Bank Soal Bahasa Indonesia SD Cerita Rakyat

Soal

Pilgan

Cermati teks berikut!

Cindelaras

Pada zaman dahulu kala, hiduplah seorang raja Jenggala yang bernama Raden Putra. Ia mempunyai seorang permaisuri dan seorang selir. Sang permaisuri cantik dan baik hati, sedangkan sang selir cantik namun buruk hati.

Saat sang permaisuri mengandung anak, sang selir merasa iri dan membuat rencana untuk mengusirnya. Bekerja sama dengan tabib istana, sang selir berhasil menghasut Raden Putra untuk menghukum sang permaisuri. Patih istana diperintahkan untuk membunuh sang permaisuri di hutan. Alih-alih membunuh permaisuri, patih meninggalkan permaisuri di hutan dan mengaku telah membunuhnya pada raja dan sang selir.

Sementara itu, sang permaisuri melahirkan seorang bayi laki-laki yang dinamakannya Cindelaras. Suatu hari, Cindelaras menemukan telur yang dijatuhkan oleh seekor rajawali. Dari telur itu menetas seekor anak ayam. Anak ayam ini tumbuh menjadi ayam jago yang tubuhnya besar dan tangguh. Namun suara kokok ayam ini sangat aneh,"Kukuruyuk, tuanku Cindelaras, rumahnya di dalam hutan belantara, atap rumahnya terbuat dari daun kelapa, ayahnya Raden Putra Raja Jenggala.” Mendengar kebenaran kokokan ayam dari ibunya, Cindelaras pun memutuskan untuk pergi menemui ayah kandungnya.

Sepanjang perjalanan menuju istana Jenggala, ayam jago Cindelaras terus memenangkan adu ayam tanpa kalah sekalipun. Mendengar keperkasaan ayam jago Cindelaras, Raden Putra memanggil Cindelaras ke istana untuk adu ayam. Ternyata ayam jago Cindelaras berhasil mengalahkan ayam jago Raden Putra. Pada saat itulah ayam jago Cindelaras mengeluarkan kokokan khasnya tentang Cindelaras dan Raden Putra.

Raden Putra terkejut mendengar kokokan ini dan terkuaklah rahasia sang selir. Ia segera menghukum sang selir dan berangkat menjemput sang permaisuri di hutan untuk diboyong kembali ke istana. Cindelaras tinggal di istana bersama ibunya, dan menggantikan Raden Putra sebagai raja setelah ayahnya meninggal.

Amanat yang terdapat pada cerita di atas adalah ....

A

kebenaran akan mengalahkan kejahatan

B

carilah ayam jago yang pandai berkelahi

C

adu ayam sangat menguntungkan

D

jangan mengambil selir kalau sudah ada istri

Pembahasan:

Amanat adalah pesan moral yang ingin disampaikan pengarang dalam sebuah cerita. Amanat berhubungan dengan tema cerita.

Pesan moral dari cerita di atas adalah "kebenaran akan mengalahkan kejahatan". Kebenaran yang dimaksud adalah kenyataan bahwa permaisuri tidak bersalah, sedangkan kejahatan yang dimaksud adalah jebakan licik sang selir yang mencelakakan permaisuri. Yang ingin disampaikan penulis cerita adalah pelajaran supaya tidak berbuat jahat karena akan terbongkar dan menerima hukuman yang setimpal.

Video
13 Mei 2020
Cerita Rakyat | Bahasa Indonesia | Kelas IV
Rangkuman
15 Januari 2021
Bab 4 | Sudah Besar | Bahasa Indonesia | Kelas 4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal