Perhatikan penggalan teks ulasan berikut!

(1) Cerpen ini memiliki akhir yang menyedihkan. (2) Alurnya jelas dan ceritanya ringkas. (3) Bahasa yang digunakan juga tidak rumit. (4) Namun, hal yang perlu diperbaiki dalam cerpen ini ialah kisah masa lalu sang Ibu. (5) Kejadian mengapa sang Ibu meninggalkan Bella. (6) Kisah sang Nenek bersama Bella ketika di pasar menjadi kisah yang menarik. (7) Sehingga, pembaca akan kesulitan memahami apa yang sebenarnya terjadi.


Kalimat sumbang yang terdapat pada teks ulasan tersebut ditandai dengan nomor ....

A

(2)

B

(3)

C

(5)

D

(6)

Pembahasan:

Kalimat sumbang adalah kalimat yang tidak mendukung atau bertolak belakang dengan kalimat utamanya. Kalimat sumbang disebut pula dengan kalimat tidak padu. Secara umum, kalimat sumbang merupakan penggalan kalimat penjelas yang tidak mengacu pada informasi utama yang disampaikan oleh penulis.

Berdasarkan teori tersebut, kalimat sumbang pada penggalan teks ulasan tersebut ditandai dengan nomor (6) "Kisah sang Nenek bersama Bella ketika di pasar menjadi kisah yang menarik".

Hal ini dikarenakan kalimat ke (6) tidak mendukung argumen pada kalimat sebelum dan sesudahnya. Kalimat ke (4) membahas tentang kisah masa lalu sang Ibu sedangkan kalimat ke (5) membahas tentang Ibu yang meninggalkan Bella. Kedua kalimat tersebut membahas tentang kondisi si Ibu, sedangkan kalimat ke (6) membahas tentang kebersamaan Bella dan sang Nenek.

Bahasa Indonesia Kelas 8 Menulis Teks Ulasan Menggali Informasi Teks Ulasan
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.129 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini