Bank Soal Bahasa Indonesia SD Menguraikan Informasi

Soal

Cermati paragraf berikut!

Benua Afrika adalah benua kedua terbanyak penduduknya setelah Asia. Selain itu, benua ini adalah benua terbesar ketiga di dunia. Banyak hal menarik yang dapat ditemui di negara ini, mulai dari destinasi wisatanya, suku asli yang masih mendiami daerah Afrika, hingga makanan khasnya.

Ada beberapa daerah destinasi wisata yang dapat dijadikan referensi liburan, di antaranya Kenya, Tanzania, Malawi, Mozambik, Zimbabwe, Botswana, Namibia, hingga Afrika Selatan. Di daerah Zimbabwe, terdapat Air Terjun Victoria yang merupakan salah satu air terjun terbesar dan terpopuler di dunia. Air terjun ini memiliki ketinggian 885 meter dan lebar hingga 1708 meter.

Selain Zimbabwe, Afrika Selatan juga memiliki sederet tujuan wisata favorit para wisatawan, di antaranya, Taman Nasional Kruger, Gunung Table, Amphitheatre, dan Blyde River Canyon. Blyde River Canyon ini merupakan ngarai terbesar kedua di Afrika. Wisatawan dapat berjalan menyusuri ragam flora dan fauna yang sambil menikmati pemandangan lereng curam yang menakjubkan, air terjun, dan fenomena geologis kuno. Pengunjung juga memiliki kesempatan untuk menemukan primata asli Afrika Selatan seperti kuda nil dan buaya di dekat lahan basah Bendungan Swadini.

(Dikutip dari perjalanandunia.com, wikipedia.com, dengan penyesuaian)

Apa yang bisa wisatawan lakukan saat berada di Blyde River Canyon?

(Pilih semua jawaban yang benar!)

A

Berkesempatan untuk bertemu kuda nil dan buaya yang merupakan primata asli Afrika Selatan.

B

Menikmati air terjun setinggi 885 meter dan lebar 1708 meter.

C

Bertemu dengan penduduk suku asli yang masih mendiami daerah Afrika Selatan.

D

Menikmati pemandangan lereng curam sambil berjalan menyusuri ragam flora dan fauna.

Pembahasan:

Untuk mengetahui hal-hal yang dapat dilakukan di Blyde River Canyon, kita dapat mengamati kalimat ketiga dan keempat paragraf ketiga.

Wisatawan dapat berjalan menyusuri ragam flora dan fauna yang sambil menikmati pemandangan lereng curam yang menakjubkan, air terjun, dan fenomena geologis kuno. Pengunjung juga memiliki kesempatan untuk menemukan primata asli Afrika Selatan seperti kuda nil dan buaya di dekat lahan basah Bendungan Swadini.

Maka dari itu, jawaban yang tepat adalah

berkesempatan untuk bertemu kuda nil dan buaya yang merupakan primata asli Afrika Selatan; menikmati pemandangan lereng curam sambil berjalan menyusuri ragam flora dan fauna.

Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal