Tinggi rendah nada dan cepat lambatnya pengucapan dalam membawakan suatu puisi sangat memengaruhi bagaimana puisi tersebut dinikmati dan dicerna oleh pendengar. Maka, penguasaan yang tepat sesuai pernyataan tersebut adalah penguasaan di bidang ....

A

intonasi dan tempo

B

pelafalan

C

mimik dan gestur

D

volume suara

Pembahasan:

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membaca puisi adalah sebagai berikut.

  1. Pelafalan → Suatu proses pengucapan bunyi bahasa (suku kata, kata, frasa, kalimat) yang disesuaikan dengan jiwa dan tema puisi.
  2. Intonasi dan tempo → Intonasi adalah tinggi rendah nada saat membacakan puisi sehingga puisi tidak terkesan membosankan. Sedangkan tempo adalah cepat lambatnya pengucapan suatu kalimat atau suku kata.
  3. Sikap → Penguasaan puisi dan sikap tubuh sehingga bisa membacakan puisi sesuai dengan keinginan dan isi puisi.
  4. Mimik dan gestur → Mimik adalah ekspresi saat membaca puisi. Sedangkan gestur adalah gerak tubuh yang diperlukan saat membaca puisi. Mimik dan gestur harus diperhatikan karena menyangkut pembawaan emosi dari puisi itu sendiri.
  5. Volume suara → Keras kecilnya suara yang hendak dikeluarkan. Pembaca juga perlu menyesuaikan dengan mikrofon apabila menggunakan mikrofon agar volume yang dikeluarkan tepat (tidak terlalu keras atau terlalu pelan).
  6. Kelancaran dan kecepatan → Menyesuaikan kelancaran membaca dengan kecepatan akan membantu pendengar untuk memahami isi puisi. 

Sehingga, penguasaan yang sesuai dengan pernyataan tinggi rendah nada dan cepat lambatnya pengucapan dalam membawakan suatu puisi sangat memengaruhi bagaimana puisi tersebut dinikmati dan dicerna oleh pendengar adalah penguasaan intonasi dan tempo.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 39.567 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini