Bank Soal IPA SMP Struktur dan Fungsi Rangka

Soal

Pilihan Ganda

Riketsia adalah kelainan pertumbuhan tulang pada anak yang umumnya disebabkan oleh kekurangan vitamin D dan kalsium. Penyakit ini menyebabkan tulang rapuh dan membengkok. Upaya penyembuhan riketsia yang dapat dilakukan setiap hari adalah ....

A

melakukan olahraga renang untuk memperbaiki postur tulang

B

mengkonsumsi suplemen berkalsium tinggi

C

tidak beraktivitas agar riketsia tidak semakin parah

D

berjemur di bawah sinar matahari sebelum jam 10 pagi secara rutin

Pembahasan:

Riketsia/ rakitis adalah kelainan pertumbuhan tulang pada anak yang umumnya disebabkan oleh kekurangan vitamin D dan kalsium. Vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium dan fosfat dari makanan yang dilakukan oleh usus. Kekurangan vitamin D akan menyebabkan tubuh kesulitan dalam menjaga kadar kalsium dan fosfat. Kondisi ini memaksa tubuh untuk melepaskan kedua zat tersebut dari tulang, sehingga tulang mengalami pelunakan (osteomalacia) dan kerapuhan, bahkan pertumbuhan tulang terhambat sehingga menyebabkan kelainan bentuk tulang.


Rakitis biasanya menyerang tulang di lengan, kaki, panggul, dan tulang belakang . Maka dari itu, kondisi ini lebih banyak ditemukan pada bayi dan anak-anak. Meskipun demikian, penyakit ini juga terkadang bisa terjadi pada remaja. Pada beberapa kasus, kondisi ini merupakan turunan dari anggota keluarga.


Langkah utama yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau mencegah rakitis tentunya dengan memenuhi asupan vitamin D. Vitamin D dapat diperoleh dengan cara:

  • Memperbanyak konsumsi makanan atau minuman yang kaya akan vitamin D. Vitamin D bisa didapatkan secara alami dari ikan berlemak, minyak ikan, dan kuning telur.
  • Menjemur mereka di bawah sinar matahari pagi (sebelum jam 10 pagi) secara rutin, yaitu sekitar 10-15 menit setiap hari.
  • Mengonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium jika asupan dari makanan kurang.


Dari pemaparan tersebut, langkah utama untuk mengobati riketsia adalah dengan memenuhi asupan vitamin D terlebih dahulu. Upaya sehari-hari yang mudah dilakukan adalah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan berjemur di pagi hari secara rutin. Paparan sinar matahari di pagi hari membantu tubuh menghasilkan vitamin D secara alami.

Olahraga ringan boleh, namun jika terlalu memaksakan berbahaya bagi tulang, karena strukturnya yang rapuh. Jika olahraga terlalu berat dikhawatirkan tulang akan mengalami cidera. Penderita boleh beraktivitas yang wajar dan tidak memberatkan tulang. Karena bagaimanapun tulang juga perlu dilatih agar kuat.

Untuk memperbaiki tulang yang rapuh memang dibutuhkan kalsium yang banyak. Namun mengkonsumsi suplemen yang berkalsium tinggi membutuhkan resep dokter. Lagipula akan sia-sia jika mengkonsumsi kalsium banyak namun tidak dapat diserap tubuh, justru berbahaya jika sampai menumpuk di ginjal. Ingat salah satu fungsi vitamin D adalah membantu penyerapan kalsium oleh tubuh.

Jika rakitis menyebabkan tulang mengalami kelainan, misalnya punggung menjadi bungkuk atau tulang kaki menjadi melengkung, maka dokter dapat memasangkan alat penyangga khusus untuk memposisikan tulang kembali pada tempatnya. Alat ini juga dapat terus dipakai seiring pertumbuhan anak. Pada kasus tertentu, operasi bisa dilakukan jika dirasa perlu untuk memperbaiki bentuk serta posisi tulang yang bengkok tersebut.

Video
17 Agustus 2020
Mekanisme Gerak Sendi Peluru
Rangkuman
 
28 Mei 2020
Bagian Tubuh Hewan | IPA | Kelas 4 | Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup | Subtema 2 Keberagaman...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal