Bank Soal Bahasa Indonesia SD Menjelaskan Teks Eksplanasi Ilmiah

Soal

Pilgan

Perhatikan teks berikut!

Tsunami berasal dari bahasa Jepang yakni "tsu" yang berarti lautan dan "nami" yang berarti gelombang ombak. Tsunami adalah serangkaian gelombang ombak laut raksasa yang timbul karena adanya pergeseran di dasar laut akibat gempa bumi. Bencana tsunami pernah terjadi di Indonesia pada tahun 2004 tepatnya di Aceh.

Tsunami dapat disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab pertama adalah adanya dislokasi (pergeseran kulit bumi di bawah laut). Dislokasi tersebut dapat menyebabkan gempa bumi tektonik akibat adanya tabrakan lempeng tektonik. Penyebab kedua adalah letusan gunung berapi bawah laut yang memberikan dorongan kepada air di sekitarnya dan membentuk gelombang besar. Selain itu, tsunami juga dapat disebabkan oleh longsor bawah laut dan adanya hantaman meteor ke laut.

Bencana tsunami akan memberikan dampak merugikan kepada masyarakat dan lingkungan. Dampak terjadinya tsunami antara lain: timbulnya korban jiwa manusia maupun hewan, kerusakan bangunan, rusaknya infrastruktur, dan kerugian finansial.

Pernyataan yang sesuai berdasarkan teks di atas adalah ....

A

bencana tsunami tidak pernah terjadi di Indonesia

B

dislokasi bawah laut bukan penyebab terjadinya tsunami

C

letusan gunung berapi bawah laut dapat mendorong air di sekitarnya dan menyebabkan tsunami

D

tsunami tidak hanya menimbulkan dampak negatif, tetapi juga dampak positif

Pembahasan:

Untuk mencari pernyataan yang sesuai dengan teks, temukanlah hal yang berkaitan dengan isi teks yang dimaksud. Ini artinya, cek masing-masing pilihan jawaban lalu temukan kalimat dalam teks yang sesuai atau tidak terhadap pernyataan tersebut.

  1. Bencana tsunami tidak pernah terjadi di Indonesia. Pernyataan ini tidak tepat karena bencana tsunami pernah terjadi di Indonesia tahun 2004 (paragraf pertama kalimat terakhir).
  2. Dislokasi bawah laut bukan penyebab terjadinya tsunami. Pernyataan ini tidak tepat karena dislokasi bawah laut dapat menyebabkan terjadinya tsunami (paragraf ke-2 kalimat ke-2).
  3. Letusan gunung berapi bawah laut dapat mendorong air di sekitarnya dan menyebabkan tsunami. Pernyataan ini tepat dan sesuai dengan paragraf ke-2 kalimat ke-4.
  4. Tsunami tidak hanya menimbulkan dampak negatif, tetapi juga dampak positif. Pernyataan ini tidak tepat karena tidak ada bagian dari teks yang menyatakan adanya dampak positif dari tsunami.

Jadi jawaban yang benar adalah "letusan gunung berapi bawah laut dapat mendorong air di sekitarnya dan menyebabkan tsunami".

Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal