Bank Soal IPA SMP Sistem Gerak pada Tumbuhan

Soal

Pilihan Ganda

Putri malu bila disentuh daunnya akan mengatup. Hal ini menunjukkan gerak ....

A

tropisme

B

taksis

C

gravitasi

D

nasti

Pembahasan:

Gerakan daun putri malu menutup tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Oleh karena itu, gerakan ini disebut gerak nasti. Sentuhan pada putri malu menyebabkan adanya aliran air menjauhi sentuhan sehingga kadar air berkurang dan tekanan turgor mengecil. Pulihnya turgor memakan waktu cukup lama tergantung pada suhu dan keras halusnya getaran atau sentuhan.


Mari kita mengenal lebih lanjut tentang gerak nasti.

Gerak nasti merupakan salah satu gerak esionom, yaitu gerakan yang dipengaruhi oleh rangsangan luar. Lebih jelasnya gerak nasti adalah gerakan yang dilakukan tumbuhan akibat perubahan tekanan turgor yang arah gerakannya tidak ditentukan oleh arah rangsang. Tekanan turgor adalah tekanan air pada dinding sel. Jika tekanan turgor tinggi maka kadar air akan tinggi dan sel akan mengembung, tegang, dan kaku. Sebaliknya jika tekanan turgor rendah maka kadar air berkurang dan sel akan kendur. Faktor penyebab perubahan tekanan turgor adalah perubahan suhu, intensitas cahaya, kelembapan dan tekanan. Gerak nasti pada tumbuhan dibedakan menjadi seismonasti, niktinasti, haptonasti, termonasti, fotonasti dan nasti kompleks.

  • Gerak Seismonasti

Gerak seismonasti disebut juga tigmonasti merupakan gerak tumbuhan yang disebabkan oleh berubahnya tekanan turgor akibat adanya sentuhan atau getaran. Contoh gerak ini adalah menutupnya daun putri malu (Mimosa pudica) jika terkena sentuhan atau getaran.

  • Gerak Niktinasti

Gerak niktinasti merupakan gerak bagian tumbuhan yang disebabkan berubahnya tekanan turgor akibat adanya perubahan siang dan malam. Niktinasti terjadi seara periodik yaitu saat menjelang malam. Oleh karena itu gerak ini disebut juga gerak tidur. Gerakan ini umumnya dijumpai pada tumbuhan polong-polongan (Leguminoceae). Tumbuhan ini akan menutup pada malam hari dan membuka keesokan harinya ketika matahari terbit.

  • Gerak Haptonasti

Gerak nasti yang disebabkan oleh sentuhan serangga. Contohnya pada sejenis tumbuhan perangkap lalat. Jika ada lalat yang menyentuh bagian dalam daun maka daun akan merespon dengan menutup dan lalat terperangkap diantara belahan daun.

  • Gerak Termonasti

Gerak nasti pada bagian tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan suhu. Contohnya bunga tulip yang mekar. Ketika bunga-bunga tersebut mekar jika mengalami kenaikan suhu dan ketika suhu turun akan menguncup kembali.

  • Gerak Fotonasti

Gerak nasti pada tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan cahaya. Contohnya mekarnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) yang mekar di sore hari. dan mekarnya bunga morning glory pada pagi hari dan waktu-waktu tertentu.

  • Gerak Nasti Kompleks

Gerakan ini disebabkan oleh berbagai faktor yang saling berhubungan. Contohnya adalah gerak membuka dan menutupnya sel stomata. Gerak ini dipengaruhi oleh cahaya, zat kimia, panas dan air sehingga gerakan tersebut dapat dikatakan sebagai fotonasti, kemonasti, termonasti dan hidronasti.

Video
17 Agustus 2020
Sistem Gerak pada Tumbuhan
Rangkuman
 
28 Mei 2020
Bagian Tubuh Hewan | IPA | Kelas 4 | Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup | Subtema 2 Keberagaman...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal