Bank Soal Biologi SMA Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan

Soal

Pilihan Ganda

Dewa melakukan praktikum dengan menggunakan kecambah. Kecambah diletakan pada posisi miring lalu didiamkan tumbuh. Setelah beberapa hari, Dewa datang untuk mengukur pertumbuhan tanaman, namun Dewa menemukan bahwa tunas kecambah tumbuh membengkok ke arah atas sedangkan akar tumbuh membengkok ke arah bawah. Mengapa hal ini terjadi?

A

Karena adanya pengaruh gravitasi sehingga muncul respons gravitasi positif pada akar dan gravitasi negatif pada tunas.

B

Karena adanya pengaruh sentuhan sehingga tunas dan akar tumbuh ke arah yang berlawanan.

C

Karena adanya pengaruh dari cahaya matahari sehingga tunas tumbuh ke arah atas (matahari) sedangkan akar tumbuh ke bawah.

D

Karena adanya pengaruh air sehingga akar akan bergerak ke bawah mencari sumber air.

E

Karena adanya pengaruh organisme parasit dan herbivora yang berbahaya bagi pertumbuhan.

Pembahasan:

Tumbuhan yang diletakan pada posisi miring oleh Dewa menghasilkan pertumbuhan tunas ke arah atas sedangkan akar tumbuh membengkok ke arah bawah karena adanya pengaruh gravitasi sehingga muncul respons gravitasi positif pada akar dan gravitasi negatif pada tunas. Pada tumbuhan terdapat pengendapan statolit di sel tudung akar sehingga mampu mengetahui gravitasi. Statolit merupakan plastida khusus yang mengandung butiran pati padat. Pengendapan statolit pada titik terendah tudung akar membuat auksin terdistribusi dan menyebabkan pemanjangan akar sehingga akar akan membengkok ke bawah.


*Pengaruh sentuhan terjadi pada tanaman anggur dan tanaman mentimun yang diberikan penopang. Sulur pada tanaman akan memberikan respon berupa lilitan pada penopang tersebut.

*Pengaruh cahaya pada tanaman dapat terlihat pada laju pertumbuhan tanaman. Jika tanaman diletakkan pada tempat yang gelap/kekurangan cahaya maka pertumbuhan akan lebih cepat (etiolasi).

*Pengaruh air pada pertumbuhan tanaman dapat terlihat jelas pada kondisi tanaman. Apabila tanaman kekurangan air maka akan terlihat layu, begitupun sebaliknya.

*Pengaruh organisme parasit dan herbivora dapat menjadi ancaman bagi tanaman karena keduanya dapat menyebabkan tanaman mati.

K13 Kelas XII Biologi Biologi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan Skor 3
LOTS Mengaplikasikan
Video
28 Februari 2022
Buah Pisang Bisa Matang dengan Ditutup Kain?
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal