Bacalah penggalan berita di bawah ini!

Ledakan tabung elpiji 12 kilogram milik salah satu warga mengakibatkan kebakaran besar. Api yang melahap hampir empat ruko di daerah Kemanggisan tidak mengakibatkan korban jiwa. Namun, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah dikarenakan keempat ruko yang menjual mebel dan tekstil tersebut terbakar habis. Sampai berita ini dirilis, api masih belum bisa dipadamkan.


Unsur "apa" dalam penggalan berita tersebut adalah ....

A

sebuah tabung elpiji meledak dan mengakibatkan kebakaran besar

B

keempat ruko di daerah Kemanggisan

C

kerugian hingga ratusan juta rupiah

D

tidak adanya korban jiwa dalam kebakaran tersebut

Pembahasan:

Dalam teks berita terdapat unsur-unsur berita yaitu 5W+1H (what, where, when, who, why, how). Pengertian masing-masing unsur terdapat di bawah ini, yaitu:

  • what: unsur yang menyatakan apa yang terjadi dalam berita.
  • where: unsur yang menerangkan di mana kejadian tersebut terjadi (ditandai dengan kalimat di- ke- dari- atau kalimat penghubung yang merujuk ke tempat lainnya).
  • when: unsur yang menerangkan kapan kejadian tersebut terjadi (ditandai dengan kata-kata yang berhubungan dan menunjukkan waktu).
  • who: unsur yang menerangkan siapa yang terlibat di dalam berita tersebut (merujuk pada orang, nama orang).
  • why: unsur yang menerangkan mengapa kejadian tersebut bisa terjadi (menyatakan alasan kejadian tersebut bisa terjadi).
  • how: unsur yang menerangkan bagaimana kejadian tersebut terjadi (biasanya menerangkan rentetan kejadian secara jelas dan sistematis).


Berdasarkan pertanyaan di atas, unsur apa dalam paragraf berita merujuk kepada apa yang disorot dan apa yang sedang terjadi dalam berita tersebut. Maka dari itu jawaban yang benar adalah: sebuah tabung elpiji meledak dan mengakibatkan kebakaran besar. Hal ini dikarenakan yang sedang dibahas dalam penggalan teks berita tersebut adalah mengenai tabung elpiji 12 kg meledak dan mengakibatkan kebakaran besar.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 39.970 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini