Bacalah penggalan cerpen berikut!
Aku punya satu kupu-kupu. Parasnya sangat indah. Karena aku hanya memiliki satu kupu-kupu, maka kupu-kupu itu sangat berharga bagiku. Parasnya memang sangat cantik, tetapi dia lemah, dia selalu ingin pergi terbang jauh, dia juga ceria.
Namaku Captain Chonlanthron, nama lengkapku Chonlanthorn Kongyiyong. Lahir di Bangkok, 2 Februari 1998. Dan kupu-kupu itu adalah adik perempuanku, satu-satunya adik yang aku punya. Dia Capella Chanlanthorn, nama lengkapnya Chanlanthorn Kongyiyong. Lahir di Bangkok, 4 Februari 2002. Sejak dia masih menjadi telur hingga menjadi kupu-kupu aku sangat dekat dengannya.
(Sumber: Kupu-Kupu oleh Nursalsabiil Herdyana http://cerpenmu.com/cerpen-keluarga/kupu-kupu.html)
Kata yang dicetak miring dalam penggalan cerpen tersebut memiliki makna ....
A
hewan yang memiliki paras indah
B
adik perempuan dari tokoh "aku"
C
kakak dari Captain Chonlanthron
D
serangga yang mampu terbang
Pembahasan:
Kata yang dicetak miring dalam penggalan cerpen tersebut adalah kupu-kupu dalam kalimat:
Dan kupu-kupu itu adalah adik perempuanku, satu-satunya adik yang aku punya.
Dapat disimpulkan dari kalimat di atas kalau kupu-kupu yang dimaksud adalah adik perempuan dari tokoh "aku". Perumpamaan kupu-kupu digunakan untuk menggambarkan sang adik perempuan karena dianggap memiliki sifat-sifat yang sama, yaitu sangat cantik, lemah, selalu ingin pergi terbang jauh, ceria.
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?
Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?
Ayo daftar untuk mendapatkan 44.647 soal latihan!
Soal Populer Hari Ini
Baca teks berikut ini dengan cermat.
Melisa, Siswa SD Berprestasi Meski Menulis Hanya Menggunakan Kaki
Melisa Diana Putri adalah seorang siswi difabel di SDN Tukul II Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Melisa duduk di kelas 8. Ia bercita-cita menjadi guru. Semangatnya sangat tinggi meski ia belajar dan beraktivitas menggunakan kaki.
Melisa mengikuti pelajaran di sekolah bersama teman-temannya seperti biasa. Namun saat menulis di buku tulis, dia menggunakan jari kaki. Oleh sekolah, meja khusus dia menulis dibuat lebih rendah dari tubuhnya. Saat menulis di papan tulis untuk mengerjakan tugas dari guru, ia juga menggunakan kaki. Kaki kirinya menopang tubuh agar seimbang, sementara kaki kanannya lincah menulis di papan tulis. Meski menggunakan kaki sejak lahir, tulisan Melisa rapi.
Meskipun memiliki keterbatasan fisik, Melisa sangat tekun dalam belajar. Ia sangat bersemangat meraih prestasi dan nilai baik. Menurut pengakuan gurunya, Melisa memang sangat jago matematika. Selain itu, Melisa juga hobi membaca. Buku apa pun dia baca. Melisa mengaku, ia membaca buku untuk memperluas wawasan.
Menurut Tri Adi Nurfeni, guru Bahasa Indonesia, Melisa meraih cukup banyak prestasi. Melisa pernah juara lomba baca, tulis dan hitung tingkat kecamatan, dan ditunjuk menjadi duta sekolah karena pengetahuannya yang bagus. Berkat pencapaian Melisa, Wakil Bupati Timbul Prihanjoko mengunjungi Melisa di sekolah. Joko, panggilan akrab Wakil Bupati Probolinggi, terharu melihat semangat Melisa untuk meraih cita-cita. Joko dan sejumlah pejabat Pemkab Probolinggo memberi sejumlah bantuan untuk kelanjutan belajar Melisa.
Melisa menjadi bukti bahwa keterbatasan fisik tidak menghalangi seseorang dalam meraih prestasi. Berkat ketekunan dalam belajar, Melisa dapat menghilangkan keterbatasan-keterbatasan itu tadi.
(Sumber: Kompas.com, dengan penyesuaian)
Bentuk empati dari pihak sekolah kepada Melisa adalah ....
Hasil dari:
Berdasarkan sifat peristiwanya, teks cerita inspiratif dibagi menjadi dua, yaitu ....
Hasil dari adalah ....
Cermati penggalan pidato persuasif berikut!
Hadirin yang terhormat, seperti pemaparan saya mengenai bahaya dan dampak dari pergaulan bebas yang dapat merusak masa depan generasi penerus bangsa, maka sepatutnya kita melakukan tindakan preventif agar hal tersebut tidak terjadi pada diri kita maupun orang-orang di sekitar kita.
Kata teknis preventif dalam penggalan pidato tersebut berarti ....