Cermati penggalan drama berikut!

Dita tidak sengaja berjalan melewati lapangan belakang sekolah dan mendengar suara Vinny berbicara dengan orang lain.

Dita: (setelah mendengar beberapa saat apa yang dibicarakan Vinny dengan orang lain) Jadi benar dugaanku selama ini?! Kamu memang diam-diam tidak menyukaiku dan menyebarkan keburukan-keburukanku kepada orang lain?! (bertanya dengan marah)

Vinny: (menoleh ketakutan dan terkejut mengetahui Dita berada di sana) Dit... Dit... Maaf.. tapi, aku.. aku... (berkata terbata-bata)

Dita: (tertawa mencibir dengan keras) Hahaha oke, baiklah aku cukup tahu, Vin! Sudah muak aku dengan tingkahmu! Mulai detik ini aku tidak akan menganggapmu sebagai teman lagi! Tidak usah datang kepadaku lagi kalau kamu lagi dikucilkan dari teman-teman kelas! (menatap tajam sebelum berlalu dari sana dengan kesal)


Penggalan drama tersebut termasuk dalam bagian struktur drama yaitu ....

A

komplikasi

B

orientasi

C

resolusi

D

prolog

Pembahasan:

Drama adalah salah satu jenis karya sastra yang menggambarkan suatu cerita, menggunakan dialog dan gerakan, serta dipentaskan. 

Struktur teks drama antara lain:

  1. Prolog adalah bagian pengantar dari sebuah naskah atau cerita drama dan pada umumnya digunakan untuk menggambarkan secara umum bagaimana cerita tersebut.
  2. Dialog adalah bagian yang berisi komunikasi antar tokoh maupun pemain yang terdapat dalam drama tersebut. Di dalam struktur dialog ini terdapat tiga struktur lagi yaitu: 1. Orientasi (bagian pengenalan tokoh, dan latar yang digunakan dalam drama), 2. Komplikasi (puncak permasalahan yang terdapat antar tokoh dalam drama tersebut), 3. Resolusi (bagian penutup atau solusi dari permasalahan yang telah terjadi).
  3. Epilog adalah bagian yang berisi penutupan dari sebuah naskah atau cerita drama dan berisi kesimpulan atau pesan yang bisa diambil dari cerita tersebut.


Mari kita baca lebih teliti penggalan naskah drama di atas.

Dita tidak sengaja berjalan melewati lapangan belakang sekolah dan mendengar suara Vinny berbicara dengan orang lain.

Dita: (setelah mendengar beberapa saat apa yang dibicarakan Vinny dengan orang lain) Jadi benar dugaanku selama ini?! Kamu memang diam-diam tidak menyukaiku dan menyebarkan keburukan-keburukanku kepada orang lain?! (bertanya dengan marah) → dialog ini menunjukkan mulai terjadinya puncak masalah karena Dita tidak sengaja mendengar bahwa Vinny membicarakan keburukannya di belakang. Kata sifat marah di dalam dialog tersebut memberi pengertian bahwa Dita tidak suka dan menjadi marah akibat sikap Vinny.

Vinny: (menoleh ketakutan dan terkejut mengetahui Dita berada di sana) Dit... Dit... Maaf.. tapi, aku.. aku... (berkata terbata-bata) → sikap Vinny yang terbata-bata dan keterangan bahwa Vinny ketakutan membuat pernyataan secara tidak langsung bahwa yang dibilang Dita di dialog sebelumnya adalah benar.

Dita: (tertawa mencibir dengan keras) Hahaha oke, baiklah aku cukup tahu, Vin! Sudah muak aku dengan tingkahmu! Mulai detik ini aku tidak akan menganggapmu sebagai teman lagi! Tidak usah datang kepadaku lagi kalau kamu lagi dikucilkan dari teman-teman kelas! (menatap tajam sebelum berlalu dari sana dengan kesal) → Masalah yang terjadi sudah mencapai puncaknya yaitu Dita secara final memutuskan pertemanannya akibat sikap Vinny.


Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggalan dialog tersebut termasuk dalam struktur drama bagian komplikasi karena menunjukkan masalah dan puncak masalah yang sedang terjadi.

Bahasa Indonesia Kelas 8 Menulis Drama Struktur dan Kebahasaan Teks Drama Unsur-unsur Drama KD3.18
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 43.786 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini