Bacalah paragraf berikut!

Ujian Nasional tingkat SD 2020 resmi dihapuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Hal ini adalah salah satu upaya mencapai misi Menteri Dikbud, Nadiem Makarim, yaitu "Merdeka Belajar". Kebijakan ujian secara mandiri diserahkan langsung kepada masing-masing sekolah sebagai ujian akhir. Penyerahan kewenangan tersebut dianggap karena sekolah-lah yang memiliki kapasitas untuk mengukur kemampuan siswanya.


(Sumber: tirto.id, dengan penyesuaian)



Kalimat utama paragraf berita di atas adalah ...

A

Ujian Nasional tingkat SD 2020 resmi dihapuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

B

Hal ini adalah salah satu upaya mencapai misi Menteri Dikbud, Nadiem Makarim, dalam mencapai misi "Merdeka Belajar".

C

Kebijakan ujian secara mandiri diserahkan langsung kepada masing-masing sekolah sebagai ujian akhir.

D

Penyerahan kewenangan tersebut dianggap karena sekolah-lah yang memiliki kapasitas untuk mengukur kemampuan siswanya.

Pembahasan:

Kalimat utama merupakan sebuah kalimat umum yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Kalimat utama memuat ide pokok maupun gagasan utama yang nantinya akan dijelaskan pada kalimat-kalimat penjelas setelah kalimat utama.

Perlu diperhatikan bahwa dalam suatu paragraf kalimat utama tidak selalu berada di awal kalimat. Jenis paragraf dengan kalimat utama di awal paragraf adalah paragraf deduktif, sedangkan paragraf yang memuat kalimat utama di akhir paragraf adalah jenis paragraf induktif. Namun ada pula kalimat utama yang terletak di awal dan di akhir paragraf. Paragraf ini disebut jenis paragraf campuran.

Adapun ciri-ciri kalimat utama adalah sebagai berikut :

  1. Pada umumnya, kalimat utama dapat berdiri sendiri sehingga (seringkali) tidak membutuhkan konjungsi antar kalimat karena sudah memiliki arti yang jelas.
  2. Kalimat utama berisi hal atau topik yang umum sehingga bisa dikembangkan dalam kalimat penjelas selanjutnya.
  3. Kalimat utama yang terletak di akhir paragraf biasanya menggunakan konjungsi tambahan yaitu: "Sehingga...", "Bisa disimpulkan, bahwa..."


Mari kita analisis paragraf berita tersebut.

Kalimat pertama: Ujian Nasional tingkat SD 2020 resmi dihapuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Kalimat ini mengandung makna kalimat umum.

Kalimat kedua: Hal ini adalah salah satu upaya mencapai misi Menteri Dikbud, Nadiem Makarim, yaitu "Merdeka Belajar". Kata ganti ini merujuk kepada kalimat sebelumnya mengenai Ujian Nasional SD 2020 yang resmi dihapuskan.

Kalimat ketiga: Kebijakan ujian secara mandiri diserahkan langsung kepada masing-masing sekolah sebagai ujian akhir. Kalimat ini menyatakan penjelasan mengenai kebijakan lebih lanjut akibat dari penghapusan Ujian Nasional SD 2020.

Kalimat keempat: Penyerahan kewenangan tersebut dianggap karena sekolah-lah yang memiliki kapasitas untuk mengukur kemampuan siswanya. Kalimat ini masih memiliki hubungan dengan kalimat ketiga mengenai penyerahan kewenangan akibat dari penghapusan Ujian Nasional SD 2020 (menyatakan sebab akibat dengan kalimat pertama).


Sehingga sesuai dengan analisis di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kalimat utama dalam paragraf tersebut terletak pada awal kalimat, yaitu: Ujian Nasional tingkat SD 2020 resmi dihapuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 39.510 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini