Bank Soal IPA SMP Sistem Gerak pada Hewan

Soal

Pilihan Ganda

Bagian tubuh burung yang berfungsi untuk mengatur gerak belok burung ketika terbang adalah ....

A

sayap

B

ekor

C

pundi-pundi udara

D

cakar

Pembahasan:

Burung memiliki rangka yang ringan dan kuat, serta otot yang kuat. Namun untuk dapat terbang burung harus mengatasi masalah massa jenisnya yang lebih besar dari udara. Struktur tubuh burung berikut yang menyebabkan burung dapat terbang.

  • Sayap

Untuk dapat terbang, burung harus mempunyai gaya angkat yang lebih besar dibanding gaya gravitasi. Salah satu upaya untuk memperbesar gaya angkat dengan menggunakan sayap. Sayap burung memiliki susunan kerangka yang ringan, tulang dada dan otot yang kuat.

Bentuk sayap airfoil membuat udara mengalir pada bagian atas sayap lebih cepat daripada bagian bawahnya. Saat sayap dikepakkan, udara akan mengalir ke bawah. Dorongan ke bawah tersebut akan menghasilkan gaya yang berlawanan arah sehingga burung akan terangkat ke atas. Bulu sayap pada burung berfungsi untuk memperluas bidang sayap sehingga gaya angkat yang dihasilkan menjadi lebih besar.

  • Ekor

Ketika terbang burung sering melakukan manuver. Ekor burung sangat berperan dalam melakukan manuver tersebut. Ekor burung digunakan untuk mengatur pergerakan terbang. Dalam hal ini adalah pergerakan belok kiri dan kanan. Ekor inilah yang mengatur pergerakan belok. Ketika ingin berbelok ke kiri, burung memiringkan ekornya ke arah kanan, begitu juga sebaliknya jika ingin belok kanan.

Ekor memiliki bentuk yang berbeda. Misalnya bulu-bulu ekor yang besar digunakan untuk mengerem dan menjaga keseimbangan ketika mendarat.

  • Kantung Udara/ Pundi-pundi udara

Kantung udara pada burung terletak dibeberapa posisi yaitu 2 buah di leher, 1 buah diantara tulang selangka, 2 buah berada di dada depan, 2 buah berada di dada belakang dan 2 buah kantong udara di perut. Kantung ini berfungsi:

  1. Membantu napas pada saat terbang karena kantong udara dapat menyimpan cadangan udara,
  2. Membantu mengeraskan suara saat berkicau,
  3. Membantu menjaga suhu organ dalam dari pengaruh suhu dingin lingkungan,
  4. Membantu mengatur berat jenis badan saat burung berenang dan terbang.
  • Kaki

Seekor burung bisa terbang karena menggunakan kakinya untuk mendorong tubuhnya dari tanah ke udara. Burung akan mengepakkan sayap untuk bisa tetap melayang di udara, yang disebut dengan gaya angkat. Bila burung mendorong kaki dan mengangkat sayapnya secara bersamaan, mereka baru bisa terbang.

Jadi, bagian tubuh burung yang berfungsi untuk mengatur gerak belok burung ketika terbang adalah ekor.

Video
11 Agustus 2020
Mengapa Kijang dapat Berlari Lebih Kencang Dibandingkan Kuda?
Rangkuman
 
28 Mei 2020
Bagian Tubuh Hewan | IPA | Kelas 4 | Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup | Subtema 2 Keberagaman...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal