Kepulauan Galapagos

Kamu mendaftar kelas online untuk desain situs web. Salah satu tugas dalam kelas ini adalah mengulas situs web buatan peserta-peserta lainnya. Ulasan itu berisi penilaian terhadap isi dan struktur laman dalam situs web. Dari pembagian tugas, kamu diminta untuk mengulas situs web buatan Alejandro dan Cristina. Mereka berasal dari Ekuador dan telah membuat situs web tentang Pulau Galapagos. Ini pesan mereka untukmu:

-------------------------------------------------------

Kepada orang yang mengulas situs kami:

Untuk tugas ini, kami membuat desain situs web untuk organisasi baru yang bernama Perkumpulan Konservasi Galapagos. Anggota-anggota dari perkumpulan ini adalah ilmuwan dan penduduk Ekuador yang peduli tentang masa depan ekosistem di Galapagos. Situs ini belum rampung, tapi kami sangat ingin mendengar ulasan dan penilaianmu terhadap laman-laman yang sudah kami buat. Kami ingin kamu menjawab pertanyaan ini supaya kami yakin kalau isi lamannya sudah cukup (di paling bawah).

-------------------------------------------------------

Laman Tentang

(Sumber Gambar: maps-of-the-world.net)

Laman Hewan

(Sumber Gambar: Smithsonianmag.com, worldwildlife.org, lapintagalapagoscruise.com)

Laman Konservasi

Laman Relawan

Apa persamaan dari Kura-kura Galapagos, Iguana Laut, dan Dandang Tak Terbang?

(Diadaptasi dari soal PISA 2018, pisa2018-questions.oecd.org)

A

Makanannya berasal dari laut.

B

Makanannya sama.

C

Mereka berumur panjang.

D

Populasi mereka terancam punah.

Pembahasan:

Ketiga hewan tersebut disebut di laman Hewan.

Nama: Kura-Kura Galapagos

Status: Terancam Punah

Kura-kura raksasa ini dapat hidup hingga lebih dari 100 tahun dan beratnya mencapai lebih dari 230 kg. Mereka makan berbagai jenis tanaman dan dapat bertahan hidup selama setahun tanpa makanan ataupun air.

Name: Iguana Laut

Status: Terancam Punah

Makanan iguana laut kebanyakan terdiri dari ganggang laut. Mereka sering berada di laut sehingga air garam banyak masuk ke tubuh mereka. Iguana laut menyingkirkan air garam dari tubuhnya lewat lubang hidung dengan bersin.

Name: Dandang Tak Terbang

Status: Terancam Punah

Burung dandang ini tak bisa terbang, tapi mereka dapat berenang dengan sangat baik. Mereka dapat menyelam di bawah air selama lebih dari 3 menit hingga 100 meter dari pantai untuk mencari makanan. Hanya kurang dari 2.000 ekor dandang ini yang tersisa di Kepulauan Galapagos, satu-satunya tempat tinggal mereka.

Dalam pilihan-pilihan jawaban, disebut makanan, umur, dan jumlah populasi.

  • Makanan iguana laut dan dandang berasal dari laut, tetapi makanan kura-kura tidak disebut asalnya. Di sisi lain, disebut bahwa kura-kura dapat bertahan hidup selama setahun tanpa air. Jadi kemungkinan kura-kura adalah hewan darat yang makan tanaman di darat (bukan laut). Hewan laut tentunya selalu berada di air, tidak mungkin tanpa air. Oleh karena itu, bukan ini jawabannya.
  • Umur kura-kura disebut, tetapi iguana dan dandang tidak. Bukan ini juga persamaannya.
  • Populasi dandang disebut, tetapi kura-kura dan iguana tidak disebut. Perhatikan status ketiganya, yaitu terancam punah. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah populasi mereka terancam punah.
Bahasa Indonesia Kelas 9 PISA AKM
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 43.657 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini