Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Inspiratif
Soal
Baca teks berikut ini dengan cermat.
Melisa, Siswi SD Berprestasi Meski Menulis dengan Menggunakan Kaki
Melisa Diana Putri adalah seorang siswi difabel di SDN Tukul II Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Ia tidak masuk Sekolah Luar Biasa karena lokasinya jauh di kota dan keluarganya terbilang kurang mampu. Melisa bercita-cita menjadi guru matematika. Semangatnya sangat tinggi meski ia belajar dan beraktivitas menggunakan kaki.
Untunglah sekolah Melisa menjalankan program pendidikan inklusif. Ini artinya ada penyesuaian agar anak-anak difabel seperti Melisa dapat bersekolah bersama dengan anak-anak lainnya. Contohnya, di sekolah, ia disediakan meja tulis khusus yang lebih rendah dari tubuhnya. Saat menulis di buku tulis, dia menggenggam pensil dengan jari kakinya. Ketika berdiri di depan papan tulis, kaki kirinya menopang tubuh agar seimbang, sementara kaki kanannya lincah menulis di papan tulis. Walaupun ditulis dengan kaki, tulisan Melisa rapi.
Keterbatasan fisiknya ini ternyata tidak menjadi halangan. Melisa sangat tekun dalam belajar. Ia sangat bersemangat meraih prestasi dan nilai baik. Menurut pengakuan gurunya, Melisa memang sangat jago matematika. Selain itu, Melisa juga hobi membaca. Buku apa pun ia baca. Melisa mengaku, ia membaca buku untuk memperluas wawasan.
Menurut Tri Adi Nurfeni, guru bahasa Indonesia, Melisa meraih cukup banyak prestasi. Melisa pernah juara lomba baca, tulis, dan hitung tingkat kecamatan, dan ditunjuk menjadi duta sekolah karena pengetahuannya yang luas. Berkat pencapaian Melisa, Wakil Bupati Timbul Prihanjoko mengunjungi Melisa di sekolah. Joko, panggilan akrab Wakil Bupati Probolinggo, terharu melihat semangat Melisa untuk meraih cita-cita. Joko dan sejumlah pejabat Pemkab Probolinggo memberi sejumlah bantuan untuk kelanjutan belajar Melisa. Tidak hanya itu, kabupaten Probolinggo juga merencanakan untuk meluaskan jangkauan sekolah inklusif dan mengadakan pelatihan bagi guru pembimbing khusus di sekolah inklusif.
Melisa menjadi bukti bahwa keterbatasan fisik tidak menghalangi seseorang dalam meraih prestasi. Berkat ketekunan dalam belajar, Melisa dapat mengatasi keterbatasan yang ada.
(Sumber: Kompas.com, dengan penyesuaian)
Paragraf yang berisi bagian resolusi adalah ....
Pembahasan:
Struktur teks cerita inspiratif dibagi menjadi enam, di antaranya:
- Abstrak. Bagian yang berisi inti dari teks cerita inspiratif atau ringkasannya. Bagian ini bersifat opsional, boleh ada maupun tidak.
- Orientasi. Bagian yang berisi pengenalan tema, latar, maupun tokoh. Bagian ini terdapat di awal sebuah teks.
- Komplikasi. Bagian yang berisi munculnya masalah atau terjadinya konflik dalam cerita sampai pada klimaksnya.
- Evaluasi. Bagian yang berisi munculnya pemecahan atau penyelesaian masalah.
- Resolusi. Bagian yang berisi pemecahan masalah atau selesainya sebuah masalah.
- Koda. Bagian yang berisi amanat atau pesan-pesan positif yang bisa dipetik dari teks.
Dalam cerita di atas, paragraf yang merupakan bagian resolusi adalah paragraf keempat. Paragraf keempat berisi selesainya sebuah masalah yang digambarkan dengan prestasi yang berhasil diraih Melisa dan apresiasi yang didapatkannya.
Paragraf pertama cerita merupakan bagian orientasi karena berisi pengenalan tokoh, yaitu Melisa. Paragraf kedua cerita di atas merupakan bagian komplikasi karena berisi permasalahan yang dialami oleh tokoh. Paragraf ketiga merupakan bagian evaluasi karena berisi munculnya penyelesaian masalah yang dialami oleh tokoh. Paragraf kelima merupakan bagian koda karena berisi amanat dan pesan-pesan dalam cerita.
Jadi, jawaban yang benar paragraf keempat.
Selengkapnya



Soal Populer Hari Ini
Baca teks berikut ini dengan cermat.
Akibat adanya virus corona, segala jenis kegiatan belajar mengajar dalam lembaga pendidikan formal diliburkan untuk sementara waktu. Format pengajaran pun harus berubah. Sebagai gantinya guru dan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring/online. Namun kegiatan tersebut seringkali mengalami kendala. Hal itulah yang membuat seorang guru di Sumenep memutuskan datang ke rumah masing-masing siswa.
Guru tersebut adalah Avan Fathurrahman. Avan merupakan guru di Sekolah Dasar Negeri Batuputih Laok 3, Sumenep, Madura, Jawa Timur. Melalui unggahan di akun Facebook pribadinya, ia menceritakan perjuangannya mengajar di masa pandemi.
Pembelajaran dari rumah mewajibkan Avan memberikan instruksi dan materi pelajaran melalui gawai. Namun hal itu tidak semudah yang diharapkan. Penyebabnya adalah karena tak semua siswa memiliki gawai untuk belajar dari rumah. Jika pun mereka memiliki gawai, tak semua siswa tahu cara pemakaiannya. Selain itu, orangtua siswa sibuk bekerja di sawah, sehingga mereka tak memiliki waktu untuk membimbing anaknya.
Karena kendala tersebut, Avan mengaku terpaksa melanggar imbauan dari pemerintah. Ia berkeliling ke rumah-rumah siswa tiga kali dalam seminggu. Avan harus rela menempuh jarak yang lumayan jauh dan trek yang lumayan sulit karena masuk ke desa-desa. "Bahkan jika hujan, saya harus jalan kaki ke rumah siswa," ungkapnya ketika ditanyai mengenai kesulitannya dalam mengajar. "Saya sadar ini melanggar imbauan pemerintah, tapi mau gimana lagi?"
Unggahan Avan di Facebooknya tersebut kemudian viral. Banyak warganet yang tersentuh dan mendukung Avan. Sebuah akun yang bernama Uti Nyiut memberi komentar, "Semoga selalu diberi kesehatan, ya, Pak. Semoga ilmu yang diajarkan menjadi berkah." Akun lain yang bernama Rubi Rubiarsih juga memberi komentar, "Guru teladan, baik dijadikan contoh untuk semua guru di Indonesia."
Avan adalah guru yang sangat peduli terhadap keberlangsungan belajar siswanya. Semangatnya dalam mengajar bagaikan matahari yang senantiasa menyinari bumi. Ia rela mengorbankan waktu dan tenaganya agar siswanya bisa mendapat pelajaran yang layak. Inisiatifnya tersebut juga tetap ia sertai dengan kesadaran mematuhi protokol kesehatan.
(Sumber: Liputan6.com, dengan penyesuaian)
Penggunaan kata ekspresif dalam teks di atas terdapat pada paragraf ....
Bahasa Indonesia
Level 9
Menulis
Cerita Inspiratif
Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Inspiratif
KD3.12
Bagian cerita inspiratif yang berisi amanat dan pesan-pesan positif yang bisa kita petik dari teks adalah ....
Bahasa Indonesia
Level 9
Menulis
Cerita Inspiratif
Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Inspiratif
KD3.12
Bagian pidato persuasif yang berisi tentang ucapan terima kasih dan permohonan maaf apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian pidato terletak pada struktur bagian ....
Bahasa Indonesia
Level 9
Menulis
Pidato Persuasif
Struktur dan Kebahasaan Pidato Persuasif
KD3.4
Cermati kutipan novel di bawah ini!
Perempuan muda itu berteriak kepada seorang kakek di hadapannya, "Jangan sampai aku bertemu kamu lagi di masa depan! Gara-gara kamu, aku dipecat!"
Kakek yang sudah berusia 60 tahunan itu menatap perempuan itu ragu di balik gurat wajahnya yang terlihat jelas. Perempuan itu masih sibuk mengomelinya karena sebagai driver ojek online, ia tidak sanggup ngebut di atas kecepatan standar.
"Maafkan saya, Mbak," ucap kakek tersebut masih menunduk. Mendung gelap menggantung di langit, menutupi matahari yang hampir tenggelam. Sesaat kemudian, hujan deras turun. "Lihat sekarang aku terjebak hujan di sini denganmu! Dasar pembawa sial!" bentak perempuan itu lagi.
"Ayah!" tiba-tiba terdengar suara lelaki memanggil. Baik kakek tua dan perempuan muda itu menoleh. Laki-laki dengan jas birunya membuka payung lebar-lebar dan tergesa mendekati kakek tua itu.
"Ah, Ayah. Sudah kubilang jangan bekerja lagi. Seharusnya Ayah di rumah saja." Kakek tua itu tertawa mendengar anaknya kembali menasihatinya. Sesaat laki-laki yang ternyata adalah atasan perempuan muda itu menoleh kepada perempuan muda itu. "Ternyata keputusan saya memecat kamu tidak salah. Saya melihat kamu memaki Ayah saya yang tidak bisa mengebut di jalan. Kalau kamu sadar, perihal telatnya kamu di kantor ini adalah kesalahanmu sendiri yang tidak bisa memperkirakan waktu. Sudahlah, percuma saya berbicara. Ayo, Ayah.. Kita pulang." Laki-laki itu merangkul Ayahnya hangat dan mereka pun berjalan beriringan menuju mobil untuk pulang.
Amanat yang dapat diambil dari kutipan tersebut adalah ....
Bahasa Indonesia
Level 9
Membaca
Buku Fiksi dan Nonfiksi
Hubungan Unsur-unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi
KD4.13
Luas permukaan tabung yang memiliki diameter 18 cm dan tinggi 25 cm adalah ... cm2.
Matematika
Level 9
Geometri
Bangun Ruang Sisi Lengkung
Luas dan Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung
Sekolah Berdasarkan Sistem Zonasi, Setuju atau Tidak?
Ketua DPP PKS, Ledia Hanifah Amaliah, memberikan solusi kepada pemerintah terkait penentangan sistem zonasi. Hanifah mengatakan, "Solusi pertama, evaluasi menyeluruh kebijakan sistem zonasi. Kedua, beri keleluasaan pada daerah untuk menyesuaikan kondisinya."
Berdasarkan kutipan teks diskusi di atas, bagian isu yang tepat untuk melengkapinya adalah ...
Bahasa Indonesia
Level 9
Menulis
Teks Diskusi
Menulis Teks Diskusi
KD3.10
Unsur nitrogen memiliki jumlah elektron 7 dan jumlah neutron 7. Penulisan lambang unsur nitrogen yang benar adalah ....
IPA
Level 9
Kimia
Partikel Penyusun Materi
Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup
Perhatikan gambar kedua segitiga di bawah ini!

CED dan CGF adalah sebangun. Manakah di bawah ini yang bukan merupakan pasangan sisi yang bersesuaian!
Matematika
Level 9
Geometri
Kesebangunan dan Kongruen
Kesebangunan
Perhatikan gambar berikut!

Jika AB = 15 cm dan BD = 9 cm, Hitunglah luas !
Matematika
Level 9
Geometri
Kesebangunan dan Kongruen
Kesebangunan
Kongruen dan Kesebangunan
Perhatikan gambar di bawah ini!

Pernahkah kamu melihat bola lampu yang dapat menyala ketika roda hamster berputar? Gerak atau putaran roda yang dihasilkan hamster ketika berlari rupanya dapat mengalirkan listrik dengan bantuan generator. Percobaan ini menggunakan prinsip yang sama untuk menghasilkan energi terbarukan pembangkit listrik, yaitu ….
(Pilih semua jawaban yang benar!)
IPA
Level 9
Fisika
Teknologi Ramah Lingkungan
Prinsip Teknologi Ramah Lingkungan
Cek Contoh Kuis Online
Kejar Kuis
Cek Contoh Bank Soal
Kejar Soal
Baca teks berikut ini dengan cermat.
Akibat adanya virus corona, segala jenis kegiatan belajar mengajar dalam lembaga pendidikan formal diliburkan untuk sementara waktu. Format pengajaran pun harus berubah. Sebagai gantinya guru dan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring/online. Namun kegiatan tersebut seringkali mengalami kendala. Hal itulah yang membuat seorang guru di Sumenep memutuskan datang ke rumah masing-masing siswa.
Guru tersebut adalah Avan Fathurrahman. Avan merupakan guru di Sekolah Dasar Negeri Batuputih Laok 3, Sumenep, Madura, Jawa Timur. Melalui unggahan di akun Facebook pribadinya, ia menceritakan perjuangannya mengajar di masa pandemi.
Pembelajaran dari rumah mewajibkan Avan memberikan instruksi dan materi pelajaran melalui gawai. Namun hal itu tidak semudah yang diharapkan. Penyebabnya adalah karena tak semua siswa memiliki gawai untuk belajar dari rumah. Jika pun mereka memiliki gawai, tak semua siswa tahu cara pemakaiannya. Selain itu, orangtua siswa sibuk bekerja di sawah, sehingga mereka tak memiliki waktu untuk membimbing anaknya.
Karena kendala tersebut, Avan mengaku terpaksa melanggar imbauan dari pemerintah. Ia berkeliling ke rumah-rumah siswa tiga kali dalam seminggu. Avan harus rela menempuh jarak yang lumayan jauh dan trek yang lumayan sulit karena masuk ke desa-desa. "Bahkan jika hujan, saya harus jalan kaki ke rumah siswa," ungkapnya ketika ditanyai mengenai kesulitannya dalam mengajar. "Saya sadar ini melanggar imbauan pemerintah, tapi mau gimana lagi?"
Unggahan Avan di Facebooknya tersebut kemudian viral. Banyak warganet yang tersentuh dan mendukung Avan. Sebuah akun yang bernama Uti Nyiut memberi komentar, "Semoga selalu diberi kesehatan, ya, Pak. Semoga ilmu yang diajarkan menjadi berkah." Akun lain yang bernama Rubi Rubiarsih juga memberi komentar, "Guru teladan, baik dijadikan contoh untuk semua guru di Indonesia."
Avan adalah guru yang sangat peduli terhadap keberlangsungan belajar siswanya. Semangatnya dalam mengajar bagaikan matahari yang senantiasa menyinari bumi. Ia rela mengorbankan waktu dan tenaganya agar siswanya bisa mendapat pelajaran yang layak. Inisiatifnya tersebut juga tetap ia sertai dengan kesadaran mematuhi protokol kesehatan.
(Sumber: Liputan6.com, dengan penyesuaian)
Penggunaan kata ekspresif dalam teks di atas terdapat pada paragraf ....
Bagian cerita inspiratif yang berisi amanat dan pesan-pesan positif yang bisa kita petik dari teks adalah ....
Bagian pidato persuasif yang berisi tentang ucapan terima kasih dan permohonan maaf apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian pidato terletak pada struktur bagian ....
Cermati kutipan novel di bawah ini!
Perempuan muda itu berteriak kepada seorang kakek di hadapannya, "Jangan sampai aku bertemu kamu lagi di masa depan! Gara-gara kamu, aku dipecat!"
Kakek yang sudah berusia 60 tahunan itu menatap perempuan itu ragu di balik gurat wajahnya yang terlihat jelas. Perempuan itu masih sibuk mengomelinya karena sebagai driver ojek online, ia tidak sanggup ngebut di atas kecepatan standar.
"Maafkan saya, Mbak," ucap kakek tersebut masih menunduk. Mendung gelap menggantung di langit, menutupi matahari yang hampir tenggelam. Sesaat kemudian, hujan deras turun. "Lihat sekarang aku terjebak hujan di sini denganmu! Dasar pembawa sial!" bentak perempuan itu lagi.
"Ayah!" tiba-tiba terdengar suara lelaki memanggil. Baik kakek tua dan perempuan muda itu menoleh. Laki-laki dengan jas birunya membuka payung lebar-lebar dan tergesa mendekati kakek tua itu.
"Ah, Ayah. Sudah kubilang jangan bekerja lagi. Seharusnya Ayah di rumah saja." Kakek tua itu tertawa mendengar anaknya kembali menasihatinya. Sesaat laki-laki yang ternyata adalah atasan perempuan muda itu menoleh kepada perempuan muda itu. "Ternyata keputusan saya memecat kamu tidak salah. Saya melihat kamu memaki Ayah saya yang tidak bisa mengebut di jalan. Kalau kamu sadar, perihal telatnya kamu di kantor ini adalah kesalahanmu sendiri yang tidak bisa memperkirakan waktu. Sudahlah, percuma saya berbicara. Ayo, Ayah.. Kita pulang." Laki-laki itu merangkul Ayahnya hangat dan mereka pun berjalan beriringan menuju mobil untuk pulang.
Amanat yang dapat diambil dari kutipan tersebut adalah ....
Luas permukaan tabung yang memiliki diameter 18 cm dan tinggi 25 cm adalah ... cm2.
Sekolah Berdasarkan Sistem Zonasi, Setuju atau Tidak?
Ketua DPP PKS, Ledia Hanifah Amaliah, memberikan solusi kepada pemerintah terkait penentangan sistem zonasi. Hanifah mengatakan, "Solusi pertama, evaluasi menyeluruh kebijakan sistem zonasi. Kedua, beri keleluasaan pada daerah untuk menyesuaikan kondisinya."
Berdasarkan kutipan teks diskusi di atas, bagian isu yang tepat untuk melengkapinya adalah ...
Unsur nitrogen memiliki jumlah elektron 7 dan jumlah neutron 7. Penulisan lambang unsur nitrogen yang benar adalah ....
Perhatikan gambar kedua segitiga di bawah ini!
CED dan CGF adalah sebangun. Manakah di bawah ini yang bukan merupakan pasangan sisi yang bersesuaian!
Perhatikan gambar berikut!
Jika AB = 15 cm dan BD = 9 cm, Hitunglah luas !
Perhatikan gambar di bawah ini!
Pernahkah kamu melihat bola lampu yang dapat menyala ketika roda hamster berputar? Gerak atau putaran roda yang dihasilkan hamster ketika berlari rupanya dapat mengalirkan listrik dengan bantuan generator. Percobaan ini menggunakan prinsip yang sama untuk menghasilkan energi terbarukan pembangkit listrik, yaitu ….
(Pilih semua jawaban yang benar!)