Bank Soal Biologi SMA Biologi Sebagai Sains

Soal

Pilgan

Biologi secara sederhana didefinisikan sebagai sebuah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Dari gambar berikut ini, yang tidak termasuk makhluk hidup adalah ....

A

A dan C

B

B dan D

C

C dan E

D

D dan A

E

E dan B

Pembahasan:

Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dan gejala kehidupannya. Dengan demikian, makhluk hidup dengan segala interaksinya menjadi objek kajian dalam cabang biologi. Makhluk hidup adalah semua objek biologi yang menunjukkan ciri-ciri kehidupan, yaitu bernapas, bergerak, membutuhkan nutrisi, tumbuh dan berkembang, bereproduksi, mampu beradaptasi, dan peka terhadap lingkungan. Seringkali, orang berasumsi bahwa mahkluk hidup hanya manusia, hewan, dan tumbuhan. Pada kenyataannya, makhluk hidup adalah semua organisme uniseluler maupun multiseluler.

Pada soal di atas, (B) bakteri, (D) hewan, dan (E) manusia termasuk dalam kelompok makhluk hidup karena memenuhi ciri-ciri kehidupan.

(A) Virus sering diperdebatkan statusnya sebagai mahluk hidup karena virus tidak dapat menjalankan fungsi biologisnya secara bebas. Namun, sebagian besar ahli biologi tidak menggolongkan virus sebagai makhluk hidup. Virus hanya memiliki materi genetik (DNA atau RNA) yang diselubungi protein, dan hanya aktif (berkembang biak) jika berada di dalam sel inangnya. Meskipun demikian, ilmu yang mempelajari tentang virus atau virologi merupakan salah satu cabang dari biologi.

Bila dicermati, pada gambar C (gambar daun tumbuhan paku), dapat dikatakan bahwa ketika daun terpisah dari batang, akar, atau organ tubuh tumbuhan lainnya, maka daun tersebut tidak dapat melakukan aktivitas yang menunjukkan adanya kehidupan. Hal ini berarti bahwa daun saja tidak dapat dikatakan sebagai makhluk hidup

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A dan C.

K13 Kelas X Biologi Biologi Ruang Lingkup Biologi Biologi Sebagai Sains Skor 2
Memahami LOTS
Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal