Bank Soal Biologi SMA Cara Hidup dan Reproduksi Bakteri

Soal

Pilgan

Jika Anda melakukan percobaan dengan menumbuhkan bakteri Nitrosomonas sp. dalam tabung reaksi dengan memakai medium cair yang sesuai dengan pertumbuhannya, maka hasil yang akan didapatkan sesuai dengan model nomor ....

Pertumbuhan Bakteri dalam Medium Cair | JavAurora

sumber: erickbio.wordpress.com

A

1

B

2

C

3

D

4

E

1 dan 3

Pembahasan:

Gambar di atas didapatkan dari hasil percobaan untuk mengetahui kebutuhan suatu bakteri terhadap oksigen. Bakteri Nitrosomonas sp. merupakan gram negatif dan berbentuk batang. Bakteri ini merupakan bakteri kemoautotrof yang memperoleh energi dari oksidasi senyawa amonium (NH3) dan menggunakan CO2 sebagai sumber utama karbon di dalam sintesis biomassanya.

Bakteri Nitrosomonas sp. bersifat aerob obligat di mana hasil percobaan akan sesuai dengan model nomor 1. Jika ditumbuhkan dalam media cair, bakteri aerob akan berada di permukaan air agar dapat mengambil oksigen bebas dari udara secara maksimal.

Jadi jawaban untuk pertanyaan di atas adalah 1.


*Nomor 2 merupakan model untuk bakteri anaerob obligat yang berkumpul di dasar tabung untuk menghindari oksigen.

*Nomor 3 merupakan model untuk bakteri anaerob fakultatif yang sebagian besar berkumpul di permukaan, karena respirasi aerobik yang menguntungkan. Namun, tidak adanya oksigen tidak menghambat bakteri sehingga dapat ditemukan di sepanjang tabung.

*Nomor 4 merupakan model untuk bakteri mikroaerofil yang berkumpul di bagian atas tabung reaksi, tetapi tidak sampai ke permukaan. Bakteri ini membutuhkan oksigen, tetapi pada konsentrasi yang lebih rendah.

Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal