Cermati penggalan paragraf berita berikut!

Sistem kerja pemerintah dinilai lambat oleh sebagian besar pakar kesehatan dunia. Dunia internasional sudah menyoroti kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah Indonesia semenjak beredarnya virus Corona ini. Baik penanganan maupun penolakan untuk melakukan lockdown total dikhawatirkan menyebabkan virus ini semakin mudah untuk menyebar dan mengakibatkan korban jiwa.


(Sumber: today.line.me, dengan penyesuaian)


Kata kerja mental yang terdapat pada paragraf tersebut adalah ....

A

menyoroti

B

lambat

C

beredar

D

mudah

Pembahasan:

Kata kerja mental adalah suatu bentuk kata kerja yang menyatakan aktivitas atau proses berpikir, menginderai, atau merasa.

Mari kita mencermati pilihan-pilihan jawaban tersebut dan menganalisis pengertiannya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menyoroti berarti: mengawasi; mengamati (tingkah laku dan sebagainya). → menunjukkan sebuah proses menginderai dengan indra pengelihatan.

Lambat berarti: 1 perlahan-lahan (geraknya, jalannya, dan sebagainya); tidak cepat; 2 memerlukan waktu banyak; 3 tidak tepat pada waktunya; ketinggalan. → kata lambat tidak termasuk kata kerja sehingga kata lambat bukanlah termasuk kata kerja mental.

Beredar (bentukan dari kata dasar edar dan awalan ber-) berarti: 1 berjalan berkeliling (hingga sampai ke tempat permulaan); 2 berpindah-pindah dari tangan ke tangan atau dari tempat satu ke tempat lain; berputar; 3 berlaku dalam masyarakat.→ kata beredar merupakan kata kerja namun menurut pengertiannya tidak termasuk proses berpikir, menginderai, atau merasa sehingga kata beredar tidak termasuk kata kerja mental.

Mudah berarti: 1 tidak memerlukan banyak tenaga atau pikiran dalam mengerjakan; tidak sukar; tidak berat; gampang; 2 lekas sekali (menjadi, menderita, dan sebagainya); 3 tidak teguh imannya (gampang terbujuk atau gampang diajak berzina dan sebagainya). → kata mudah tidak termasuk kata kerja melainkan kata sifat sehingga kata mudah tidak termasuk kata kerja mental.

Sehingga, dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa kata kerja mental yang terdapat di penggalan paragraf tersebut adalah menyoroti.

Bahasa Indonesia Kelas 8 Menulis Teks Berita Struktur dan Kebahasaan Teks Berita KD3.2
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 43.974 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini