Kalimat berikut ini mengandung istilah bidang ilmu, kecuali ...

A

Perbedaan utama dari sabun cair dan padat adalah alkali yang digunakan dalam reaksi pembuatan sabun.

B

Sabun padat menggunakan natrium hidroksida/soda kaustik, sedangkan sabun cair menggunakan kalium hidorksida sebagai alkali.

C

Minyak kelapa akan menghasilkan sabun yang lebih keras daripada minyak kedelai, minyak kacang, dan minyak biji zaitun.

D

Sabun dengan berat molekul rendah akan lebih mudah larut dan memiliki struktur sabun yang lebih keras.

Pembahasan:

Salah satu ciri kebahasan pada laporan percobaan adalah menggunakan kosakata bidang ilmu. Kosakata bidang ilmu adalah kosakata yang digunakan pada bidang ilmu tertentu dan mempunyai arti khusus bidang keilmuan seperti kimia, fisika, biologi, bahasa, dan lain-lain.

Mari analisis pilihan jawaban satu per satu.

*Perbedaan utama dari sabun cair dan padat adalah alkali yang digunakan dalam reaksi pembuatan sabun. Kalimat tersebut mengandung kata 'alkali' yang merupakan kosakata ilmu bidang kimia.

*Sabun padat menggunakan natrium hidroksida/soda kaustik, sedangkan sabun cair menggunakan kalium hidorksida sebagai alkali. Kalimat tersebut mengandung kosakata 'natrium hidroksida/soda kaustik', 'kalium hidorksida', dan 'alkali' yang merupakan kosakata ilmu bidang kimia.

*Minyak kelapa akan menghasilkan sabun yang lebih keras daripada minyak kedelai, minyak kacang, dan minyak biji zaitun. Kalimat tersebut tidak mengandung kosakata bidang ilmu.

*Sabun dengan berat molekul rendah akan lebih mudah larut dan memiliki struktur sabun yang lebih keras. Kalimat tersebut mengandung kata 'molekul' yang merupakan kosakata ilmu bidang kimia.

Bahasa Indonesia Kelas 9 Menulis Laporan Percobaan Struktur dan Kebahasaan Laporan Percobaan KD3.2
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 39.999 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini