Bank Soal Bahasa Indonesia SD Menulis Teks Laporan

Soal

Pilgan

Lengkapilah laporan berikut!

Pada tanggal 28 Oktober 2019, siswa kelas V SD Kanisius mengunjungi pasar tradisional untuk mengadakan pengamatan. Para siswa [...] sejumlah barang yang siap jual di dalam pasar tradisional itu. Barang-barang tersebut di antaranya beras, ikan asin, bumbu-bumbu dapur, sayur-sayuran segar, dan masih banyak lagi. Terlihat pembeli dan penjual saling tawar menawar. Setelah mereka menyepakati harga, pembeli memberikan uang kepada penjual dan penjual memberikan barang yang dibeli pada pembeli. Hasil pengamatan tersebut harus dipresentasikan di depan kelas.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang dalam teks laporan pengamatan di atas adalah ....

A

memborong

B

mengidentifikasi

C

membeli

D

menjual

Pembahasan:

Karena kunjungan siswa ke pasar bertujuan untuk pengamatan, maka para siswa seharusnya bukan membeli, menjual ataupun memborong barang di pasar. Pilihan jawaban yang tersisa adalah mengidentifikasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mengidentifikasi adalah menentukan atau menetapkan identitas (orang, benda, dan sebagainya). Pilihan kata ini sesuai dengan isi teks.

Pada tanggal 28 Oktober 2019, siswa kelas V SD Kanisius mengunjungi pasar tradisional untuk mengadakan pengamatan. Para siswa mengidentifikasi sejumlah barang yang siap jual di dalam pasar tradisional itu. Barang-barang tersebut di antaranya beras, ikan asin, bumbu-bumbu dapur, sayur-sayuran segar, dan masih banyak lagi. Terlihat pembeli dan penjual saling tawar menawar. Setelah mereka menyepakati harga, pembeli memberikan uang kepada penjual dan penjual memberikan barang yang dibeli pada pembeli. Hasil pengamatan tersebut harus dipresentasikan di depan kelas.
Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Bab 4 | Sudah Besar | Bahasa Indonesia | Kelas 4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal