Umumnya kegiatan perekonomian penduduk di Singapura bergerak di bidang ....

A

jasa, industri, dan kehutanan

B

jasa, industri, dan perdagangan

C

industri, perdagangan, dan pertanian

D

jasa, perdagangan, dan pertambangan

Pembahasan:

Singapura merupakan salah satu negara terkecil di dunia. Namun, Singapura termasuk dalam kategori negara maju karena perekonomiannya yang berkembang pesat dan memiliki pendapatan tertinggi di Asia Tenggara.

Dalam kekayaan alam, Singapura termasuk negara yang memiliki sumber daya alam yang sangat minim, sehingga umumnya perekonomian di Singapura digerakkan oleh bidang jasa, industri, dan perdagangan. Singapura menyadari kekurangannya dalam sumber daya alam, sehingga negara tersebut berfokus pada pengembangan industri dan mengimpor sumber daya alam dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industrinya.

Selain itu, Singapura juga mampu membuat daratan baru yang begitu banyak dengan melakukan reklamasi (pengurukan) pantai untuk menampung jumlah penduduk yang semakin bertambah.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang benar mengenai kegiatan perekonomian penduduk di Singapura secara umum bergerak di bidang jasa, industri, dan perdagangan.


*Sementara itu, kehutanan, pertanian, dan pertambangan tidak termasuk perekonomian yang dijalankan oleh Singapura karena keterbatasan sumber daya alam.

IPS Kelas 6 Geografi Karakteristik Geografis dan Kehidupan Negara-Negara ASEAN Karakteristik Negara-Negara ASEAN
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 40.003 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini