Bank Soal Bahasa Indonesia SD Jenis Paragraf

Soal

Cermati paragraf berikut!

(1) Beberapa kuliner tradisional mengalami sejumlah inovasi, termasuk cilok. (2) Kini jajanan tradisional khas Bandung ini tak hanya disajikan dengan cara dikukus saja. (3) Kini cilok bisa disajikan dengan kuah, atau digoreng dan bahkan dibakar. (4) Salah satu varian cilok tersebut adalah cilok goreng. (5) Seperti namanya, varian cilok ini dibuat dengan cara digoreng lalu diberi sejumlah bumbu penyedap. (6) Adapun bumbu-bumbu tersebut antara lain bumbu kacang, bubuk kacang, dan bubuk cabai. (7) Jajanan ini cukup populer di Bandung dan bisa ditemui di hampir setiap sudut jalan di kota Bandung.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah nomor ....

A

(1)

B

(3)

C

(5)

D

(7)

Pembahasan:

Kalimat utama berisi pokok pikiran atau ide pokok utama dan menjadi dasar untuk mengembangkan paragraf. Kalimat utama dapat terletak di awal, di akhir, maupun di awal dan akhir paragraf. Kalimat utama menyatakan sesuatu yang umum lalu dilengkapi oleh kalimat-kalimat penjelas yang bersifat khusus.

Pada soal ini, kalimat utama terletak di awal paragraf, yakni kalimat "Beberapa kuliner tradisional mengalami sejumlah inovasi, termasuk cilok". Kalimat ini menunjukkan hal yang bersifat umum yaitu memperkenalkan tentang inovasi pada kuliner cilok. Kalimat-kalimat selanjutnya merupakan penjelas, yaitu jenis-jenis inovasi pada cilok dan deskripsi lebih detil mengenai cilok goreng.

Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal