Cermati kutipan berita berikut!

Para peneliti dari berbagai negara membantu mengidentifikasi kawasan hutan prioritas untuk melindungi salah satu paru-paru dunia di Kalimantan. Pemerintah negara bagian Sabah di Borneo Malaysia, seperti melansir Pyhs, Selasa (24/3/2020), telah menetapkan target ambisius untuk mengamankan 30 persen kawasan hutan pada tahun 2025. Para peneliti internasional, dua peneliti di antaranya berasal dari University of Montana, mencoba membantu mengidentifikasi kawasan-kawasan prioritas hutan di Kalimantan. Dalam studi ini, para peneliti mengidentifikasi kawasan hutan yang paling penting di wilayah Sabah. Di mana kawasan ini memang dinilai cukup kritis dan perlu untuk dilindungi.


(Sumber: www.kompas.com, dengan penyesuaian)


Kata kerja mental yang terdapat pada kutipan berita tersebut adalah ....

A

mengidentifikasi

B

berasal

C

prioritas

D

lindungan

Pembahasan:

Kata kerja mental adalah suatu bentuk kata kerja yang menyatakan aktivitas atau proses berpikir, menginderai, atau merasa.

Mari kita mencermati masing-masing jawaban dan menganalisis pengertiannya sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),

Mengidentifikasi (bentukan kata dari kata dasar identifikasi dengan awalan meng- dan akhiran -i) berarti: menentukan atau menetapkan identitas (orang, benda, dan sebagainya). Selain itu kata mengidentifikasi memiliki sinonim dengan menandai, mengenali, mengetahui. → Kata-kata tersebut memiliki hubungan dengan proses berpikir.

Berasal berarti: 1 bermula; 2 bersumber; 3 bertempat asal (dibuat, dilahirkan, dan sebagainya); 4 keturunan. → Berdasar pengertian tersebut kata berasal tidak termasuk kata kerja sehingga tidak bisa dikategorikan sebagai kata kerja mental.

Prioritas berarti: yang didahulukan dan diutamakan daripada yang lain. → Kata prioritas bukanlah kata kerja sehingga tidak termasuk kata kerja mental.

Lindungan (bentukan kata dari kata dasar lindung dan akhiran -an) berarti: 1 yang dilindungi; 2 tempat berlindung; 3 perbuatan (hal dan sebagainya) memperlindungi. → Kata lindungan tidak termasuk kata kerja sehingga bukanlah kata kerja mental.

Dari pengertian-pengertian di atas dapat kita simpulkan kata kerja mental yang terdapat di dalam penggalan berita tersebut adalah mengidentifikasi.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 40.642 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini