Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Struktur dan Kebahasaan Teks Berita

Soal

Pilgan

Cermati penggalan paragraf berita berikut!

Sistem kerja pemerintah dinilai lambat oleh sebagian besar pakar kesehatan dunia. Dunia internasional sudah menyoroti kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah Indonesia semenjak beredarnya virus Corona ini. Baik penanganan maupun penolakan untuk melakukan lockdown total dikhawatirkan menyebabkan virus ini semakin mudah untuk menyebar dan mengakibatkan korban jiwa.


(Sumber: today.line.me, dengan penyesuaian)


Kata kerja mental yang terdapat pada paragraf tersebut adalah ....

A

menyoroti

B

lambat

C

beredar

D

mudah

Pembahasan:

Kata kerja mental adalah suatu bentuk kata kerja yang menyatakan aktivitas atau proses berpikir, menginderai, atau merasa.

Mari kita mencermati pilihan-pilihan jawaban tersebut dan menganalisis pengertiannya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menyoroti berarti: mengawasi; mengamati (tingkah laku dan sebagainya). → menunjukkan sebuah proses menginderai dengan indra pengelihatan.

Lambat berarti: 1 perlahan-lahan (geraknya, jalannya, dan sebagainya); tidak cepat; 2 memerlukan waktu banyak; 3 tidak tepat pada waktunya; ketinggalan. → kata lambat tidak termasuk kata kerja sehingga kata lambat bukanlah termasuk kata kerja mental.

Beredar (bentukan dari kata dasar edar dan awalan ber-) berarti: 1 berjalan berkeliling (hingga sampai ke tempat permulaan); 2 berpindah-pindah dari tangan ke tangan atau dari tempat satu ke tempat lain; berputar; 3 berlaku dalam masyarakat.→ kata beredar merupakan kata kerja namun menurut pengertiannya tidak termasuk proses berpikir, menginderai, atau merasa sehingga kata beredar tidak termasuk kata kerja mental.

Mudah berarti: 1 tidak memerlukan banyak tenaga atau pikiran dalam mengerjakan; tidak sukar; tidak berat; gampang; 2 lekas sekali (menjadi, menderita, dan sebagainya); 3 tidak teguh imannya (gampang terbujuk atau gampang diajak berzina dan sebagainya). → kata mudah tidak termasuk kata kerja melainkan kata sifat sehingga kata mudah tidak termasuk kata kerja mental.

Sehingga, dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa kata kerja mental yang terdapat di penggalan paragraf tersebut adalah menyoroti.

K13 Kelas VIII Bahasa Indonesia Menulis Teks Berita Struktur dan Kebahasaan Teks Berita Skor 2
KD3.2 LOTS Memahami
Video
21 Februari 2022
Struktur dan Kebahasaan Teks Berita | Bahasa Indonesia | Kelas VIII
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal