Pesona Reog Ponorogo

(Sumber gambar: ANTARA FOTO/Siswowidodo)

 

Siapa yang tidak mengenal Reog? Sebuah perpaduan tari tradisional dan pertunjukan magis asal Kota Ponorogo, Jawa Timur yang begitu memukau dengan musik gamelan dan kostum uniknya. Kemeriahan pertunjukan Tari Reog biasanya mengundang keramaian, terlebih ketika dipertontonkan di tempat terbuka, seperti lapangan, jalanan, dan lain sebagainya.


Lantas apa yang membuat tarian ini begitu menarik? Sebagaimana diilustrasikan dalam gambar di atas, Tari Reog begitu menyita perhatian dengan kostum tokoh utama pertunjukannya, yaitu Singa Barong. Tokoh ini direpresentasikan dengan sebuah topeng singa dengan bulu merak raksasa di atasnya yang biasa disebut Topeng Dadak Merak. Topeng dengan berat sekitar 50 kg tersebut harus dibawa oleh satu orang penari yang terkadang juga harus membawa seorang penari perempuan di pundaknya, yaitu Puteri Ragil Kuning. 

 

Reog memiliki berbagai tokoh lain dalam pertunjukannya. Beberapa di antaranya adalah Raja Kelono Sewandono, Bujunganom, Warok, Jatilan, dan Caplokan. Menariknya, sebuah kelompok Tari Reog harus memiliki setidaknya satu “wong pinter” (orang pintar) untuk berurusan dengan hal-hal magis yang ditampilkan dalam Tari Reog. 

 

(Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id dan joglosemar.com)

Berapa orang penari dalam Tari Reog yang memakai satu Topeng Dadak Merak?

A

Satu orang.

B

Dua orang.

C

Tiga orang.

D

Empat orang.

Pembahasan:

Jawaban dari soal ini dapat ditemukan di paragraf kedua kalimat terakhir. Dalam kaliamt tersebut disebutkan bahwa Topeng Dadak Merak seberat 50 kg dipakai oleh satu orang penari. Maka, jawaban yang tepat dari soal ini adalah opsi A. 

Bahasa Indonesia Kelas 8 PISA AKM
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.579 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini