Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Identifikasi Laporan Percobaan

Soal

Pilihan Ganda

Cermati Teks Berikut!

Zat-zat makanan disebut juga gizi atau nutrisi. Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak (lipid), vitamin, dan mineral dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan tubuh. Karbohidrat, protein, lemak diperlukan oleh tubuh dalam jumlah banyak sehingga disebut makronutrien. Sementara itu, vitamin dan mineral diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit sehingga disebut mikronutrien.

Karbohidrat berasal paling banyak pada tumbuh-tumbuhan yang melakukan fotosintesis. Karbohidrat dalam makanan berupa pati, sukrosa, laktosa, dan fruktosa. Lemak tersusun dari atom karbon, hidrogen, dan oksigen. Lemak terdiri atas gliserol dengan asam-asam lemak. Daging dan berbagai produk olahan susu mengandung asam lemak jenuh, sedangkan biji tanaman mengandung asam lemak tak jenuh. Protein tersusun dari atom karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen. Pada beberapa jenis protein terdapat unsur-unsur mineral sulfur, fosfor, iodin, besi, dan kobalt. Sumber protein berasal dari daging berwarna merah, ikan, telur, susu, kerang, keju, dan kacang-kacangan.

(Sumber: academia.edu-Laporan Uji Zat Makanan, dengan penyesuaian)

Pernyataan berikut yang sesuai dengan isi teks laporan percobaan tersebut adalah ...

A

Tubuh membutuhkan vitamin dan mineral dalam jumlah banyak sehingga vitamin dan mineral disebut makronutrien.

B

Karbohidrat berasal dari daging, berbagai olahan susu, serta kacang-kacangan. Paling banyak berasal pada tumbuhan yang melakukan fotosintesis.

C

Lemak tersusun dari atom karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen serta terdiri atas gliserol dengan asam-asam lemak.

D

Karbohidrat paling banyak pada tumbuhan yang melakukan fotosintesis, dalam makanan berupa pati, sukrosa, laktosa, dan fruktosa.

Pembahasan:

Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan teks adalah pernyataan yang tercantum dalam kutipan teks.

*Tubuh membutuhkan vitamin dan mineral dalam jumlah banyak sehingga vitamin dan mineral disebut makronutrien  salah karena vitamin dan mineral merupakan mikronutrien (kalimat 4 paragraf 1)

*Karbohidrat berasal dari daging, berbagai olahan susu, serta kacang-kacangan. Paling banyak berasal pada tumbuhan yang melakukan fotosintesis  salah karena yang berasal dari daging, berbagai olahan susu, kacang-kacangan mengandung protein dan lemak.

*Lemak tersusun dari atom karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen serta terdiri atas gliserol dengan asam-asam lemak  salah karena lemak tidak tersusun dari nitrogen.

*Karbohidrat paling banyak pada tumbuhan yang melakukan fotosintesis, dalam makanan berupa pati, sukrosa, laktosa, dan fruktosa  benar, pernyataan tersebut tersurat pada kalimat ke-1 dan 2 paragraf ke 2.

K13 Kelas IX Bahasa Indonesia Menulis Laporan Percobaan Identifikasi Laporan Percobaan Skor 2
KD3.1 LOTS Memahami
Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
 
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal