Cermati paragraf berita berikut!

Letusan Gunung Kelud pada Kamis malam (13 Februari 2014) mengeluarkan bunyi dentuman yang cukup keras. Warga yang tinggal di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang, Jawa Timur bisa mendengar dengan jelas dentuman tersebut. Letusan ini merupakan letusan terbesar sepanjang sejarah Gunung Kelud pada era modern. Dampak dari letusan ini adalah hujan abu yang berhembus hingga mengenai sejumlah wilajah Jawa Tengah dan Yogyakarta, yang berjarak lebih dari 200 km dari Gunung Kelud.

Ketua Tim Pemantau Aktivitas Gunung Kelud dari PVMBG Bandung, Umar Rosyadi mengatakan letusan tahun ini sangat luar biasa. Ketinggian lontaran material ke angkasa hingga radius 17 kilometer menjadi bukti besarnya daya ledak magma Gunung Kelud.


(Sumber: www.liputan6.com, dengan penyesuaian)


Arti radius dalam berita tersebut memiliki makna yang mirip dengan ....

A

jangkauan

B

tembakan

C

lebarnya

D

luasan

Pembahasan:

Radius menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah: 1 jarak dari pusat ke keliling lingkaran; jari-jari (lingkaran); 2 wilayah yang mengelilingi suatu tempat yang berjarak sama dari titik pusatnya.

Mari mengamati pengertian pilihan-pilihan jawaban berdasarkan KBBI.

Tembakan berarti: 1 hasil menembak; 2 letusan senjata api. Tembakan ini sendiri merupakan bentukan kata dari kata dasar tembak dan akhiran -an.

Lebarnya merupakan bentukan kata lebar dan akhiran -nya. Kata lebarnya tidak termasuk kata baku, sehingga tidak memiliki makna di KBBI. Namun arti lebar itu sendiri adalah: 1 lapang; tidak sempit; 2 lintang suatu bidang; 3 luas.

Luasan berarti: hasil meluaskan. Luasan terbentuk dari kata luas dan akhiran -an.

Jangkauan berarti: jarak yang dapat dijangkau


Dilihat dari analisis pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa radius memiliki makna yang mirip dengan jangkauan.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 39.510 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini