Bank Soal Biologi SMA Biologi Sebagai Sains

Soal

Pilgan

Pada tahun 1665, Robert Hooke melakukan penelitian dan menemukan istilah cellulae yang artinya sel. Kemudian pada tahun 1839, Schleiden dan Schwan melakukan pengamatan terhadap sel hewan dan membuat beberapa kesimpulan. Salah satunya adalah sel merupakan unit struktural terkecil pada makhluk hidup. Penelitian tentang sel ini kemudian dilanjutkan oleh beberapa ahli yang terus memperbaharui hasil penelitian para ahli sebelumnya. Penemuan, pembaharuan, dan penyempurnaan penelitian dan teori sel, menunjukkan salah satu ciri-ciri biologi sebagai sains yaitu ....

A

rasional

B

empiris

C

akumulatif

D

objektif

E

verifikatif

Pembahasan:

Biologi sebagai sains, memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut.

  1. Rasional artinya merupakan hasil kegiatan berpikir logis menggunakan nalar (rasio).
  2. Objektif artinya merupakan kebenaran apa adanya karena didasarkan atas data-data dan tanpa pengaruh pendapat atau pandangan pribadi.
  3. Empiris artinya sains dapat dibuktikan dengan pengamatan, penelitian, atau eksperimen.
  4. Akumulatif artinya sains dapat dibentuk berdasarkan teori lama yang disempurnakan, ditambah, atau diperbaiki sehingga makin sempurna.
  5. Verifikatif artinya kebenaran yang ada bukanlah bersifat mutlak tetapi bersifat terbuka, sehingga bila kemudian ditemukan bukti-bukti baru yang menentang kebenaran sebelumnya, maka perlu diverifikasi.

Teori sel ditemukan berdasarkan sebuah kesimpulan logis, yang diperoleh dari hasil pengamatan dan penelitian yang terus diperbaharui. Pada kasus di atas, hasil penelitian mengenai sel dan teori-teori sel yang ditemukan dari tahun ke tahun akan saling melengkapi dan memperbaharui teori-teori sebelumnya, tanpa membantah teori-teori yang sudah pernah ada. 

Jadi, jawaban yang paling benar adalah akumulatif.

Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal