Bank Soal Biologi SMA Sistem Indra Manusia

Soal

Pilgan

Lidah merupakan indra pengecap pada manusia. Lidah menyebabkan seseorang dapat merasakan berbagai macam rasa. Berikut ini ciri-ciri khusus lidah yang tepat adalah ....

A

memiliki titik khusus sebagai pusat rasa tertentu

B

setiap orang memiliki panjang lidah yang sama

C

jumlah papila bervariasi antara 2.000 sampai dengan 4.000

D

dapat menentukan kondisi kesehatan seseorang

E

merupakan otot terkuat dan tidak pernah lelah

Pembahasan:

Lidah merupakan indra pengecap, yang memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Pada lidah manusia terdapat 3 jenis papila, yaitu papila filiformis (papila peraba), papila sirkum valata (papila pengecap), dan papila martil yang terdapat di tepi lidah yang berfungsi untuk mengecap. Papila umumnya berkisar antara 2.000 sampai 4.000. Namun, ada beberapa orang yang memiliki papila lebih dari 10.000 (supertaster) dan ada yang kurang dari 10.000 (non-taster). Umur papila seseorang hanya bertahan sekitar 14 hari, setelah itu akan tumbuh sel baru.
  2. Panjang lidah setiap orang berbeda-beda. Untuk orang dewasa, panjang lidah pria sekitar 8,5 cm dan wanita sekitar 7,9 cm. Selain itu, faktor genetik juga dapat menentukan panjang lidah seseorang.
  3. Lidah merupakan otot yang tidak pernah lelah, tetapi bukan otot yang terkuat. Otot lidah membantu seseorang untuk berbicara, makan, dan bernapas.
  4. Warna lidah mampu mengindikasikan kesehatan seseorang. Ketika tubuh sehat, lidah akan berwarna merah muda cerah. Warna merah tua bisa menjadi penanda bahwa kita sedang mengalami radang tenggorokan. Bila lidah berwarna putih, kemungkinan seseorang sedang terinfeksi jamur. Lidah yang pucat dan terasa halus bisa menjadi penanda bahwa tubuh kekurangan vitamin B12.
  5. Lidah tidak memiliki pusat atau titik area khusus perasa. Semula kita mengetahui bahwa area tertentu pada lidah menjadi area khusus untuk merasakan rasa pahit, manis, asam, dan asin. Sebenarnya seluruh permukaan lidah mampu merasakan berbagai macam rasa. Bintil pengecap atau papila akan menerima rangsangan berupa rasa untuk diteruskan ke otak dan diterjemahkan sebagai rasa asin, asam, manis, pahit atau sensasi rasa lainnya.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah dapat menentukan kondisi kesehatan seseorang,

Video
28 April 2022
Sistem Indra Manusia | Biologi | Kelas XI
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal