Bank Soal Bahasa Indonesia SD Menjelaskan Teks Eksplanasi Ilmiah

Soal

Pilgan

Baca teks berikut ini dengan cermat.

Pelangi

(1) Pelangi adalah garis warna-warni yang muncul di langit sehabis terjadinya hujan. Pelangi terjadi ketika cahaya matahari terkena air hujan dan mengalami pembiasan. Namun pelangi tidak selalu terjadi setiap saat sehabis hujan. Ada waktu dan proses tertentu yang menyebabkan munculnya pelangi.

(2) Saat pembiasan sinar matahari terjadi, cahaya dibelokkan ke arah lain dari perjalanan satu medium ke medium lainnya (dari udara ke air). (3) Ketika sinar matahari melewati tetesan air, cahaya tersebut akan dibelokkan sehingga akan membuat warna-warna tertentu berpisah dengan warna lainnya.

Setiap warna-warna pelangi akan dibelokkan pada sudut yang berbeda sehingga akan memberikan warna yang indah pada pelangi. (4) Warna yang pertama dibelokkan adalah warna ungu, sedangkan warna terakhir yang dibelokkan adalah warna merah. Nantinya, akan terlihat warna mejikuhibiniu, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Hanya orang-orang yang beruntung yang bisa melihat pelangi. Pelangi hanya dapat dilihat di posisi tertentu si pengamat. Jika ingin melihat pelangi, kita harus berada di antara hujan dan sinar matahari. Sinar matahari berada di belakang si pengamat sehingga akan terjadi garis lurus antara matahari, pengamat, dan busur pelangi. Jadi hanya dari posisi itulah kita bisa melihat pelangi.

(Sumber: Bobo.grid.id, dengan penyesuaian)

Pernyataan umum dalam kutipan teks tersebut ditunjukkan oleh kalimat nomor ....

A

(1)

B

(2)

C

(3)

D

(4)

Pembahasan:

Pernyataan umum merupakan bagian dari teks eksplanasi ilmiah yang berisi pandangan umum dan informasi singkat mengenai topik permasalahan yang dibahas.

Dalam teks tersebut, pernyataan umum terdapat pada paragraf kesatu. Paragraf kesatu menyampaikan pandangan umum dan informasi singkat tentang fenomena pelangi.

Jadi, pernyataan umum ditunjukkan oleh kalimat nomor (1), Pelangi adalah garis warna-warni yang muncul di langit sehabis terjadinya hujan.

Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Bab 4 | Sudah Besar | Bahasa Indonesia | Kelas 4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal