Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Struktur dan Kebahasaan Teks Prosedur

Soal

Pilgan

Cermati teks prosedur berikut!

  1. Aduklah adonan hingga mengental dan tidak tersisa buih-buih udara dalam adonan.
  2. Tutup tempat adonan dengan plastic wrap dan istirahatkan adonan selama kurang lebih 1 jam agar adonan mengembang.

Kata keterangan yang terdapat di dalam teks prosedur tersebut adalah ....

A

akibat, alat, tujuan

B

waktu, alat, tujuan

C

akibat, cara, tujuan

D

sebab, akibat, tujuan

Pembahasan:

Kata keterangan adalah kelompok kata yang bertujuan untuk menerangkan kata sebelumnya. Contoh kata keterangan adalah kata kerja, kata sifat, kata bilangan. Kata keterangan tidak menerangkan kata ganti benda dan kata ganti nama.

Jenis kata keterangan dibagi menjadi beberapa kategori, antara lain:

  1. Kata keterangan cara. Kata keterangan ini digunakan untuk menambahkan keterangan bagaimana suatu kegiatan atau peristiwa terjadi seringkali menerangkan kata kerja. Setelah kata penghubung disambung dengan kata sifat. Contoh kata keterangan cara, yaitu: dengan, secara, dsb.
  2. Kata keterangan alat. Kata keterangan ini digunakan untuk menerangkan bagaimana suatu kejadian atau aktivitas terjadi. Contoh kata keterangan alat, yaitu: dengan menggunakan, dengan, menggunakan, dsb.
  3. Kata keterangan waktu. Kata keterangan ini digunakan untuk menunjukkan keterangan waktu saat kegiatan atau peristiwa itu terjadi. Contoh kata keterangan waktu, yaitu: pada, kemarin, setelah, sebelum, lusa, dsb.
  4. Kata keterangan tempat. Kata keterangan ini digunakan untuk menunjukkan tempat terjadinya kegiatan atau peristiwa. Contoh kata keterangan tempat, yaitu: di, ke, dari, dsb.
  5. Kata keterangan tujuan. Kata keterangan ini digunakan untuk menunjukkan tujuan suatu peristiwa. Contoh kata keterangan tujuan, yaitu: agar, untuk, supaya, dsb.
  6. Kata keterangan sebab. Kata keterangan ini digunakan untuk menerangkan penyebab suatu peristiwa terjadi. Contoh kata keterangan sebab, yaitu: karena, dsb.
  7. Kata keterangan akibat. Kata keterangan ini digunakan untuk menerangkan akibat suatu peristiwa terjadi. Contoh kata keterangan akibat, yaitu: hingga, akibatnya, sehingga, menjadi, dsb.
  8. Dan lain-lain.

Mari kita cermati kedua langkah tersebut.

  1. Aduklah adonan hingga mengental dan tidak tersisa buih-buih udara dalam adonan. → Kata yang dicetak tebal tersebut merupakan contoh kata keterangan akibat.
  2. Tutup tempat adonan dengan plastic wrap dan istirahatkan adonan selama kurang lebih 1 jam agar adonan mengembang. → Kata dengan tersebut menunjukkan kata keterangan alat karena menerangkan perlakuan kepada adonan, dan bukan menjelaskan perlakuan kepada kata kerja sehingga bukan termasuk kata keterangan cara. Selain itu, kata keterangan agar merupakan contoh kata keterangan tujuan.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kata keterangan yang terdapat di dalam teks prosedur tersebut adalah kata keterangan akibat, alat, dan tujuan.

Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Bab 4 | Sudah Besar | Bahasa Indonesia | Kelas 4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal