Bank Soal Biologi SMA Penemuan, Tipe, Ukuran, dan Komponen Kimiawi Sel

Soal

Pilgan

Perhatikan gambar berikut ini!

COVID-19 mampu membajak sel inang untuk mereplikasi, menciptakan ribuan salinannya sendiri hingga sel inang kewalahan dan secara efektif membunuh dirinya sendiri [NIAID].

Gambar di atas adalah penampakan virus corona yang dilaporkan oleh NIAID, Integrated Research Facility di Amerika. Jenis mikroskop yang digunakan untuk mengamati virus tersebut adalah ....

A

mikroskop cahaya

B

mikroskop elektron

C

mikroskop stereo

D

mikroskop ultraviolet

E

mikroskop medan gelap

Pembahasan:

Mikroskop elektron adalah mikroskop yang mampu melakukan perbesaran objek sampai dua juta kali. Mikroskop ini menggunakan elektro statik dan elektro magnetik untuk mengontrol pencahayaan dan tampilan gambar serta memiliki kemampuan perbesaran objek serta resolusi yang jauh lebih bagus dari pada mikroskop cahaya.

Seperti yang kita ketahui virus corona penyebab COVID-19 berukuran 120 hingga 160 nanometer. Walaupun ukuran tersebut cukup besar jika dibandingkan dengan sesama virus, tetapi tetap saja ukuran virus itu belum cukup mampu diamati oleh mikroskop cahaya yang hanya mempunyai perbesaran 1000 kali. Mikroskop yang digunakan dalam pengamatan tersebut adalah mikroskop elektron. Mikroskop elektron ini menggunakan elektron untuk pencitraan, memindai spesimen dengan seberkas elektron, dan merekam apa yang dipantulkan kembali sehingga bisa terlihat oleh mata.

Jadi jenis mikroskop yang digunakan untuk mengamati virus tersebut adalah mikroskop elektron.


*Mikroskop cahaya merupakan mikroskop yang menggunakan cahaya matahari maupun lampu dalam penerangannya dan hanya bisa melakukan pembesaran sampai seribu kali

*Mikroskop stereo adalah mikroskop yang khusus mengamati objek yang cukup besar dan mempunyai perbesaran sampai 30 kali.

*Mikroskop ultraviolet adalah mikroskop yang menggunakan sinar ultraviolet dalam pengoperasiannya.

*Mikroskop medan gelap adalah mikroskop yang dapat mengamati bakteri hidup, khususnya bakteri yang begitu tipis, yang hampir tidak bisa diamati oleh mikroskop cahaya.

K13 Kelas XI Biologi Biologi Sel Penemuan, Tipe, Ukuran, dan Komponen Kimiawi Sel Skor 3
Mengaplikasikan LOTS
Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal