Perhatikan cerpen berikut!

Malam begitu cerah, bagi anak muda tentunya akan menghabiskan waktu untuk pergi keluar. Namun tidak dengan Ani, ia menghabiskan Minggu malam yang cerah untuk belajar, karena keesokan harinya ada UAS.

Tak selang berapa lama terdengar suara telepon, ternyata dari Lia, ia ingin mengajak Ani untuk bermain di luar. Namun Ani menolak untuk diajak, sebab ia lebih memilih untuk belajar di rumah.

Keesokan harinya Ani bertemu Lia di sekolah. Lia mengatakan bahwa Ani pasti akan menyesal karena ia tak ikut tadi malam untuk melihat konser.

UAS pun dimulai. Ketika Ani dengan penuh semangat mengerjakan, Lia di pojokan kebingungan menoleh sana-sini untuk mencari jawaban. Sebab ia tidak belajar sama sekali.

(Sumber: deweezz.com)

Pesan moral yang dapat diambil dari cerpen tersebut adalah ....

A

hendaknya kita menggunakan waktu kita untuk hal yang bermanfaat

B

pergilah ke konser semalam sebelum ujian berlangsung

C

serahkan semuanya pada Tuhan saat menghadapi ujian

D

belajar dan bermain harus dilakukan secara seimbang

Pembahasan:

Pesan moral atau amanat adalah pesan atau nasihat yang hendak disampaikan penulis kepada pembaca. Amanat dapat dicari dengan memahami isi dari cerpen tersebut.

Isi cerpen tersebut adalah tokoh Ani yang giat mempersiapkan dirinya untuk UAS, sedangkan tokoh Lia menghabiskan waktunya untuk menonton konser padahal esoknya mereka menghadapi ujian. Alhasil, tokoh Lia tidak bisa mengerjakan ujian tersebut. Berbanding terbalik dengan Ani yang bisa mengerjakan ujian dengan lancar.

Maka dari itu, amanat yang dapat diambil dari cerpen singkat tersebut adalah hendaknya kita menggunakan waktu kita untuk hal yang bermanfaat.

Bahasa Indonesia Kelas 9 Menulis Cerita Pendek Identifikasi Unsur Cerita Pendek KD3.5
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.364 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini