Bank Soal Bahasa Indonesia SD Kata Hubung

Soal

Pilgan

Tanya Arah

"Permisi, Bu. Ibu tahu caranya ke halte bus terdekat?" tanyaku pada seorang ibu yang sedang menggandeng anak kecil. "Iya, Dik. Kamu jalan lurus hingga perempatan di depan, [...] belok kanan. Halte bus letaknya sekitar 300 meter dari perempatan," jawab sang ibu sembari menunjuk ke arah perempatan. "Terima kasih banyak, Bu," ujarku sambil mengangguk sedikit.

Kata hubung yang tepat untuk melengkapi bacaan di atas adalah ....

A

lalu

B

tetapi

C

sebelumnya

D

asalkan

Pembahasan:

Bacaan di atas berisi petunjuk jalan menuju halte bus oleh seorang ibu. Petunjuk ini berisi urutan arahan, mulai dari jalan lurus hingga perempatan hingga belok kanan. Oleh karena itu, kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah lalu. Masukkan kata ini ke dalam teks dan perhatikan bahwa sekarang rangkaian kalimatnya saling berkaitan dan padu.

"Permisi, Bu. Ibu tahu caranya ke halte bus terdekat?" tanyaku pada seorang ibu yang sedang menggandeng anak kecil. "Iya, Dik. Kamu jalan lurus hingga perempatan di depan, lalu belok kanan. Halte bus letaknya sekitar 300 meter dari perempatan," jawab sang ibu sembari menunjuk ke arah perempatan. "Terima kasih banyak, Bu," ujarku sambil mengangguk sedikit.

Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Bab 4 | Sudah Besar | Bahasa Indonesia | Kelas 4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal