Bank Soal Bahasa Indonesia SD Dongeng
Soal
Mengidentifikasi Tokoh KD3.9 Teks Fiksi - Tokoh Cerita Video LOTS Mengetahui
Rangkuman
Bab 4 | Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4
Selengkapnya
Soal Populer Hari Ini
Nilai dari adalah...
Matematika
Level 9
Bilangan
Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar
Bilangan Berpangkat
Kelas IX
Kurikulum 2013
K13
Matematika
Sekolah Berdasarkan Sistem Zonasi, Setuju atau Tidak?
Ketua DPP PKS, Ledia Hanifah Amaliah, memberikan solusi kepada pemerintah terkait penentangan sistem zonasi. Hanifah mengatakan, "Solusi pertama, evaluasi menyeluruh kebijakan sistem zonasi. Kedua, beri keleluasaan pada daerah untuk menyesuaikan kondisinya."
Berdasarkan kutipan teks diskusi di atas, bagian isu yang tepat untuk melengkapinya adalah ...
Bahasa Indonesia
Level 9
Menulis
Teks Diskusi
Menulis Teks Diskusi
KD3.10
Kelas IX
Kurikulum 2013
K13
Bahasa Indonesia
Enzim amilase bekerja memecah tepung menjadi maltosa, selanjutnya maltosa dihidrolisis oleh maltase menjadi glukosa.
Kata ilmiah bercetak miring mempunyai arti ....
Bahasa Indonesia
Level 9
Menulis
Laporan Percobaan
Struktur dan Kebahasaan Laporan Percobaan
KD3.2
Kelas IX
Kurikulum 2013
K13
Bahasa Indonesia
Perhatikan tahapan-tahapan dalam pembelahan mitosis berikut!
Urutan tahapan dalam pembelahan mitosis yang tepat adalah ....
IPA
Level 9
Biologi
Sistem Reproduksi Manusia
Pembelahan Sel
Video
Kelas IX
Kurikulum 2013
K13
IPA
Salah satu ciri kebahasaan teks diskusi adalah penggunaan kata yang menunjukkan sikap pembaca. Kata tersebut adalah ....
Bahasa Indonesia
Level 9
Menulis
Teks Diskusi
Struktur dan Kebahasaan Teks Diskusi
KD4.9
Kelas IX
Kurikulum 2013
K13
Bahasa Indonesia
Baca teks berikut ini dengan cermat.
Melisa, Siswi SD Berprestasi Meski Menulis dengan Menggunakan Kaki
Melisa Diana Putri adalah seorang siswi difabel di SDN Tukul II Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Ia tidak masuk Sekolah Luar Biasa karena lokasinya jauh di kota dan keluarganya terbilang kurang mampu. Melisa bercita-cita menjadi guru matematika. Semangatnya sangat tinggi meski ia belajar dan beraktivitas menggunakan kaki.
Untunglah sekolah Melisa menjalankan program pendidikan inklusif. Ini artinya ada penyesuaian agar anak-anak difabel seperti Melisa dapat bersekolah bersama dengan anak-anak lainnya. Contohnya, di sekolah, ia disediakan meja tulis khusus yang lebih rendah dari tubuhnya. Saat menulis di buku tulis, dia menggenggam pensil dengan jari kakinya. Ketika berdiri di depan papan tulis, kaki kirinya menopang tubuh agar seimbang, sementara kaki kanannya lincah menulis di papan tulis. Walaupun ditulis dengan kaki, tulisan Melisa rapi.
Keterbatasan fisiknya ini ternyata tidak menjadi halangan. Melisa sangat tekun dalam belajar. Ia sangat bersemangat meraih prestasi dan nilai baik. Menurut pengakuan gurunya, Melisa memang sangat jago matematika. Selain itu, Melisa juga hobi membaca. Buku apa pun ia baca. Melisa mengaku, ia membaca buku untuk memperluas wawasan.
Menurut Tri Adi Nurfeni, guru bahasa Indonesia, Melisa meraih cukup banyak prestasi. Melisa pernah juara lomba baca, tulis, dan hitung tingkat kecamatan, dan ditunjuk menjadi duta sekolah karena pengetahuannya yang luas. Berkat pencapaian Melisa, Wakil Bupati Timbul Prihanjoko mengunjungi Melisa di sekolah. Joko, panggilan akrab Wakil Bupati Probolinggo, terharu melihat semangat Melisa untuk meraih cita-cita. Joko dan sejumlah pejabat Pemkab Probolinggo memberi sejumlah bantuan untuk kelanjutan belajar Melisa. Tidak hanya itu, kabupaten Probolinggo juga merencanakan untuk meluaskan jangkauan sekolah inklusif dan mengadakan pelatihan bagi guru pembimbing khusus di sekolah inklusif.
Melisa menjadi bukti bahwa keterbatasan fisik tidak menghalangi seseorang dalam meraih prestasi. Berkat ketekunan dalam belajar, Melisa dapat mengatasi keterbatasan yang ada.
(Sumber: Kompas.com, dengan penyesuaian)
Paragraf yang berisi bagian resolusi adalah ....
Bahasa Indonesia
Level 9
Menulis
Cerita Inspiratif
Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Inspiratif
KD3.12
Kelas IX
Kurikulum 2013
K13
Bahasa Indonesia
Pegunungan Alpen di Swiss dan Austria merupakan kenampakan alam yang ada di benua ....
IPS
Level 9
Geografi
Benua-Benua di Dunia
Kondisi Geografis Benua-Benua di Dunia
Kelas IX
Kurikulum 2013
K13
IPS
Read the following text and answer the question.
Source: classof2020.ucsc.edu
The following statements are right about the message, except ...
Bahasa Inggris
Level 9
Bahasa Inggris
Appreciation over achievements or happiness
Expressions of Congratulations
Expressions of Congratulating
Kelas IX
Kurikulum 2013
K13
Bayangan dari titik P adalah yang ditranslasikan oleh titik . Titik P adalah ...
Matematika
Level 9
Geometri
Transformasi Geometri
Translasi (Pergeseran)
Kelas IX
Kurikulum 2013
K13
Matematika
Perhatikan penggalan teks pidato persuasif berikut.
Sampah menjadi permasalahan yang tidak pernah ada habisnya. Kebiasaan membuang sampah yang dilakukan masyarakat menjadikan tumpukan sampah makin tinggi. Sampah pun sudah mencemari air karena banyak masyarakat yang membuang sampah di sungai.
Seharusnya, masyarakat mulai sadar dengan tidak membuang sampah sembarangan. Terlebih, saat ini sudah banyak tempat sampah yang disediakan di tempat umum. Jika memang tidak menemukan tempat sampah, sampah bisa disimpan terlebih dahulu sampai menemukan tempat sampah.
Pesan yang ingin disampaikan oleh pembicara berdasarkan penggalan teks pidato persuasif tersebut adalah …
Bahasa Indonesia
Level 9
Menulis
Pidato Persuasif
Simpulan Isi Pidato Persuasif
Kelas IX
Kurikulum 2013
K13
Bahasa Indonesia
Cek Contoh Kuis Online
Kejar Kuis
Cek Contoh Bank Soal
Kejar Soal
Nilai dari adalah...
Sekolah Berdasarkan Sistem Zonasi, Setuju atau Tidak?
Ketua DPP PKS, Ledia Hanifah Amaliah, memberikan solusi kepada pemerintah terkait penentangan sistem zonasi. Hanifah mengatakan, "Solusi pertama, evaluasi menyeluruh kebijakan sistem zonasi. Kedua, beri keleluasaan pada daerah untuk menyesuaikan kondisinya."
Berdasarkan kutipan teks diskusi di atas, bagian isu yang tepat untuk melengkapinya adalah ...
Enzim amilase bekerja memecah tepung menjadi maltosa, selanjutnya maltosa dihidrolisis oleh maltase menjadi glukosa.
Kata ilmiah bercetak miring mempunyai arti ....
Perhatikan tahapan-tahapan dalam pembelahan mitosis berikut!
Urutan tahapan dalam pembelahan mitosis yang tepat adalah ....
Salah satu ciri kebahasaan teks diskusi adalah penggunaan kata yang menunjukkan sikap pembaca. Kata tersebut adalah ....
Baca teks berikut ini dengan cermat.
Melisa, Siswi SD Berprestasi Meski Menulis dengan Menggunakan Kaki
Melisa Diana Putri adalah seorang siswi difabel di SDN Tukul II Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Ia tidak masuk Sekolah Luar Biasa karena lokasinya jauh di kota dan keluarganya terbilang kurang mampu. Melisa bercita-cita menjadi guru matematika. Semangatnya sangat tinggi meski ia belajar dan beraktivitas menggunakan kaki.
Untunglah sekolah Melisa menjalankan program pendidikan inklusif. Ini artinya ada penyesuaian agar anak-anak difabel seperti Melisa dapat bersekolah bersama dengan anak-anak lainnya. Contohnya, di sekolah, ia disediakan meja tulis khusus yang lebih rendah dari tubuhnya. Saat menulis di buku tulis, dia menggenggam pensil dengan jari kakinya. Ketika berdiri di depan papan tulis, kaki kirinya menopang tubuh agar seimbang, sementara kaki kanannya lincah menulis di papan tulis. Walaupun ditulis dengan kaki, tulisan Melisa rapi.
Keterbatasan fisiknya ini ternyata tidak menjadi halangan. Melisa sangat tekun dalam belajar. Ia sangat bersemangat meraih prestasi dan nilai baik. Menurut pengakuan gurunya, Melisa memang sangat jago matematika. Selain itu, Melisa juga hobi membaca. Buku apa pun ia baca. Melisa mengaku, ia membaca buku untuk memperluas wawasan.
Menurut Tri Adi Nurfeni, guru bahasa Indonesia, Melisa meraih cukup banyak prestasi. Melisa pernah juara lomba baca, tulis, dan hitung tingkat kecamatan, dan ditunjuk menjadi duta sekolah karena pengetahuannya yang luas. Berkat pencapaian Melisa, Wakil Bupati Timbul Prihanjoko mengunjungi Melisa di sekolah. Joko, panggilan akrab Wakil Bupati Probolinggo, terharu melihat semangat Melisa untuk meraih cita-cita. Joko dan sejumlah pejabat Pemkab Probolinggo memberi sejumlah bantuan untuk kelanjutan belajar Melisa. Tidak hanya itu, kabupaten Probolinggo juga merencanakan untuk meluaskan jangkauan sekolah inklusif dan mengadakan pelatihan bagi guru pembimbing khusus di sekolah inklusif.
Melisa menjadi bukti bahwa keterbatasan fisik tidak menghalangi seseorang dalam meraih prestasi. Berkat ketekunan dalam belajar, Melisa dapat mengatasi keterbatasan yang ada.
(Sumber: Kompas.com, dengan penyesuaian)
Paragraf yang berisi bagian resolusi adalah ....
Pegunungan Alpen di Swiss dan Austria merupakan kenampakan alam yang ada di benua ....
Read the following text and answer the question.
Source: classof2020.ucsc.edu
The following statements are right about the message, except ...
Bayangan dari titik P adalah yang ditranslasikan oleh titik . Titik P adalah ...
Perhatikan penggalan teks pidato persuasif berikut.
Sampah menjadi permasalahan yang tidak pernah ada habisnya. Kebiasaan membuang sampah yang dilakukan masyarakat menjadikan tumpukan sampah makin tinggi. Sampah pun sudah mencemari air karena banyak masyarakat yang membuang sampah di sungai.
Seharusnya, masyarakat mulai sadar dengan tidak membuang sampah sembarangan. Terlebih, saat ini sudah banyak tempat sampah yang disediakan di tempat umum. Jika memang tidak menemukan tempat sampah, sampah bisa disimpan terlebih dahulu sampai menemukan tempat sampah.
Pesan yang ingin disampaikan oleh pembicara berdasarkan penggalan teks pidato persuasif tersebut adalah …