Bacalah teks berikut dengan cermat!

Apakah sinetron selalu berdampak buruk?

Sinetron merupakan suatu jenis tayangan sinema elektronik yang berisi tentang cerita fiktif. Sinteron menjadi tren pertelevisian Indonesia dibandingkan acara-acara pertelevisian yang lain. Sebagai sebuah hiburan, tentu saja program-program televisi dinikmati oleh berbagai kalangan termasuk program sinetron yang dinikmati oleh remaja bahkan anak kecil. Sinetron remaja biasanya mengangkat tema anak sekolah dengan berbagai macam kehidupannya. Hal ini tentu saja memberikan dampak sendiri bagi para remaja dalam kehidupan nyata.

Sebagian masyarakat beranggapan bahwa sinetron remaja layak dinikmati oleh para remaja sebagai hiburan dan pelepas penat di sela-sela tugas sekolah. Selain itu, ada pesan-pesan yang dapat diambil untuk diterapkan dalam kehidupan nyata.

Namun, sebagian masyarakat juga beranggapan bahwa sinetron justru memberikan dampak buruk bagi remaja karena cerita yang diangkat dalam sinetron biasanya cerita-cerita kehidupan remaja yang hidup dalam kemewah-mewahan, perkelahian, bahkan tentang kehidupan rumah tangga yang begitu kompleks yang seharusnya tidak layak ditonton oleh remaja bahkan anak-anak. Hal ini akan berdampak pada perlakuan remaja yang dapat meniru adegan-adegan yang seharusnya tidak ditontonnya seperti kekerasan, dan lain-lain.

Jadi, sebenarnya sinteron mempunyai sisi positif dan negatif. Sisi positifnya adalah sebagai hiburan remaja dan bisa mengambil pesan-pesan baiknya dalam kehidupan nyata. Sedangkan sisi negatifnya adalah dari segi cerita yang kurang pantas untuk ditonton dan bisa saja remaja meniru adegan-adegan yang tidak pantas. Dari pembahasan pro dan kontra dapat diambil jalan tengah atau solusi dari isu ini, yaitu sebaiknya orang tua mengawasi anaknya saat menonton program-program televisi, kita harus memiliki kesadaran pribadi untuk memilih tontonan yang bermanfaat. Kemudian, harus pandai mengatur waktu belajar.

(Sumber: kompasiana.com, dengan penyesuaian)

Pernyataan yang sesuai dengan paragraf ketiga adalah ...

A

Sinteron menjadi hiburan bagi para remaja disela-sela tugas sekolah.

B

Dampak sinteron dapat membuat remaja meniru hal-hal yang dipertontonkan.

C

Pesan-pesan dalam sinetron dalam diambil untuk kemudian dilakukan dalam kehidupan nyata.

D

Orang tua sebaiknya memberikan pengawasan terhadap tontonan anaknya.

Pembahasan:

Pernyataan yang sesuai dengan paragraf ke-3 adalah pernyataan yang sesuai dengan informasi yang terdapat dalam paragraf ke-3. Mari kita analasis jawaban satu per satu.

*Sinteron menjadi hiburan bagi para remaja disela-sela tugas sekolah. → pernyataan tersebut sesuai dengan informasi yang terdapat dalam paragraf ke-2.

*Pesan-pesan dalam sinetron dalam diambil untuk kemudian dilakukan dalam kehidupan nyata. → pernyataan tersebut sesuai dengan informasi yang terdapat dalam paragraf ke-2

*Dampak sinteron dapat membuat remaja meniru hal-hal yang dipertontonkan.→ pernyataan tersebut sesuai dengan informasi yang terdapat ke-3.

*Orang tua sebaiknya memberikan pengawasan terhadap tontonan anaknya.→ pernyataan tersebut sesuai dengan informasi yang terdapat ke-4.

Jadi, jawaban yang benar adalah

Dampak sinteron dapat membuat remaja meniru hal-hal yang dipertontonkan.

Bahasa Indonesia Kelas 9 Menulis Teks Diskusi Menggali Informasi Teks Diskusi KD3.9
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 43.928 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini