Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Struktur dan Kebahasaan Teks Deskripsi

Soal

Pilihan Ganda

Perhatikan teks berikut!

Sila membeli dua kilogram buah apel. apel tersebut berwarna merah dan terlihat sangat segar. Buah-buah apel tersebut tampak menarik dibungkus jaring buah. Setelah di timbang, Sila kemudian langsung memasukkannya kedalam keranjang belanjaannya. Sesampainya dirumah, Sila membuka keranjang belanjaannya dan mengeluarkan buah apel yang telah dibelinya. Jumlah buah apel yang dibelinya ada sebelas buah, dengan ukuran yang berbeda. Ada yang kecil, sedang, dan besar. Ternyata dari sebelas buah tersebut ada dua yang membusuk. Sila sangat kecewa karena ia baru menyadarinya.

Perbaikilah teks deskripsi di atas agar menjadi efektif!

A

Sila membeli dua kilogram buah apel. Apel tersebut berwarna merah dan terlihat sangat segar. Buah-buah apel tersebut tampak menarik dibungkus jaring buah. Setelah di timbang, Sila kemudian langsung memasukkannya kedalam keranjang belanjanya. Sesampainya dirumah, Sila membuka keranjang belanjanya dan mengeluarkan buah apel yang telah dibelinya. Jumlah buah apel yang dibelinya ada sebelas buah, dengan ukuran yang berbeda. Ada yang kecil, sedang, dan besar. Ternyata dari sebelas buah tersebut ada dua yang membusuk. Sila sangat kecewa karena ia baru menyadarinya.

B

Sila membeli dua kilogram buah apel. Apel tersebut berwarna merah dan terlihat sangat segar. Buah-buah apel tersebut tampak menarik dibungkus jaring buah. Setelah ditimbang, Sila kemudian langsung memasukkannya kedalam keranjang belanjanya. Sesampainya di rumah, Sila membuka keranjang belanjanya dan mengeluarkan buah apel yang telah dibelinya. Jumlah buah apel yang dibelinya ada sebelas buah, dengan ukuran yang berbeda. Ada yang kecil, sedang, dan besar. Ternyata dari sebelas buah tersebut ada dua yang membusuk. Sila sangat kecewa karena ia baru menyadarinya.

C

Sila membeli dua kilogram buah apel. Apel tersebut berwarna merah dan terlihat sangat segar. Buah-buah apel tersebut tampak menarik dibungkus jaring buah. Setelah ditimbang, Sila kemudian memasukkannya ke dalam keranjang belanja. Sesampainya di rumah, Sila mengeluarkan buah apel yang telah ia beli. Jumlah buah apel yang dibelinya ada sebelas buah. Ukurannya pun berbeda, ada yang kecil, sedang, dan besar. Ternyata dari sebelas buah tersebut ada dua yang busuk. Sila sangat kecewa karena ia baru menyadarinya.

D

Sila membeli dua kilogram buah apel. Apel tersebut berwarna merah dan terlihat sangat segar. Buah-buah apel tersebut tampak menarik dibungkus jaring buah. Setelah ditimbang, Sila kemudian langsung memasukkannya ke dalam keranjang belanja. Sesampainya dirumah, Sila membuka keranjang belanjanya dan mengeluarkan buah apel yang telah ia beli. Jumlah buah apel yang ia beli ada sebelas buah. Ukurannyapun berbeda, ada yang kecil, sedang, dan besar. Ternyata dari sebelas buah tersebut ada dua yang busuk. Sila sangat kecewa karena ia baru menyadarinya.

Pembahasan:

Kalimat efektif adalah kalimat yang sesuai dengan kaidah kebahasaan yag benar. Kalimat efektif termasuk dalam kaidah tata kalimat. Untuk menyusun kalimat yang efektif, perlu menempatkan tanda baca dan penggunaan pilihan kata yang tepat. Perhatikan teks berikut!

Sila membeli dua kilogram buah apel. Apel tersebut berwarna merah dan terlihat sangat segar. Buah-buah apel tersebut tampak menarik dibungkus jaring buah. Setelah ditimbang, Sila kemudian memasukkannya ke dalam keranjang belanja. Sesampainya di rumah, Sila mengeluarkan buah apel yang telah ia beli. Jumlah buah apel yang dibelinya ada sebelas buah. Ukurannya pun berbeda, ada yang kecil, sedang, dan besar. Ternyata dari sebelas buah tersebut ada dua yang busuk. Sila sangat kecewa karena ia baru menyadarinya.

Perbaikan teks tersebut agar menjadi efektif, yaitu:

  • Kata "apel","A-nya" menggunakan huruf kapital.
  • "Di" pada "di timbang" digabung dengan kata yang mengikutinya menjadi "ditimbang", karena "di" sebagai imbuhan.
  • Memperbaiki kalimat, "Sila kemudian langsung memasukkannya kedalam keranjang belanjaannya" menjadi "Sila kemudian memasukkannya ke dalam keranjang belanja."
  • "Kedalam" harus dipisah menjadi "ke dalam."
  • Keranjang belanjaannya ditulis "keranjang belanja".
  • "Di" pada "dirumah", dipisah menjadi "di rumah" karena "di" sebagai kata depan.
  • Menyederhanakan kalimat, "Sila membuka keranjang belanjaannya dan mengeluarkan buah apel yang telah dibelinya" menjadi "Sila mengeluarkan buah apel yang telah ia beli.
  • Meletakkan tanda titik (.) setelah kata buah.
  • Memperbaiki kalimat, "dengan ukuran yang berbeda. Ada yang kecil, sedang, dan besar" menjadi "Ukurannya pun berbeda, ada yang kecil, sedang dan besar." (memperbaiki penggunaan huruf kapital dan tanda baca yang sesuai).
  • Mengganti kata "membusuk" menjadi "busuk".

Jadi jawaban yang tepat untuk memperbaiki teks tersebut menjadi efektif adalah

Sila membeli dua kilogram buah apel. Apel tersebut berwarna merah dan terlihat sangat segar. Buah-buah apel tersebut tampak menarik dibungkus jaring buah. Setelah ditimbang, Sila kemudian memasukkannya ke dalam keranjang belanja. Sesampainya di rumah, Sila mengeluarkan buah apel yang telah ia beli. Jumlah buah apel yang dibelinya ada sebelas buah. Ukurannya pun berbeda, ada yang kecil, sedang, dan besar. Ternyata dari sebelas buah tersebut ada dua yang busuk. Sila sangat kecewa karena ia baru menyadarinya.

K13 Kelas VII Bahasa Indonesia Menulis Teks Deskripsi Struktur dan Kebahasaan Teks Deskripsi Skor 3
KD3.2 Mengaplikasikan LOTS
Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
 
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal