Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Struktur dan Kebahasaan Teks Tanggapan

Soal

Pilgan

Berikut ini yang termasuk kutipan teks tanggapan kritis bagian kekurangan dan kelebihan/deskripsi teks adalah ...

A

Teknologi informasi berbasis internet telah berkembang pesat. Produk berbasis internet yang paling digemari adalah situs jejaring sosial. Dengan layanan situs jejaring sosial kita dapat berkomunikasi dengan kerabat dari jarak jauh.

B

Arus perkembangan teknologi ini bagaimana pun tak bisa dibendung. Hampir semua remaja saat ini telah familiar dengan berbagai situs jejaring sosial tersebut.

C

Penggunaan media sosial di kalangan remaja yang terus berkembang tentu memberikan dampak tersendiri. Namun, apakah media sosial selalu berdampak buruk bagi remaja?

D

Apabila digunakan dengan sebaik-baiknya, media sosial dapat memotivasi remaja untuk mengembangkan diri, memudahkan remaja mengenal hal baru dan megambil sisi positif dari setiap perubahan yang lebih baik.

Pembahasan:

Struktur teks tanggapan kritis meliputi:

  • Resume/evaluasi, merupakan bagian pertama dalam teks tanggapan krtis. Bagian evaluasi berisi pernyataan umum tentang apa yang akan disampaikan penulis dalam teks,
  • Kelebihan dan kekurangan/deskripsi teks, merupakan bagian kedua atau lebih jelasnya adalah bagian isi. Bagian ini memaparkan informasi tentang data-data dan pendapat-pendapat yang mendukung pernyataan atau melemahkan pernyataan,
  • Penilaian keseluruhan/penegasan ulang, merupakan bagian ketiga atau bagian akhir teks yang berisi penegasan ulang terhadap apa yang telah diputuskan.

Kutipan bagian kelebihan dan kekurangan/deskripsi teks ditandai dengan tanggapan baik pro maupun kontra terhadap isu yang diangkat. Berdasarkan pilihan jawaban di atas yang termasuk struktur bagian kelebihan dan kekurangan/deskripsi teks adalah

Apabila digunakan dengan sebaik-baiknya, media sosial dapat memotivasi remaja untuk mengembangkan diri, memudahkan remaja mengenal hal baru dan megambil sisi positif dari setiap perubahan yang lebih baik.

Karena kutipan tersebut berisi mengenai tanggapan pro terhadap isu yang diangkat, yaitu isu media sosial di kalangan remaja ditandai dengan pernyataan memotivasi dan memudahkan.

Video
27 Mei 2022
Struktur dan Kebahasaan Teks Tanggapan | Bahasa Indonesia | Kelas IX
Rangkuman
15 Januari 2021
Bab 4 | Sudah Besar | Bahasa Indonesia | Kelas 4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal