Bank Soal Biologi SMA Teori Evolusi

Soal

Pilgan

Pada mulanya, burung finch yang ada di Amerika Selatan hanya satu spesies, yakni pemakan biji. Lalu burung finch ini bermigrasi ke kepulauan Galapagos dan memiliki bentuk paruh yang beragam menyesuaikan makanan yang ada. Jenis adaptasi yang terjadi pada burung finch tersebut adalah ....

A

adaptasi morfologi

B

adaptasi fisiologi

C

adaptasi tingkah laku

D

adaptasi reproduksi

E

adaptasi mekanik

Pembahasan:

Burung finch merupakan burung asli di Amerika Selatan dan memiliki bentuk paruh tipe pemakan biji-bijian. Namun spesies burung Finch di kepulauan Galapagos memiliki bentuk paruh yang beragam disesuaikan dengan kondisi makanan yang terbatas di kepulauan Galapagos tersebut. 

Diduga burung finch di kepulauan Galapagos ini merupakan spesies yang sama pada awalnya. Perubahan bentuk paruh burung finch disebabkan karena adanya perubahan jenis makanan yang tersedia di kepulauan Galapagos, seperti tumbuhan, biji, dan serangga. Jika tidak segera menyesuaikan diri di kepulauan Galapagos, maka burung finch tersebut akan mati kelaparan. Penyesuaian bentuk paruh ini disebut sebagai adaptasi morfologi. Makhluk hidup yang dapat melalukan adaptasi dengan lingkungan biasanya dapat lolos dari seleksi alam atau disebut sebagai evolusi.

Teori Evolusi Darwin

Jadi jawaban yang benar untuk pertanyaan di atas adalah adaptasi morfologi.


*Adaptasi fisiologi adalah proses penyesuaian metabolisme atau fungsi kerja organ makhluk hidup terhadap kondisi lingkungan sekitar.

*Adaptasi tingkah laku adalah proses adaptasi yang menyesuaikan tingkah laku makhluk hidup terhadap situasi serta keadaan di lingkungan tempat tinggal.

Video
03 Januari 2023
Teori Evolusi | Biologi | Kelas XII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal