Cermati bacaan teks berita berikut!

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS), Felippa Ann Amanta menjelaskan melonjaknya harga komoditas pangan membuat wacana impor menjadi semakin penting untuk diimplementasikan. (...), dia berharap stabilisasi harga pangan jangan sampai terhambat regulasi. Apalagi saat ini, minimnya pasokan di pasaran serta penyebaran virus corona di berbagai negara menjadi dua faktor yang menyebabkan tingginya harga komoditas pangan.


(Sumber: money.kompas.com)


Kata hubung yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah ....

A

oleh sebab itu

B

karena

C

tetapi

D

jika

Pembahasan:

Konjungsi atau kata hubung menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat.

Contoh dari konjungsi adalah: dan, tetapi, akan tetapi, akhirnya, sejak, karena, walaupun, ketika.

Apabila kita mencermati paragraf tersebut, konjungsi yang digunakan adalah konjugsi yang berhubungan dengan kesimpulan karena dua kalimat terakhir mengungkapkan mengenai sebuah harapan dari kebijakan yang berlaku. Sehingga, konjungsi yang bersifat memberikan kesimpulan adalah: oleh karena itu.

Apabila ditulis lagi dalam satu paragraf utuh beserta konjungsi tersebut akan menjadi:

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS), Felippa Ann Amanta menjelaskan melonjaknya harga komoditas pangan membuat wacana impor menjadi semakin penting untuk diimplementasikan. Oleh karena itu, dia berharap stabilisasi harga pangan jangan sampai terhambat regulasi. Apalagi saat ini, minimnya pasokan di pasaran serta penyebaran virus corona di berbagai negara menjadi dua faktor yang menyebabkan tingginya harga komoditas pangan.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 40.539 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini