapat 3 konsep yang dapat menjelaskan interaksi antar wilayah yaitu kesempatan antara (intervening opportunities), kemudahan transfer (transfersbility), dan saling melengkapi (complementary).

    Saling melengkapi berkaitan dengan dua wilayah yang memiliki hal yang dibutuhkan wilayah lain, begitupun sebaliknya. Contohnya, wilayah A penghasil sayur dan wilayah B penghasil buah, maka akan terjadi interaksi antar kedua wilayah tersebut karena saling membutuhkan sayur dan buah.

    Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang benar mengenai contoh konsep saling melengkapi yang menyebabkan interaksi antarwilayah pada soal di atas adalah kota A merupakan penghasil buah, sedangkan kota B penghasil sayur. 

    Daftar dan dapatkan akses ke puluhan ribu soal lainnya!

    Buat Akun Gratis