Bacalah kutipan surat undangan berikut ini!


Dengan hormat,
Melalui surat ini, kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu untuk hadir dalam acara pengambilan rapor semester ganjil untuk kelas I-VI tahun pelajaran 2019/2020. Acara tersebut akan dilaksanakan pada:
hari    : Sabtu
tanggal : 7 Desember 2019
waktu   : 09.00 WIB
tempat  : Kelas masing-masing
Kami harap Bapak/Ibu dapat hadir tepat waktu. [...]


Kalimat efektif yang tepat untuk melengkapi kutipan surat undangan tersebut adalah ....

A

Atas kehadiran Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

B

Acara ini tidak dapat terlaksana tanpa kehadiran Bapak/Ibu.

C

Kami ucapkan terima kasih bagi Bapak/Ibu.

D

Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Pembahasan:

Kutipan surat undangan tersebut yang harus dilengkapi adalah bagian penutup. Bagian penutup berisi penegasan dan kesimpulan dari isi surat secara keseluruhan. Selain itu penutup juga bisa berisi harapan atau ucapan terima kasih pada pembaca atas penyampaian pesannya.

Bagian surat yang ditanyakan ada pada akhir surat undangan, setelah isi undangan yang berisi tujuan, waktu dan tempat acara. Oleh karena itu, bagian ini seharusnya merupakan bagian penutup. Isi bagian penutup yang sesuai misalnya ucapan terima kasih atas perhatian pembacanya. Kalimat efektif yang tepat yaitu "Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih."

*Atas kehadiran Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih. Pilihan ini kurang tepat karena acara belum terjadi ketika surat undangan ini dikirim. Oleh karena itu, kehadiran Bapak/Ibu bukan kata-kata yang sesuai karena saat itu acaranya belum dimulai.

*Acara ini tidak dapat terlaksana tanpa kehadiran Bapak/Ibu. Pilihan ini kurang tepat sebagai penutup undangan karena merupakan informasi yang tidak perlu.

*Kami ucapkan terima kasih bagi Bapak/Ibu. Pilihan ini kurang tepat karena bukan merupakan kalimat efektif. Supaya jadi kalimat efektif, kata depan bagi dapat diganti dengan pada atau kepada.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 34.576 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini