Bank Soal IPA SMP Struktur dan Fungsi Rangka

Soal

Pilihan Ganda

Pernyataan berikut ini yang benar berkaitan dengan struktur tulang adalah ....

A

tulang kompak lebih banyak mengandung serabut elastis dibandingkan zat kapur

B

sumsum tulang berfungsi untuk menghasilkan sel darah merah dan sel darah putih

C

ujung tulang panjang ditutup dengan bagian yang lunak, tebal, dan lentur yaitu tulang spons

D

tulang rawan mempunyai struktur yang kurang keras dan di dalamnya terdapat lubang-lubang

Pembahasan:

Struktur tulang:

Periosteum

Periosteum adalah membran tulang tipis dan padat yang merupakan jaringan fibrosa yang menutupi seluruh bagian tulang kecuali pada sisi ujungnya. Periosteum mengandung osteoblas (sel pembentuk jaringan tulang), jaringan ikat, dan pembuluh darah. Fungsi periosteum adalah sebagai tempat melekatnya otot-otot rangka, memberikan nutrisi, mendukung pertumbuhan tulang, dan memperbaiki tulang yang rusak.

Tulang Kompak

Tulang kompak adalah tulang yang padat dan keras. Tulang kompak memiliki banyak kanal (saluran) yang terdapat pembuluh darah dan saraf. Fungsi kanal tersebut adalah agar pembuluh darah dan serabut saraf dapat masuk ke dalam tulang. Tulang kompak keras karena sebagian besar kandungannya adalah zat kapur dan fosfor. Juga terdapat serabut elastis yang berfungsi untuk mempertahankan tulang tidak rapuh dan kuat.

Tulang Spons

Tulang spons adalah tulang yang kurang padat, lebih lentur, dan lebih fleksibel dari tulang kompak sehingga massa jenisnya juga lebih rendah.

Tulang Rawan

Tulang rawan tersusun atas sel-sel tulang rawan (kondosit) yang menghasilkan matriks ekstraseluler berupa serat dan substansi dasar yang disebut kondrin. Matriks tersebut membuat tulang rawan menjadi lentur, licin, dan kuat.

Sumsum Tulang

Sumsum tulang adalah bagian yang ditemukan pada rongga dalam tulang yang merupakan tempat produksi sebagian besar sel darah baru. Ada dua jenis sumsum tulang:

  • sumsum merah, dikenal juga sebagai jaringan myeloid. Sel darah merah, keping darah, dan sebagian besar sel darah putih dihasilkan dari sumsum merah.
  • sumsum kuning. Sumsum kuning menghasilkan sel darah putih dan warnanya ditimbulkan oleh sel-sel lemak yang banyak dikandungnya.


Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat menyelidiki apakah pernyataan-pernyataan pada soal benar atau salah.

*tulang kompak lebih banyak mengandung serabut elastis dibandingkan zat kapur. Pernyataan ini salah karena tulang kompak lebih banyak mengandung zat kapur, sehingga tulang kompak memiliki struktur yang keras dan kuat.

*sumsum tulang berfungsi untuk menghasilkan sel darah merah dan sel darah putih. Pernyataan ini benar sesuai dengan penjelasan.

*ujung tulang panjang ditutup dengan bagian yang lunak, tebal, dan lentur yaitu tulang spons. Pernyataan ini salah karena tulang panjang ditutup dengan tulang rawan bukan tulang spons.

*tulang rawan mempunyai struktur yang kurang keras dan di dalamnya terdapat lubang-lubang. Pernyataan ini salah karena tulang yang strukturnya kurang keras dan di dalamnya berluabang-lubang adalah tulang spons.

Video
17 Agustus 2020
Mekanisme Gerak Sendi Peluru
Rangkuman
 
28 Mei 2020
Bagian Tubuh Hewan | IPA | Kelas 4 | Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup | Subtema 2 Keberagaman...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal