Cermati paragraf berita berikut!

Letusan Gunung Kelud pada Kamis malam (13 Februari 2014) mengeluarkan bunyi dentuman yang cukup keras. Warga yang tinggal di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang, Jawa Timur bisa mendengar dengan jelas dentuman tersebut. Letusan ini merupakan letusan terbesar sepanjang sejarah Gunung Kelud pada era modern. Dampak dari letusan ini adalah hujan abu yang berhembus hingga mengenai sejumlah wilajah Jawa Tengah dan Yogyakarta, yang berjarak lebih dari 200km dari Gunung Kelud.

Ketua Tim Pemantau Aktivitas Gunung Kelud dari PVMBG, Bandung Umar Rosyadi mengatakan bahwa letusan tahun ini sangat luar biasa dikarenakan ketinggian lontaran material ke angkasa hingga radius 17 kilometer serta menjadi bukti besarnya daya ledak magma Gunung Kelud.


(Sumber: www.liputan6.com, dengan penyesuaian)


Kalimat tidak langsung dalam penggalan berita tersebut apabila diubah menjadi kalimat langsung menjadi ...

A

"Letusan tahun ini sangat luar biasa dikarenakan ketinggian lontaran material ke angkasa hingga radius 17 kilometer serta menjadi bukti besarnya daya ledak magma Gunung Kelud," kata Ketua Tim Pemantau Aktivitas Gunung Kelud dari PVMBG Bandung, Umar Rosyadi.

B

Letusan tahun ini sangat luar biasa dikarenakan ketinggian lontaran material ke angkasa hingga radius 17 kilometer serta menjadi bukti besarnya daya ledak magma Gunung Kelud. kata Ketua Tim Pemantau Aktivitas Gunung Kelud dari PVMBG Bandung Umar Rosyadi.

C

kata Ketua Tim Pemantau Aktivitas Gunung Kelud dari PVMBG Bandung Umar Rosyadi Letusan tahun ini sangat luar biasa dikarenakan ketinggian lontaran material ke angkasa hingga radius 17 kilometer serta menjadi bukti besarnya daya ledak magma Gunung Kelud.

D

kata Ketua Tim Pemantau Aktivitas Gunung Kelud dari PVMBG Bandung Umar Rosyadi adalah Letusan tahun ini sangat luar biasa dikarenakan ketinggian lontaran material ke angkasa hingga radius 17 kilometer serta menjadi bukti besarnya daya ledak magma Gunung Kelud.

Pembahasan:

Kalimat langsung adalah kalimat yang mengutip ucapan seseorang tanpa perantara sehingga seolah-olah dikatakan oleh orang tersebut sendiri, sedangkan kalimat tidak langsung adalah kalimat yang digunakan untuk menyampaikan atau disebut sebagai melaporkan kembali ucapan orang lain dengan cara yang tidak langsung atau tidak menggunakan tanda petik. Ciri-ciri kalimat langsung dan kalimat tidak langsung adalah:

Apabila kita mencermati kalimat tidak langsung dalam paragraf tersebut yaitu: Ketua Tim Pemantau Aktivitas Gunung Kelud dari PVMBG Bandung Umar Rosyadi mengatakan bahwa letusan tahun ini sangat luar biasa dikarenakan ketinggian lontaran material ke angkasa hingga radius 17 kilometer serta menjadi bukti besarnya daya ledak magma Gunung Kelud.

Ada beberapa perubahan yang terjadi dalam kalimat tersebut yaitu:

  1. Digunakannya tanda kutip sebagai penanda awal dan akhir ucapan
  2. Meleburnya kata hubung bahwa
  3. Penggunaan tanda baca koma (,) sebelum titik dua penutup


Sehingga bentuk kalimat langsung dari paragraf tersebut adalah: "Letusan tahun ini sangat luar biasa dikarenakan ketinggian lontaran material ke angkasa hingga radius 17 kilometer serta menjadi bukti besarnya daya ledak magma Gunung Kelud," kata Ketua Tim Pemantau Aktivitas Gunung Kelud dari PVMBG Bandung, Umar Rosyadi.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 39.509 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini